Tips Mengatasi Anak Nakal

anak nakalPendidikan yang utama dan pertama dalah keluarga. Dengan lingkungan keluarga akanterbentuk sifat, watak dan perilaku misalkan dalam sebuah keluarga orang tua kurang perhatian terhadap anak, maka anak tersebut akan menjadi nakal (kurang terkontrol) demikian juga sebaliknya klau lingkungan itu baik ada perhtian orang tua maka anak akan tumbuh dengan baik.

Dalam mendidik ank kita harus mengetahui sifat-sifatnya misalkan anak yang mempunyai sifat pendiam kita dekati dengan halus sehingga anak tersebut mau bercerita tentang masalah yang terjadi, berarti kita menggunakan cara yang halus untuk menghadaopinya. Lain lagi dengan anak yang mempunyai sifaf keras, kita harus mengahdapinya dengan tegas dan keras.


Selain kita melihat darilingkungan keluarga dan sifat anak, kita harus melihat kelatarbelakang dari keluarganya, jika dalam keluarga tersebut mempunyai latarbelkang yang baik maka secra otomatis anaknya akan meniru yang baik tetapi sebliknya, jika dalam keluarga tersebut mempunyai latar belakang yang kurang baik maka anaknya akan mengikuti tidak baik pula.

Adapun untuk mengatasi anak didik yang nakal ada beberapa macam cara :

1). Didekati sebagai teman

2) Diberi desempatan untuk bercerita

3 ) Diajarai sifat tanggung jawab

Untuk membiasakan anak bertanggung jawab haruslah dimulai sejak kecil, tanpa dibiasakan sejak kecil tidak mungkin anak mempunyai rasa tanggung jawab. Ada beberapa tips yang perlu diperhatikan :

1) Biasakan anak mengambil dan mengembalikan maiananya sendiri

2) Biaskan anak untuk melakukan tugas-tugas ringan sejak kecil

3) Bisakan anak untuk menjagakebersihan

4) Bila nakal tegurlah

5) Bila melakukan kesalahan dengan orang lain biasakan untuk minta maaf

6) Biasakan untuk mengucapkan terimakasih bila ditolong atau diberi sesuatu oleh orang lain.

About these ads

25 Tanggapan

  1. Wah, saya benar-benar takjub di usia itu sudah ada anak yang merokok. Namun, secara psikologis, tidak baik untuk mencap atau melabel anak nakal. Mungkin ada istilah lain untuk anak nakal. (AR)

    • kadang-kadang juga boleh dikatakan anak aktif juga anak nakal dalam artian dimana pada waktu anak nakal itu melihat dari lingkungan si anak itu bergaul dan apakah anak itu dipantau sama orang tuanya apa tidak dan lebih2x si ayah juga perokok dan dilakukan di depan anaknya apa gak secara tidak langsung mendidik untuk merokok, maka dari kita wajib melindungi si anak dan menjaganya ……

  2. Tahap awal yang membanggakan pak gora. 2 postingan terakhir adalah spontanitas para peserta pelatihan Initial Workshop PSBG di Grobogan. Mereka tulis sendiri, postingkan sendiri dan dikasih ilustrasi sendiri. Semoga blog apakabarpsbg akan semakin ramai dengan pendainya teman-teman di lapangan untuk berselancar di dunia maya.
    Masukan yang baik dari pak gora. Dan langsung saya teruskan kepada mereka. Wah mereka bangga karena tulisan mereka ada yang menaggapi, DARI JAKARTA LAGI!

  3. pada dasarnya mendidik anak tidaklah mudah asalkan dimulai dari kita sendiri sbg pendidik untuk melakukan atau mencontohkan perilaku kita kepada yg kita didik terutama anak, barulah kita memberikan perintah kepada anak tsb untuk melakukan apa yg kita lakukan. yang terberat adalah seorang anak yang sudah memiliki watak atau sifat yg sebagian org mengatakan “nakal”, jika hal tsb sdh terjadi maka tdk lah cukup sbg pendidik biasa untuk memperbaikinya, namun butuh bantuan ahlinya, mungkin seperti psikolog dan lain sebagainya, dg catatan perilaku kita yg tentunya anak lihat dan perhatikan sudah sesuai/baik. thnks

    • saya termasuk salah satu pendi-dik ank d slh stu TK, jujur saya mskwalahan dlm mndidik mrka yg dr ltr blakang keluarga yg secr pendidikannya krg mndukung, sy jd btuh mendidik mereka dg ekstra n memulai mengajarkan hal-hal positif dr situ, padahal waktu d TK sgtlh terbatas d bndigkan wktu bersama kel sdr…gmn cr mndkati ortu mreka agar bs d ajak kerjasama?

  4. anak memeang gitu deh, membingungkan, duh tapi kalau nakalnya creative sih nggak apa-apa.

  5. [...] Tips Mengatasi Anak Nakal Ditulis pada Nopember 25, 2008 oleh sunartombs [...]

  6. Mencari Cara Mengasuh anak Tanpa Memarahi, apalagi dengan kekerasan:

    klik: Mencoba Mempraktekkan Reward & Punisment pada Anak

  7. terus terang saya mungkin ibu yang tidak sabaran menghadapi anak saya yang nakal (4 tahun). mungkin kondisi saya yang capek karena saya memiliki bayi usia 9 bulan.mudah-mudahan saja saya dapat lebih memahami dan mengadapi anak saya …

  8. sy jg lag bingung dg 4 anak yg memiliki perangai berbeda

  9. postingan yang menarik ^_^
    buat nambah-nambah ilmu nih. apalagi buat yang mw berkeluarga he he he..

  10. anakku 15 bulan. tapi sudah pinter nyubit, keplak, nanduk temannya. suka ngambek kalo dilarang . gimana ya…

    • Tindakan distruktif anak memang perlu dihentikan. Namun diperlukan cara tepat dalam mengatasi anak yg demikian. Pertama perhatikan dulu kenapa dia besa bersikap spt itu. Apakah dikeluarga sudah sering melihat perilaku demikian dari orang yg lebih dewasa? Ataukah dari teman-teman pergaulannya.
      Biasanya anak yg demikian, dilarang dengan kekerasan juga tdk akan mempan. Cara yg terbaik adalah dengan memberitahu dengan hati ke hati. Saya yakin Ibu bisa memberitahunya dg cara bija, misal pada saat makan bersama, saat nonton TV bersama dsb. Yg jelas justru pada saat ibu dan anak dlm kondisi tdk marah atau sdg santai. Selamat mencoba

  11. dari urayan di atas saya jadi tau bagaimana cara menangani anak yang bandel akan tetapi yang menjadi bingung bagaimana kalo sianak sudah terlanjur nakal….apakah masih ada harapan supaya dia menjadi anak yang baik????

  12. anak saya susah sekali untuk diberi pengertia gimana cara mengatasinya?

  13. saya minta tolong sama teman2,,, bagaimana caara mengatasi anak yang bandel, apabila marah sukanya mengamuk dan memukuli ibunya,, bahkan ibunya sendiri samapi kewalahan menghadapinya,, apakah tindakan anak itu harus dikasih pelajaran misalnya di pukul atau hanya cukup di beri pengertian?
    maka itu saya mohon pada teman2 tuk memberikan saran dan masukan, muda2han bisa menjadi tuntunan dalam mendidik anak,,,,,
    TKS, atas kesediannya tuk bantu saya dengan pendapat dan saran2 yang di berikan

    • Tindakan distruktif anak memang perlu dihentikan. Namun diperlukan cara tepat dalam mengatasi anak yg demikian. Pertama perhatikan dulu kenapa dia besa bersikap spt itu. Apakah dikeluarga sudah sering melihat perilaku demikian dari orang yg lebih dewasa? Ataukah dari teman-teman pergaulannya.
      Biasanya anak yg demikian, dilarang dengan kekerasan juga tdk akan mempan. Cara yg terbaik adalah dengan memberitahu dengan hati ke hati. Saya yakin Ibu bisa memberitahunya dg cara bija, misal pada saat makan bersama, saat nonton TV bersama dsb. Yg jelas justru pada saat ibu dan anak dlm kondisi tdk marah atau sdg santai. Semoga bermanfaat

  14. saya, senang dengan masukan yang anda buat, tapi saya betul-betul bingung bagai mana cara mengatasi anak-aanak yang nakal dan sangat susah diberi pengertian…kaerna itu saya ingin sekali masukan dari teman2………….

  15. ak jg bingung nii anak ku gampang marah padahal umur nya br 5 thn.

  16. Hmm…..dapat pengetahuan baru, bisa langsung dipraktekkan di rumah. ^_^

  17. saya mempunyai adik umur 13 thn. dia punya sifat yang keras. suka marah dan berkehendak sesuai keinginannya sendiri. orang tua kami sudah meninggal. saya sebagai kakak kuwalahan untuk mengatasinya. saya harap dari teman2 bisa memberi masukan bagaimana cara mengaasi sikap adik saya yanga sangat pemarah,saya tidak ingin dikemudian hari dia akan gagal….terimakasih..

  18. Saya mempunyai adik umur 16 thn menjelang 17 thn..
    Dia orangnya pelawan dan nakal sekali.
    sampai dia gak mau sekolah lagi..seharusnya dia sekarang kelas 3 SMA.
    Dia semakin bandal setelah mengenal internet dan selalu di warnet untuk main game online.
    kami sudah kewalahan menasihatinya..
    tolong kasih saran ya gimana supaya adik saya itu berubah dan mau sekolah kembali..
    terima kasih

  19. Saya mempunyai anak umur 5 thun,nakalnya minta ampun,suka mengganggu org yg lagi santai,tangannya gk bisa diam,tiap da yg lewat disamber,klu org marahin dia pun ikut2an,pa yg kt blg gk prnah didengarkan,gk prnh duduk dgn tenang,selalu da saja yg dilakukannya,sperti da yg mnggerakkan tbuhnya,gk prnah ia rskan lelah,sampai2 tetangga tkut klu da dia,gk aman klu da dia,saya jdi malu sbgai org tuanya,pa yg harus saya lakukan?

  20. saya mau tanya gimana cara mengatasi anak nakal.
    pake cara baik-baik tidak bisa pake cara keras-keras juga tidak bisa. anak nya pintar dalam belajar tapi nakal nya bukan main… bagaimana cara membuat dia tidak nakal?? thanks

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 38 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: