Lomba Kreativitas Media Pembelajaran Multimedia dan Lomba Desain Pembelajaran Aktif dengan Satu Komputer; Sisi Lain dari DALI TOT Jawa Tengah

Ada sisi lain yang menarik dalam pelaksanaan DALI TOT Jawa Tengah. Sebulan sebelum kegiatan TOT ini dilaksanakan, telah diumumkan kepada peserta bahwa pada saat pelaksanaan TOT akan diadakan lomba Kreatifitas Media Pembelajaran Multimedia.

Lomba ini bertujuan untuk mengoptimalkan pemanfaatan perangkat ICT di PSBG serta meningkatkan keterampilan ICT warga gugus binaan. Ajang ini mengkompetisikan hasil karya gugus berupa media pembelajaran berbasis multimedia seperti video pembelajaran, presentasi interaktif untuk bahan ajar dan game interaktif yang mendukung proses pembelajaran.

Adapun format media pembelajaran multimedia yang dibuat berupa video pembelajaran menggunakan aplikasi window movie maker dan ulead, presentasi interaktif menggunakan aplikasi Ms Power Point, SWISH Max, dan Macromedia Flash serta game interaktif. Hasil karya produksi PSBG dikumpulkan dan dipresentasikan oleh tim produksi pada saat berlangsungnya Provincial TOT of DALI. Masing-masing gugus diwajibkan mengirimkan minimal satu buah karya multimedia dalam bentuk VCD dengan label nama PSBG.

Kegiatan ini disambut sangat baik oleh semua PSBG. Mereka sangat antusias dengan mengirimkan media yang telah diproduksi sebanyak-banyaknya. Dari hasil seleksi dewan juri, berikut adalah para pemenang lomba ini:

1. Gugus Ki Hajar Dewantara, produk unggulan: presentasi bahan ajar;

2. Gugus Pratiwi Sudarmono, produk unggulan: video pembelajaran; dan

3. Gugus Sukun, produk unggulan: presentasi PowerSains

Setiap juara mendapatkan piala dari DBE 2 Jawa Tengah. Selamat kepada para pemenang, semoga menjadi motivasi gugus yang lain untuk memanfaatkan perangkat ICT lebih baik lagi.

Selain lomba ini, ada satu lomba lagi yang cukup bergengsi yang diadakan pada saat pelaksanaan Provincial DALI TOT.

Lomba Desain Pembelajaran Aktif dengan Satu Komputer

Lomba desain pembelajaran aktif dengan satu komputer ini merupakan follow up dari materi DALI yang telah diperoleh sebelumnya. Kegiatan ini dijadikan salah satu lomba supaya setiap peserta dapat melakukan kreativitas semaksimal mungkin, dengan memperebutkan piala dari PC DBE 2 Jawa Tengah. Setiap peserta dikelompokan berdasarkan gugus, ada 10 gugus, kemudian mendesain satu model pembelajaran aktif dengan satu komputer. Dari setiap kelompok, salah satu menjadi guru yang akan memperagakan model pembelajaran yang telah dirancang, peserta yang lain bertindak sebagai murid.

Karena peserta terdiri dari 10 gugus, lomba ini dibagi menjadi dua babak, penyisihan dan final. Babak penyisihan diadakan di dua kelas, A dan B. Setelah diadakan pengundian, kelas A terdiri dari; Gugus Pratiwi Sudarmono, Gugus Diponegoro, Gugus Raden Mas Said, Gugus Sukun, dan Gugus Nusa Indah. Sedangkan kelas B terdiri dari 5 gugus juga yakni; Gugus Dwijo Utomo, Gugus Gajah Mada, Gugus Gatotkaca, Gugus Kartini, dan Gugus Ki Hajar Dewantara.

Masing-masing kelas akan diambil 2 peserta terbaik untuk maju ke babak final. Hasil penilaian dari juri memutuskan bahwa yang maju ke babak final adalah Gugus Pratiwi Sudarmono dan Gugus Nusa Indah dari Kelas A. Sedangkan kelas B diwakili oleh Gugus Gajah Mada dan Gugus Kartini.

Pada babak final ini, peserta digabung menjadi satu kelas. Urutan peserta yang maju ke babak final diundi lagi secara acak, dan urutannya adalah sebagai berikut: (1) Gugus Pratiwi Sudarmono, Tahunan, Jepara; (2) Gugus Kartini, Jatipuro, Karanganyar; (3) Gugus Gajah Mada, Nalumsari, Jepara dan (4) Gugus Nusa Indah, Klaten Utara, Klaten

Tampil sebagai juara I adalah Gugus Gajah Mada, disusul Gugus Pratiwi Sudarmono dan Gugus Nusa Indah masing-masing sebagai juara II dan III.

Selamat, semoga ini menjadi pemicu untuk berkarya lebih baik lagi.(af_09)

About these ads

4 Tanggapan

  1. Assalamu’alaikum Wr.Wb.
    mungkin alangkah baiknya bisa untuk dipertingkatkan dengan aplikasi-aplikasi yang lain seperti pengeditan vidio

  2. halo..berita yang bagus. tapi saranku untuk menulis berita selalu memperhatikan 5W + 1H dan tulis yang intinya saja dan yang penting.ok.udah bagus kok.

    dari

    http://ictteamsulsel.wordpress.com/

  3. Iya maaf sekali karena kita juga dalam proses belajar, mohon dimaklumi… :)

  4. Selamat kepada Jawa Tengah yang selalu selangkah lebih maju dari daerah lain.

    Kayaknya ICT Team dan Kru-krunya sangat ok disana ya.

    Soal penulisan “tidak apa-apa” itu proses pembelajaran.

    Selamat dan sukses selalu

    dari :

    Salmon Tambunan
    DLC – Sibolga – Taput C2

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 38 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: