Guru di Makassar, Mencuri Perhatian Dunia Melalui Pendampingan I Pembelajaran Sains

Salam Persahabatan untuk Anak IndonesiaSore itu, waktu di jam dinding menunjukkan pukul 18.00 WITA sesaat sebelum adzan Magrib dikumandangkan. Tiba-tiba handphone penulis terdengar nada panggil. Sedikit terkejut, ternyata yang menelpon Provincial Coordinator DBE2 Sulsel. Dengan tenang penulis mendengar kata demi kata yang disampaikan Bapak David Ehrmaan. Salah satu kalimat yang disampaikan “Apakah tim dari USAID Jakarta dapat berkunjung ke Gugus 1 Mamajang, untuk melihat proses pendampingan?”. Oh, dengan senang hati penulis menjawab “Siap… pak!, kami tunggu pukul 07.15 WITA, besok”.

Keesokan harinya, tepat hari Rabu tanggal 4 juni, pukul 07.00 WITA penulis sudah berada di salah satu sekolah binaan DBE2, yaitu SD Kartika Wirabuana 01. Tepat pukul 07.15 WITA sesuai kesepakatan dengan PC DBE2, mobil yang membawa Deputy Director, Education Office USAID, Mr. Arturo Acosta, Ed.D, Ed.M bersama Bapak Jalu Noor Cahyanto, Project Development Specialist turun dari mobil. “Welcome”, satu kata meluncur dari bibir penulis. Sembari mengajak ke salah satu ruang kelas yang dapat di observasi oleh Tim USAID Jakarta dalam Pendampingan I Paket Pembelajaran Sains.

Banyak hal yang disaksikan dalam proses pembelajaran di kelas, seperti aplikasi dari Pelatihan Tim Sekolah dan KKG 1dalam Paket Pendampingan. Percobaan-Percobaan Sains,Pesona Sains dengan Alat Peraga Murah sampai observasi dengan memanfaatkan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar yang terkemas dalam “active learning” yang diperagakan guru-guru binaan.

PC DBE2 Sulsel asal Amerika Serikat dan Deputy Director, Education Office USAID asal Amerika Latin, tak henti-hentinya mengamati secara sesksama proses “teaching and learning”. Para Guru telah mencuri perhatian dunia karena kemauan dan prestasi serta ketulusan hati untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Semangat kebangkitan bangsa harus terus digelorakan khususnya dalam dunia pendidikan di tengah kegelisahan kita semua akan pudarnya nilai-nilai kebangsaan. Ayo… Makassar Bangkit!!!…. Ayo Indonesia Bangkit!!!

About these ads

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 39 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: