Indahnya Kebersamaan dalam Lokakarya Pengelolaan PSBG

Hari Rabu, 27 Agustus 2008, Bus Damri yang membawa rombongan peserta sebanyak 48 orang terdiri dari Master Teacher Trainer (MTT),Pengurus Pusat Sumber Belajar Gugus(PSBG) dan Kepala Sekolah inti Kohort 2 tiba di PSBG “Mabbulosibatang” Gugus 1 Pangkajene Kabupaten Pangkep yang berada dalam kompleks SDN 28 Tumampua II, terletak kurang lebih 45 km arah utara  Kota Makassar.

Satu persatu peserta memasuki ruang PSBG disambut penuh sukacita oleh tim fasilitator DBE 2 Jakarta (Ibu Pudji Agustine dan Bapak Rendy Djauhari) bersama Bapak A.Djabier dari DBE 2 Sul-Sel. Tepat pukul 08.30 wita, lokakarya dibuka oleh Bapak H.Mustari.S (Wakil Kepala Dinas Pendidikan Kab.Pangkep).

Wakil Kepala Dinas kabupaten Pangkep  menyatakan bahwa keberadaan DBE 2 telah memberikan konstribusi yang besar terhadap kemajuan dibidang pendidikan di daerahnya. Tidak ada alasan dan sanggahan  untuk tidak memberikan apresiasi positif terhadap program yang dilaksanakan,apatahlagi bantuan yang diberikan selain bantuan teknis, juga diberikan hibah, yang bukan pinjaman. Sepatutnya insan pendidik dan masyarakat mensyukuri nikmat ini dengan menjaga, mengawal serta melanjutkan program DBE 2 pasca berakhirnya program.

Rasdiana Rajab, salah seorang peserta dari PSBG “Karya Mandiri Guru” Kota Makassar mengungkapkan kesannya mengikuti  lokakarya ini bahwa mendapat segudang ilmu yang selama ini belum pernah diperoleh. Hal yang sama diungkapkan pula oleh Supriadi salah seorang peserta dari PSBG “Kreatif” kabupaten Sidrap,selain menimbah ilmu sebanyak-banyaknya juga mengajak peserta membuka cakrawala berpikir dan  jendela dunia untuk menjelajah mencari ilmu di dunia maya (internet) dan mengembangkannya sebagai bahan ajar berbasis ICT (Information dan Comunication Technology).

Lokakarya pengelolaan PSBG kali ini diwarnai dengan canda dan tawa,sharing pengalaman dan pengetahuan,diskusi dan kerja kelompok, energizer/games,dialog dan curah pendapat terbalut dengan manis dalam  indahnya kebersamaan satu keluarga besar DBE 2. Lokakarya   berlangsung  sampai 29 Agustus 2008 di dua lokasi PSBG  kabupaten Pangkep dan Hotel Pakarena Transit II kabupaten Maros,

Indahnya kebersamaan mengelola PSBG

Indahnya kebersamaan mengelola PSBG

dengan hasil yang diharapkan:

  1. Program kerja yang lebih jelas,komprehensif dan realistis.
  2. Struktur organisasi dan kepengurusan PSBG yang lebih memadai.
  3. Pengetahuan dan keterampilan mengelola PSBG yang lebih baik dan benar.
  4. Draft aplikasi hibah tahap 3 yang sudah siap untuk diproses lebih lanjut,dan
  5. Keterampilan dasar dalam pembuatan poster,selebaran, dan berita kegiatan PSBG.

Sebagai catatan akhir dari acara penutupan telah dibangun komitmen bersama peserta yang terdiri pengurus PSBG,Kepala Sekolah Inti dan MTT serta Tim DBE 2 Sulawesi Selatan dan Jakarta untuk terus berpacu mengelola PSBG secara mandiri,profesional dan akuntabel agar dapat diminati dan dinikmati oleh seluruh pengguna,stakeholder maupun masyarakat umum menimba ilmu pengetahuan dan teknologi, sebab Ilmu itu sesungguhnya tiada tepinya.

 Mari Kita nantikan  wujud nyatanya.

About these ads

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 39 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: