Ayo Membuat LCD Proyektor Memanfaatkan OHP Bekas!

Saat ini banyak dari sekolah yang ada di Indonesia memiliki OHP (Over Head Projector), namun banyak pula yang telah meninggalkan perangkat tersebut sebagai piranti presentasi dikarenakan kalah canggih dibanding dengan LCD Proyektor. Lantas bagaimana dengan nasib OHP yang ada? Dibuang begitu saja? atau dibiarkan mangkrak di gudang sampai rusak?. Pertanyaan seperti itulah yang membayangi benak saya setelah ketika realitas sekolah saat ini.

DIY LCD Projector

Sebenarnya dengan biaya yang tidak terlalu tinggi, Anda dapat menambah jumlah LCD Projector yang ada di sekolah dengan memanfaatkan OHP yang ada. Ya! kita buat sendiri LCD Projector memanfaatkan OHP yang ada di sekolah! ) (maaf saya ulang he..he..he..). Caranya sediakan LCD Monitor bekas 15/14″, harga baru dipasaran sekitar 1 jutaan rupiah. Kemudian bongkar LCD Monitor dan lepaskan LCD Panel dan modul elektronik yang ada dari kemasannya. Selanjutnya buat dudukan di OHP, supaya LCD panel dan modul elektroniknya bisa diletakkan diatas OHP. Oh iya, beri jarak antara LCD panel dengan kaca OHP sebesar 5-8 cm. Jangan lupa beri pendingin berupa kipas untuk mereduksi panas yang dihasilkan oleh lampu OHP. Jadi deh! :). Kalo masih bingung, silahkan putar video ini. Selamat berkreasi!

Tulisan ini disadur dari blog The Indiebrainer yang beralamat di http://gora.edublogs.org

19 Tanggapan

  1. Mas, Gora..
    Artikel bagus..APM-Tech (Alat Peraga Murah berTechnology..)..Trims artikelnya..harus dicoba nih..
    matur suwun..

  2. boleh jg infonya,tq

  3. Anda tinggal dimana? Boleh lihat karyanya? Mungkin masih punya di rumah? Saya sangat tertarik.

  4. OK juga ini , saya mau coba juga pembuatan LCD dari OHP bekas, kan sekarang OHP jarang digunakan juga dah keinggalan dengan komputer+LCD. Saya juga pernah buat alat peraga/ inovasi :1. Dari tabung neon bekas 2. alat penghemat listrik untuk semua jenis setrika dgn sistem sensor cahaya
    (guru Fisika SMA Islam 3 Sleman di Pakem)

  5. Bagus tuch idenya, Cuman LCD nya bisa tahan berapa lama…?
    OHP itu cukup panas … klo kelamaan apa gak kering tuch cairan LCDnya…?

  6. permsalahan yg muncul jg fresnel (lensa datar pada ohp tempat diletakannya lcd ) yg ada diindonesia ukurannya hanya untuk 15″ kebawah(sekitar 30.2cm lebarnya) sementara lcd yg yg masuk indonesia 15″ semuanya widescreen.
    bila anda cari lcd sekken- boleh cari yg backlightnya rusak. asalkan panelnya baik2 aja tetapi lcd hanya beberapa tipe tertentu di yg support.
    untuk benq: t52wa support sayang widescreen kecuali anda tidak masalah dengan gambar proyeksi yg kemakan
    benq fp51g->bagus banget mudah dicoba, benq fp531, samsung 510n, lg l1550s, lg l530s

    jangan beli asal lcd mending buka dulu database http://www.lumenlab.com, ntar lo bakal nemuin banyak kesulitan.

    lampu sendiri sudah tidak mungkin pake lampu ohp. panas bro kudu ganti pake metal halide(sekitar 500 rban lengkap)

    yg jelas kualitas gambar bisa bersaing dengan yg komersial asalkan bikinnya niat aja

  7. keunggulan lcd buatan sendiri adalah:
    1. maintenance murah-> lampu projector komersial 2.5jt umur 3000 hour, sementara projector dengan metal halide cuman 200rbuan.(beli 500rb karena kudu beli lengkap ama ballast dan kapasitornya, kalo lampu rusak ngga perlu ganti semua)
    2. all side keystoning(fresnel ohp kudu di bongkar jadi 2 bagian kemudian lcd disimpen ditengah2nya – sistem split -sehingga bisa di buat keystoning)
    3. kualitas resolusi tinggi(bila pake lcd 19″ ngimport fresnel dr singapore. resolusi bisa nyampe 1900anx1200an.) kalo pake dmd/dlp projector kebayang harganya untuk proyektor dengan kualitas yg sama

    kekurangan:
    1. kontrast rasio kurang( semua lcd projector punya kontrast rasio yg dibawah dlp projector(lcd pj -> 1:400, dlp -> 1:3000)). tapi ok kok gambarnya
    2. ukuran besar
    3. manual keystoning(kecuali lo bisa bikin sistem mekanik sendiri)

  8. To Ruly : Terima kasih atas komentar dan sarannya, sangat membantu!…

  9. bagus juga Tp… kaLo bkin penggorengan ama pipa paralon jadi receiver untuk internet gratis baru makin bagus

  10. OHP jg bisa dipreteli spy bisa dijadikan lcd projector. yg msh bs digunakan : fresnel lens,reflector lampu dalam,objectife lens (lensa yg menempel di belalai sblm cermin). Untuk lcd tergantung keinginan dan kemampuan kita,projek saya menggunakan lcd tv buat mobil ukrn 8″.
    Hasil projeksi bisa mencapai 112″ dgn jarak 4 meter. Lampu kita modifikasi dgn Metal halide 150W dan penambahan bbrp fan uk 12cm sbg cooler.Sampai saat ini belum sempurna karena fresnel belum senter.

  11. Pak, hasilnya kabur dan semua jendela + lampu perlu ditutup semua. baru gambarnya bisa dilihat. tapi masih kabur. jarak pandang hanya 1 meter. apa solusinya ?

  12. DIMANA SAYA BISA DAPATKAN KETERANGAN YANG LENGKAP

  13. KAMI PUNYA FASILITAS UNTUK MODIFIKASI PROYEKTOR INI

  14. Anda tinggal dimana? Boleh lihat karyanya? Contact me 085233041870. Salam silaturahmi

  15. Luar Biasa… Tidak terpikir oleh saya,… selama ini TV saya Balikin Buat OHP sehingga Aoutputnya kelayar,, dengan adanya Artikel ini saya wajib mencoba. terima kasih yah…. Semoga ilmu mas bertambah oke…

  16. lampu ohp itu menimbulkan panas yg sangat mungkin utk merusak cell-cell lcd mas, sekalipun dgn lumens yg tergolong rendah, dan jg sekalipun telah dibantu dgn fan/kipas utk pendinginannya.
    namun begitu saya tetap menilai bhw lcd-ohp-projector ini adalah ide yg sangat bagus, ekonomis, efektif, hanya saja mmg menurunkan umur dr utilisasi/penggunaan lcd itu sendiri secara dramatis.

  17. one word “Nice”

  18. Klo saya boleh usul, pake LED donk biar adeeeemmm….maknyusss, kan sekarang jamannya LED, ok bosss…..tanpa Fan pun InsyaAlloh lancar. Saya blm nyoba, cm bantu usul aja, ayo silakan dicoba bapak2 semua, trims…

  19. apakah bisa menggunakan LCD bekas laptop ???

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

<span>%d</span> blogger menyukai ini: