TOT ICT Propinsi Jawa Tengah

Beberapa waktu yang lalu, tepatnya pada tanggal 5-8 Februari 2008, DBE2 Jawa Tengah menyelenggarakan TOT (Training of Trainers) ICT (Information and Communication Technology) untuk para MTT (Master Teacher Trainer) dan LRC (Learning Resource Coordinator) di wilayah Jawa Tengah. Kegiatan ini berlangsung di PSBG (Pusat Sumber Belajar Gugus) Gajah Mada, di SDN. Dorang I, Kec. Nalumsari, Kab. Jepara, Jawa Tengah. Acara ini diikuti oleh 24 (dua puluh empat) orang peserta yang terdiri dari MTT, LRC dan guru yang belum pernah mendapatkan pelatihan ini sebelumnya. Tujuan dari pelatihan ini adalah melatih para MTT dan LRC untuk menguasai ketrampilan penggunaan ICT dalam pembelajaran.

Jepara-ICT-1
Keterangan Gambar : KCD P&K Kec. Nalumsari, Bapak Herry Purwanto memberikan sambutan sekaligus membuka acara pelatihan

Pelatihan ini dibuka oleh Bapak Herry Purwanto selaku Kepala Cabang Dinas (KCD) Pendidikan dan Kebudayaan Kecamatan Nalumsari. Hadir pula memberikan sambutan pada acara pembukaan yaitu, Bapak Vincent P. Costa (Provincial Coordinator DBE2 Central Java) dan Bapak Sunoto (Kepala Sekolah SDN Dorang I). Sedangkan para fasilitator yang bertugas menyampaikan materi dan mendampingi peserta pada workshop ini adalah : A. Sarjita (DLC DBE2 Central Java), Sunarto (DLC DBE2 Central Java), Winastwan Gora S. (ICT Coordinator DBE2 Central Java), Suyanto (Kepala Sekolah SD Bareng Lor, Klaten), M. Fadli (MTT Kaliwungu, Kudus), dan Siti Alfiah (MTT Nalumsari, Jepara).

Susunan materi yang disampaikan meliputi :

  • Modul 1 : Belajar Sendiri dan Belajar Bersama
  • Modul 2 : Pembelajaran Aktif Menggunakan TIK “Komunitasku”
  • Modul 3 : Pembelajaran Aktif Menggunakan TIK “Museum Digital”
  • Modul 4 : Menghubungkan Pembelajaran Siswa dengan Teknologi “Refleksi Jigsaw”
  • Modul 5 : Pembelajaran dengan Teknologi
  • Modul 6 : Mencari dan Mengevaluasi Sumber Belajar di Internet
  • Modul 7 : Manajemen Kelas dengan Komputer Terbatas
  • Modul 8 : Perencanaan dan Penerapan
  • Modul 9 : Video Pembelajaran Interaktif

Semua peserta terlihat begitu antusias mengikuti kesemua sesi yang disampaikan dari pukul 08.00-17.00. Sesi pertama, yaitu Modul 1 : Belajar Sendiri dan Belajar Bersama, para peserta diajak mendalami apa yang dimaksud dengan metode pembelajaran kolaboratif, membedakan belajar individual dengan metode ini dalam kelompok.

Jepara-ICT-2
Keterangan Gambar : Bapak Sunarto (DLC DBE2 Central Java) memberikan pengetahuan penggunakan kamera digital kepada para peserta workshop

Pada sesi Modul 2 : Pembelajaran Aktif Menggunakan TIK “Komunitasku” para peserta diajak untuk mencari informasi mengenai Kabupaten Jepara, khususnya mengenai kondisi ekonomi, kondisi alam dan budaya. Di lapangan, mereka mencoba melakukan wawancara dengan masyarakat sekitar dan melakukan pengambilan foto menggunakan kamera digital. Sementara itu anggota kelompok yang lain berada dalam kelas untuk mengikuti sesi workshop membuat tabel menggunakan aplikasi spreadsheet Microsoft Excel. Berikutnya dari hasil pengumpulan data akan disusun menjadi sebuah presentasi multimedia menggunakan Microsoft PowerPoint di sesi ketiga, Modul 3 : Pembelajaran Aktif Menggunakan TIK “Museum Digital”.

Jepara-ICT-3
Keterangan Gambar : Peserta sedang membuat grafik pendapatan penduduk Kec. Nalumsari menggunakan aplikasi spreadsheet

Dalam sesi ke-enam Modul 6 : Mencari dan Mengevaluasi Sumber Belajar di Internet, para peserta diajak ke Warung Internet (Warnet) Berlian.Net untuk melangsungkan pelatihan, hal ini dimaksudkan untuk memperlihatkan kondisi sebenarnya apabila pelatihan dilangsungkan di gugus mereka nantinya, mereka dapat menggunakan warnet untuk melangsungkan pelatihan tanpa harus menyediakan koneksi internet sendiri di lokasi pelatihan.

Jepara-ICT-4
Keterangan Gambar : Suasana pelatihan di warnet Berlian.Net, para peserta saling terkait menggunakan tali untuk menggambarkan cara kerja Internet

Setelah sesi keenam selesai mereka diajak untuk membuat skrip (skenario) sederhana untuk merancang pembuatan Video Pembelajaran Interaktif. Selain itu mereka dikenalkan pula dengan cara penggunaan kamera video untuk melakukan pengambilan gambar. Setelah itu para peserta diajak ke obyek wisata Pantai Kartini, Jepara untuk melakukan proses pengambilan gambar.

Jepara-ICT-5
Keterangan Gambar : Para peserta melakukan pengambilan gambar video di obyek wisata Pantai Kartini Jepara

Setelah melakukan pengambilan gambar, berikutnya mereka melakukan proses pengolahan video (editing) menggunakan aplikasi Windows Movie Maker. Proses pengeditan video dilakukan di kamar hotel di malam harinya. Kemudian mereka lanjutkan di keesokan harinya di kelas.

Jepara-ICT-6
Keterangan Gambar : Peserta melakukan editing video di ruang kelas

Setelah video pembelajaran jadi, maka kesemua video di kompetisikan dalam Science Movie Award. Terdapat 3 (tiga) buah karya video dari ketiga kelompok peserta. Semua mendapatkan juara, karena tujuannya adalah memberikan penghargaan kesemua peserta atas hasil jerih payah yang telah mereka hasilkan.

Jepara-ICT-7
Keterangan Gambar : Peserta pelatihan menerima penghargaan Science Movie Award dari Provincial Coordinator DBE2 Central Java, Vincent P. Costa.

Banyak dari mereka yang belum memiliki kemampuan teknis mengenai penggunaan perangkat ICT dan apatis akan penerapannya di sekolah. Namun setelah mendapatkan pengalaman selama pelatihan berlangsung, mereka merasa optimis untuk dapat mencoba menerapkan model pembelajaran seperti ini disekolah. Tugas para peserta ini berikutnya adalah melakukan roll-out lewat kegiatan KKG di masing-masing gugus. Perangkat ICT yang dipergunakan dalam kegiatan pelatihan di Gugus nantinya menggunakan perangkat ICT PSBG dari Hibah ICT Tier-2.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: