Strategi Mengoptimalkan Motivasi Guru untuk Mandiri

Menanggapi pertanyaan pembaca tentang: “Rela Berswadaya Rp 60.000 dan Berbondong-bondong ke Sekolah yang Jauh Dari Gugus“, beberapa pembaca menanyakan, “Bagaimana cara mengoptimalkan motivasi guru agar mau berswadaya untuk belajar ICT?”

Berikut bisa saya sampaikan beberapa tip untuk memotivasi para guru agar mau mandiri dan mempunyai motivasi tinggi :

1. Mulai dengan memformat seluruh kegiatan di gugus dengan menciptakan kesan bahwa kegiatan itu semua adalah kebutuhan mereka. Hal tersebut bisa dilakukan dengan berbagai cara, misalnya :
a. beritahu tentang perkembangan pendidikan saat ini seperti sertifikasi, guru berprestasi, ICT, atau hal-hal lain yang membuka pandangan guru untuk lebih maju.
b. lempar beberapa gagasan kepada guru dan serahkan kepada mereka kegiatan mana saja yang mereka inginkan, kemudian tanya kegiatan lain apa saja yang sebenarnya mereka butuhkan
c. Serahkan pula kepada mereka untuk mendiskusikan bagaimana caranya agar kegiatan itu dapat berjalan termasuk pembiayaannya.

2. Formulasikan kegiatan dalam gugus menjadi kompetisi antar PSBG, dengan memberikan informasi kemajuan-kemajuan yang sudah dicapai oleh PSBG yang lain.

3. Hargai usaha mereka dengan memberikan reward kepada PSBG yang berhasil, dalam bentuk : dimunculkan dalam berita bulanan di newsletter maupun di blog APAKABARPSBG. Selain itu bisa juga dengan memberinya piala atau piagam.

4. Formatlah kegiatan dengan profesional, artinya kita tidak dengan gampang memberikan sertifikat pelatihan kepada semua guru kalau memang si guru yang bersangkutan tidak melakukan kegiatan sebagaimana yang kita rencanakan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

<span>%d</span> blogger menyukai ini: