Asah Kemampuan di KKG / KKKS

KKG2

Guru sebagai agen of change menuju bangsa yang lebih bermartabat, maju dan punya daya kompetitif tinggi dituntut untuk selalu meningkatkan kemampuannya. Upaya-upaya untuk meningkatkan kemampuan guru dapat ditempuh dengan berbagai cara. Menempuh pendidikan yang lebih tinggi seperti kuliah dan pelatihan mungkin merupakan cara formal yang ditempuh oleh para guru. Namun demikian untuk kuliah dan pelatihan bukanlah cara satu-satunya untuk meningkatkan kemampuan para guru. Selain memerlukan biaya tinggi, juga sangat dibatasi oleh waktu. Sementara itu kebutuhan akan peningkatan diri yang terus menerus senantiasa dibutuhkan setiap saat.

KKG (Kelompok Kerja Guru) merupakan cara yang murah tetapi mempunyai manfaat yang tidak kalah baiknya dengan kuliah ataupun pelatihan-pelatihan. Cara inilah yang sekarang banyak dilakukan oleh sekolah-sekolah rintisan DBE-2. KKG yang sebenarnya sudah ada sejak dahulu lebih diintensifkan lagi. Kalau dahulu KKG hanya merupakan ajang kumpul-kumpul para guru, sekarang lebih tingkatkan efektifitasnya dengan membahas materi-materi yang menarik bagi para guru.

Mata Pelajaran Bahasa Indonesia
Pada tanggal 10 s.d 12 Maret di Kabupaten Demak dilakukan pelatihan KKG/KKKS untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia. Mata Pelajaran Bahasa Indonesia dipilih karena berdasarkan analisis di lapangan ternyata para guru banyak mendapatkan kesulitan mengajarkan Mata Pelajaran Bahasa Indonesia baik di kelas awal maupun di kelas tinggi.
Pelatihan ini diikuti oleh seluruh kepala sekolah rintisan DBE 2 di Demak sebanyak 11 orang dan guru sebanyak 131, juga diikuti oleh para pengawas TK/SD sebanyak 2 orang.

Selain guru, Kepala Sekolah juga perlu mendapatkan bekal yang mantap berkaitan dengan proses pembelajaran Bahasa Indonesia yang mengaktifkan siswa. Dengan bekal yang cukup maka diharapkan Kepala Sekolah dapat membimbing para gurunya untuk lebih baik dalam mengajarkan Bahasa Indonesia. Paling tidak Kepala Sekolah mempunyai rasa percaya diri yang baik pada saat mendampingi gurunya saat mengajarkan mata pelajaran Bahasa Indonesia.

Secara khusus Kepala Sekolah diberi materi pelatihan sebagai berikut :

1. Refkelsi Pembelajaran Bahasa Indonesia.
2. Pengembangan prosedur pembelajaran Bahasa Indonesia
3. Pengelolaan Penilaian Pembelajaran Bahasa Indonesia (membuat rubrik)
4. Teknik Pendampingan pembelajaran Bahasa Indonesia.

Demikian pula guru sebagai pelaku utama dalam proses pembelajaran Bahasa Indonesia juga harus meningkatkan kemampuannya. Untuk itu guru juga perlu mendapatkan pemahaman yang baik tentang keterampilan mengajar Bahasa Indonesia. Pada pelatihan saat ini para guru diberi materi sebagai berikut :
1. Simulasi pembelajaran Bahasa Indonesia
2. Merancang lembar kerja aktif
3. Strategi Pembelajaran
4. Pengembangan sumber belajar.

Hasil dari kegiatan KKG saat ini selain memperoleh pengetahuan baru seperti bagaimana membuat rubrik untuk penilaian otentik, juga muncul banyak ide tentang strategi-strategi pembelajaran Bahasa Indonesia yang dapat digunakan guru untuk membelajarkan siswa. Berbagai ide tentang strategi pembelajaran tersebut muncul dari pengalaman para guru dalam membelajarkan Bahasa Indonesia. Dengan demikian manfaat KKG selain dapat mendapatkan pengalaman baru juga dapat berbagi pengalaman dari masing-masing guru, sehingga khasanah pengetahuan para guru terus meningkat.

Kedepan kegiatan KKG mestinya diformat sebagai kegiatan yang dilakukan secara mandiri oleh para guru untuk meningkatkan kemampuannya. Agar KKG selalu menarik para guru beberapa hal yang harus diperhatikan adalah :
1. Jadwal kegiatan harus jelas.
2. Materi bahasan merupakan jawaban dari kebutuhan para guru.
3. Selalu ada informasi baru.
4. Kegiatan dibuat semenarik mungkin
5. Guru merasakan manfaat dari kegiatan tersebut

Sunarto,
DLC DBE 2 Jawa Tengah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: