USAID–DBE2 Gelar Pelatihan “School Team Workshop” Paket Matematika di Sibolga

USAID – DBE2 (Decentralized Basic Education Two) yaitu Pendidikan Dasar yang Terdesentralisasi Sumatera Utara, menggelar pelatihan “School Team Workshop” = Pelatihan Tim Sekolah selama tiga hari Selasa (4/3) sampai Kamis (6/3) di Hotel Prima Indah Sibolga.

 

Pelatihan ini dibuka oleh Kepala Dinas Pendidikan Kota Sibolga, Drs. Juneidi Tanjung, M.Pd didampingi oleh Ibu Annette E. Pipe, PhD dan Drs. Chairul Syam dari Departemen Agama Sumatera Utara. Pimpinan DBE2 Sumatera Utara, Annette E. Pipe, Phd mengatakan pada acara pembukaan bahwa kota Sibolga sudah mengadakan beberapa kali  pelatihan seperti STW, KKKS ( Kerja Kelompok Kepala Sekolah) dan KKG ( Kerja Kelompok Guru) pad paket Pengantar Sains, Paket Perencanaan dan Penilaian serta Paket Matematika yang sedang berlangsung.

 

Pada acara Pembukaan Kepala Dinas mengatakan bahwa kegiatan – kegiatan DBE2 sangat disambut baik di kota Sibolga dan beliau berharap para tenaga pendidik khususnya guru-guru dapat mengambil hikmah dari pelatihan ini dan dapat menerapkannya di dalam kelas masing-masing. Kordinator DBE2 – Sibolga – Tapanuli Utara, Salmon Tambunan, S.Pd mengatakan bahwa pelatihan ini mempunyai sasaran utama yaitu menyiapkan para guru untuk mengajar matematika secara lebih  aktif dan menyenangkan agar mendapat dukungan  dari seluruh warga sekolah untuk melakukan upanya ini.

 

Tambunan menambahkan bahwa secara khusus pelatihan ini bertujuan mengembangkan kemampuan tim  sekolah untuk mengaplikasikan  teknik- teknik pembelajaran matematika yang aktif  dan menyenangkan di sekolah dalam rangka meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Tim isntruktur pada pelatihan ini adalah Tim DBE2 ; Marudut Sihombing, S.Si, Salmon Tambunan, S.Pd, Darwin Siregar, S.Pd, Martua Manik, STh, Edi Gustian S.Ag, Maddian Lubis S.Pd dan Fibri Rahmawati M.Si dari IAIN Sumatera Utara.

 

Peserta terdiri dari 20 Kepala Sekolah dari Gugus Sibolga Kota dan Gugus Sibolga Selatan, guru 60 orang, Komite Sekolah 20 orang, 5 orang dari Dinas Pendidikan dan Departemen Agama kota Sibolga. Para peserta pelatihan sangat tertarik dengan paket Pelatihan ini karena mereka dibekali dengan materi antara lain ; Hakekat Pembelajaran Matematika, Pengenalan Matematika Konstekstual, Permainan Matematika, Peranan STW dalam meningkatkan mutu pembelajaran Matematika, Matematika yang menyenangkan, serta Trik-trik berhitung untuk Sekolah Dasar.

 

Pada acara Penutupan salah seorang perwakilan Peserta Z. Tanjung mengatakan bahwa pelatihan ini terlalu cepat berakhir namun ketika ada pertemuan akan ada perpisahan imbuhnya seraya mengucapkan terimakasih kepada Panitia dan tim instruktur Fasilitator pelatihan ini akhirnya. ( Semoga berhasil dan dapat di implementasikan di dalam kelas.)

Satu Tanggapan

  1. Selamat kepada peserta pelatihan, INITIAL TRAINING PSBG” di Medan semoga dapat diterapkan dilapangan khususnya di TIM A dan TIM B.

    Semoga Pak Salmon, Irwansyah, Darwin, Pak Gisler , Pak Sarwono , Ibu Mega, Ibu Dewi bisa menjadi tim yang kompak.

    Horas,

    Salmon Tambunan
    DLC – Sibolga- Taput C-2

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: