Alat Peraga Murah

Halaman ini berisi daftar langkah demi langkah pengembangan Alat Peraga Murah (APM) yang diproduksi oleh PSBG (Pusat Sumber Belajar Gugus) di Indonesia, Alat Peraga Murah (APM) yang dimaksud adalah alat bantu pembelajaran di Sekolah Dasar. Berikut ini adalah daftar alat peraga kontribusi dari PSBG di seluruh Indonesia (disertai tutorial pembuatannya) :

  1. Alat Pemantik Api
  2. Garis Bilangan Bulat
  3. Replika Mesin Uap [Lihat Video] [Download Video]
  4. Kincir Berhitung, Menara Bernyanyi
  5. Cara Kerja Lensa Mata
  6. Pendeteksi Nikotin
  7. Periskop Sederhana
  8. Batere Jeruk
  9. Lampu Pelita Sederhana
  10. Aku Butuh Air
  11. Menara Keberhasilan Matematika
  12. Tata Surya
  13. Rangkaian Paralel
  14. Sumber Energi Matahari
  15. Kartu Domino Pecahan
  16. Sumber Energi Alternatif (Kompor Alternatif)
  17. Corong Berhitung dari Makassar
  18. Alam Bertasbih (Pembelajaran Tematis)
  19. Replika (Cara Kerja) Jantung

Ingin berkontribusi seperti rekan-rekan guru di PSBG? Kirimkan deskripsi alat peraga, cara pembuatan dan penggunaan, dan tim produksi alat peraga murah dalam format MS. Word ke email redaksi apakabarpsbg di indiebrainer [at] yahoo [dot] com.

40 Tanggapan

  1. info tentang Alat Peraga Murah yg gimana sichh

  2. Nantinya akan diisi dengan langkah demi langkah membuat alat peraga murah yang dapat digunakan dalam pembelajaran. Tapi masih nunggu isinya dari beberapa kontributor daerah… :)

  3. infonya nanti dilanjutkan pak… makasih

  4. salam bahagia
    sedikit info saya mempunya alat peraga mainan edukasi matematika dengan pendekatan aritmatika yang cukup murah berminta saya bisa bantu
    trims

  5. ada ga yang produksi plastik dari daur ulang, saya mau membuat alat peraga matematika sendiri (design sendiri)

  6. ada g yang bisa bantu saya ..bahan apa yang jika kena cahaya matahari menjadi pendek…..ini untuk dibuat alat peraga murah…..tq

  7. terimakasih.

  8. terima kasih sharingnya. Di blog saya ada macam-macam alat peraga murah juga….buatan Pak Gupta dari india, klik aja halaman for guru! salam kenal ya!

  9. saya dari psbg satria sdn tanjungpura III Karawang bagaiman caranya bergabung ke apakabar psbg trim

  10. tak sabar rasanya menanti ingin segera mengetahui siapa yang menjedi winner dalam perhelatan akbar yang baru dilaksanakan mudah-mudahan kegelisahan saya cepat terobati amin…..

  11. ada daftar hargnya tak? spesifikasinya ?

  12. kami dari SDIT di batam,kayaknya kami membutuhkan alat peraga yang murah dan kualitas.

  13. Saya tertarik dengan alat peraga lampu pelita sederhana. mohon dikirimkan alat dan bahannya serta bagaimana cara membuatnya.

  14. Tolong dong ada yang bisa bantu saya untuk membuat karya ilmiah tentang alat peraga

  15. sapa saja ……tolong …..ya gimana sih cara memuat tulisan di apakabarpsbg????

  16. Pak Gilang yang kami hormati, silahkan buat akun di wordpress terlebih dahulu.
    Caranya buka http://www.wordpress.com
    Kemudian pilih Sign up now
    Yah tinggal masukkan username dan passwordnya. Kemudian keluar. Ingat2 username dan password ini.
    Buka kembali http://www.apakabarpsbg.wordpress.com/wp-login.php
    Masukkan username dan password Anda.
    Klo dah masuk, kemudian pilih di Dashboard Tulisan Baru.
    Selamat mencoba!!!

  17. makasih ya pak atas informasinya kini berkat bapak…saya sudah coba coa memasukkan dan manulis sedikit uraian…tapi yaaa.blm maksimal…sekali lagi makasih…

  18. Oke pak selamat berkarya

  19. makasih pak atas infomasinya…. untuk pembelajaran geografi bagaimana ya ??

  20. TERIMAKASIH, SEMOGA BERMANFAAT BAGI KAMI YANG ADA DIMADIUN

  21. saya perlu sekali materi tentang kartu domino untuk pembelajaran pecahan kelas 5,mohon bantuannya.penjelasan cara penggunaannya

  22. mohon penjelasan cara permainan kartu domino pecahan di kelas 5 sekolah dasar.terimakasih

  23. Halo Bapak/Ibu Guru yang tergabung dalam PSBG..Kami (Penerbit Erlangga Jakarta) sedang mencari naskah/produk alat peraga untuk kami terbitkan. Silakan hubungi kami.

  24. cooool sayang saya ga bisa buat alat peraga :S

  25. pak dah beberapa kali saya buka situs ini kok jenis alat peraganya gak tambah-tambah sih. Kapan ada penambahan alat peraga yang baru. Matur nuwun atas alat peraga yang telah banyak membantu saya dalam mengajar.

  26. ada yang punya mainan edukatif terbaru tdk?
    upload gambarnya ke email saya donk,,,
    thx…

  27. ada katu bilangan sampai dengan 500 ga? untuk pelajaran mtk kelas 2 sd.

  28. Trims infonya semoga bermanfaat n bisa saya praktekkan. tambah terus n sukses, pokoknya siiiplah

  29. kalau mau jadi Mitra bagaiman caranya…?

  30. sya mau jadi mitra melalu perusahaan saya , gmana caranya ?

  31. bagaimana cara masuk dalam organisasi ini?

  32. makasih, sangat menarik dan bermanfaat.

  33. kami mempunya alat peraga biologi ter murah

  34. perlu alat peraga murah hub 08125054862

  35. pembaca yang budiman… saya membutuhkan buku-buku bacaan apa saja untuk keperluan perpustakaan mini dikelas v .jika ada yang mau menginfakkannya bisa dikirim ke mi.yaspi sambung jawa jl.Baji bicara I no.5 Makassar Sulawesi Selatan e-mail mapataazis@yahoo.co.id.trima kasih sebelumnya jazakumullah khair

  36. gk ada rangkaian listrik paralel untuk rambu lalu lintas y kalo ada keluarin dong

  37. saya ingin bikin alat peraga olahraga, kalu murah terlalu sederhana, apakah masuk kriteria pembuatan alat peraga

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 39 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: