Pelatihan ”Roll Out PSBG” di Sipolohon dan Pangaribuan Tapanuli Utara

Untuk pemantapan Konsep Pusat Sumber Belajar Gugus ( PSBG) di Sipoholon , Senin – Rabu (5 – 7 Mei 2008) di adakan Roll out PSBG di kecamatan Sipoholon dimulai dari pukul 08.00 – 17.00 WIB diikuti 10 orang kepala Sekolah, 10 orang guru, 10 orang komite sekolah, 2 orang Guru Pendamping Pakem ditambah perwakilan Dinas Pendidikan Tapanuli Utara dan dari Departemen Agama Tapanuli Utara.

Pelatihan ini diadakan di ruang PSBG Sipoholon Lestari yang dibuka oleh Kepala Unit Pelayanan Teknis Dinas Pendidikan W. Nadeak menyampaikan sangat menyambut baik program DBE2 di Kecamantan Sipoholon karena dengan adanya program ini ada perubahan-perubahan yang signifikan oleh guru dan sekolah demi peningkatan mutu Pendidikan.

Nadeak menambahkan bahwa dengan adanya PSBG ini para pengguna dapat menambahkan wawasan dan kemampuan para pendidik dimana PSBG ini merupakan tempat pertemuan para guru dan kepala sekolah, pengembangan profesional, produksi dan sebagai tempat informasi imbuhnya.

Menurut Salmon Tambunan selaku Kordinator Distrik Tapanuli Utara Cohort 2 mengatakan bahwa tujuan dari pelatihan ini adalah untuk memantapkan penguasaan peserta mengenai apa, mengapa dan bagaimana PSBG, memberikan arahan tentang cara-cara pengajuan hibah agar PSBG dapat memenuhi kebutuhannya dalam memenuhi kebutuhannya akan perangkat pembelajaran, dan membekali peserta dengan pengetahuan tentang starter kits dan ICT ( Information Communication and Tecnologies) serta kemampuan untuk menggunakan dalam proses belajar mengajaar di sekolah.

Adapun Materi materi yang disampaikan pada roll out ini adalah Review hasil CRC Preliminary workshop oleh Sarwono, Lingkungan sebagai Sumber Belajar oleh Salmon Tambunan dan Struktur organisasi oleh Gisler Simanullang dan juga materi materi yang lain disampaikan selama pelatihan.

ROLL OUT PSBG PANGARIBUAN.

Sementara itu kegiatan serupa diadakan dari tanggal 8 – 10 Mei di PSBG ABADI Pangaribuan di buka oleh Kepala UPTD T. Pardede.

Secara geografis Pangaribuan yang berjarak 54 KM dari Ibukota Kabupaten Tarutung, tidak mempengaruhi tim isntruktur DBE2 memberikan materi-materi pelatihan kepada peserta pelatihan ’Roll Out PSBG Gugus Pangaribuan”.

Turut hadir pada kegiatan ini Drs. Dahlan Sitompul, M. Eng, selaku TPC DBE2 dari Medan, dibantu oleh para DLC ( Kordinator Kabupaten / Kota) dan MTT ( Penatar Inti) dari Pangaribuan Banguntua Gultom dan Makmur Hasibuan.

Menurut Banguntua Gultom bahwa PSBG ABADI sudah mengadakan 2 kali KKG ( Kelompok Kerja Guru) pada tanggal 5 dan 6 Mei membahas topik Pembelajaran Kelas Awal. Kegiatan seperti ini sangat didukung oleh Dinas dan Depag di Pangaribuan serta Stakeholder disana. Hal ini terbukti setelah PSBG ini dipilih, masyarakat Pangaribuan memberikan kontribusi membangun WC, pengadaan air bersih, dan pembuatan teralis PSBG.

Ketua Komite SDN 173194 T. Gultom mengatakan bahwa sangat tepat PSBG ini dibentuk di Pangaribuan agar para guru dapat bekerja sama mengembangkan profesionalismenya dan dapat menerapkan ilmu yang diperoleh di dalam kelas mereka masing-masing. Untuk kesinambungan PSBG akan dipikirkan oleh Pemangku peran agar wadah ini tidak sebatas proyek DBE2 katanya.

Diakhir kegiatan peserta membuat Rencana Tindak Lanjut seperti :

1. Pembuatan alat peraga Murah untuk pelajaran Matematika

2. Pembutan alat peraga untuk IPA

3. Demonstrasi penggunaan KIT IPA dan Matematika

4. Melaksanakan KKG dan KKKS secara terprogram.

Mudah- mudahan pelatihan ini bermanfaat dan dapat diterapkan di dalam kelas ujar Pak Sarwono mengakhiri sesinya di hari ke 3. Semoga. ( S.T)

Penulis Berita : Salmon Tambunan

Jabatan : DLC DBE2 MEDAN

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: