Alat Peraga Murah : Baterai Jeruk

Baterai Jeruk sebagai bukti Alat Peraga Sains tidak perlu mahal

Naiknya harga bahan pokok, bahan bakar minyak dan barang-barang kebutuhan lainnya, tidak membuat gundah sebagaian guru di Gugus 1 Mamajang Kota Makassar, dalam merancang dan menyiapkan Alat Peraga Murah (APM) dengan memanfaatkan barang/bahan bekas dan lingkungan sekitar sebagai sumber dan bahan belajar. Mata Pelajaran Sains/IPA memberikan banyak inspirasi untuk menciptakan sumber energi alternatif,seperti energi listrik dan cahaya yang sangat efektif membantu guru membelajarkan siswa-siswanya. Guru-guru SD Muhammadiyah II Mamajang sebagai salah satu binaan DBE 2, membuat ALat Peraga Sains yang murah, bernama “Baterai Jeruk” dalam ajang KKG II Paket Pembelajaran Sains yang berlangsung tanggal 6 dan 7 Agustus 2008. Apakah anda ingin tahu bagaimana membuatnya?.

Alat dan Bahan :

  1. Jeruk nipis 5 biji
  2. Lempeng seng ukuran 5 cm x 0,5 cm sebanyak 5 lembar
  3. Lempeng tembaga 5 batang ukuran 5 cm x 0,5 cm
  4. Kabel halus
  5. Lampu LED

Cara kerja :

  1. Setiap jeruk ditusuk 4 lempeng seng,yang berfungsi sebagai kutub negatif (-),dan satu lempeng tembaga yang berfungsi sebagai kutub positif (+), dalam satu belahan yang sama pada jeruk.
  2. Lempeng seng pada jeruk yang satu dihubungkn dengan lempeng tembaga pada jeruk yang lain melalui kabel kecil.
  3. Hubungkan dengan lampu LED.

Hasil/kegunannya:

  1. Lampu akan menyala
  2. Menunjukkan atau membuktikan sumber energi listik.
About these ads

20 Tanggapan

  1. saya seorang anak SMA di SMAN 21 Bandung….waah ternyata jeruk bisa juga ya dibuat seperti baterai…apakah ada yang lainnya yang bisa dibuat menjadi baterai juga?

    • Mbak Winda…itu karena reaksi kimia antara seng dengan asam yang dari jeruk….

      Apakah bisa dengan buah lain ? Teorinya bisa…..selama kadar asamnya cukup…

  2. saya menyuruh mahasiswa saya untuk merujuk ke blog anda, makasih ya!

  3. aku mau tanya,
    mengapa baterai tersebut bisa menyala?
    dan bagaimana cara kerja baterai tersebut
    serta bagaimana reaksi setengah sel nya .

  4. Anda luar biasa, makasih ilmunya ya. Akan saya sebarkan ke murid-murid saya di sekolah. Saya seorang guru SMK Negeri di Jatim.

  5. wah! ternyata guru makassar bisa kreatif yah! Bagusnya kalo ada penjelasannya.
    Perkenalkan saya juga guru SDIT Ar-Rahmah di Makassar

  6. keren . aku mw merujuk tementemen aku buat visit blog ini !!

    — aku anak kls x sman1 bogor , slam knl –

  7. sebetulnya org2 Indonesia itu kreatif Lho …….

  8. Bagus tingkatkan kreatifitas. untuk membangun bangsa tidak harus berebut untuk jadi pemimpin. tetapi berpikir kreatif dan buktikan dengan hasil kerja.

  9. Info kreatif,,
    apa ada bahan lain yg dpt d aplikasikn serupa ??
    Syarat bhan yg dapt d gunakn dan d aplikaskn sperti ini pa ya ?
    Sya plajar klz 8 Smp,
    bleh share k 085740633817,mksh

  10. Mau tahu lebih lanjut and terperinci dunk..
    Cos aku Juga Di suruh buat Neh..!!
    Tapi Binun MAu Buat ALporan NA..
    hehehe

  11. Tolong Yua…!!!

    • Terimakasih atas tanggapan terhadap APM Baterai Jeruk di blog apakabarpsbg. Untuk membuatnya tidaklah susah,baca secara seksama alat dan bahan serta prosedure pembuatannya.  Your Please,Learning by doing, .I do, I understand……

  12. Volt-nya berapa?
    Kalo diubah ke 12 volt bisa gak?
    Kalo gak bisa, solusi lain selain buah jeruk apa?

  13. wah. hebaat.. g5na ya caranya naikin voltasenya..? apa dengan di tambah jumlah jeruknya..??

  14. wahh emang bener bener hebat…..aku jdi ingin membuatnya!!

  15. kak, mau tanya dimana sih dapat memperoleh tembaga

  16. kak, tanya donk
    dimana bisa dapet temabaganya

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 39 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: