Penggunaan PSBG sebagai Sarana untuk Melahirkan Inovasi yang Cerdas bagi Masyarakat Penggunanya

Pelatihan Pengelolaan PSBG Roll out berlangsung pada tgl 16-29 Juli 2008 di delapan gugus Cohort-2 DBE 2 Sumatera Utara (Sipoholon, Pangaribuan, Sidikalang, Sumbul, Padang Sidempuan Barat, Batang Angkola, Tanjung Balai Selatan, dan Datuk Bandar).

Pada CRC rollout di gugus Sipoholon, Pangaribuan, Datuk Bandar, Sidikalang, dan Sumbul terjadi diskusi yang alot ditengah para peserta guna menemukan strategi yang akurat. Diskusi ini berlangsung pada sesi “Pemasyarakatan PSBG” yang dibawakan oleh Dahlan Sitompul. Berbagai strategi, permasalahan yang mungkin akan muncul, dan solusi untuk mengatasinya diutarakan para peserta. Ditengah tengah diskusi Sitompul melemparkan ide ketengah peserta untuk menggunakan PSBG sebagai sarana untuk menemukan ide-ide baru didalam mengatasi permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat penggunanya.
Para Guru dengan senang hati mencoba menggunakan berbagai peralatan PSBG di Gugus Sidikalang.

Pada kesempatan itu beliau juga memberikan isue “pengolah sampah dan kotoran manusia untuk menghasilkan “BIO GAS”, dan Teknik “Hidroponik”.Ppeserta menyambar diskusi pemanfaatan sampah dan kotoran manusia untuk diolah untuk menghasilkan BIO GAS dan pupuk alami. Mereka menyambut diskusi dengan antusias mungkin dikarenakan oleh sulitnya mendapatkan BBM (Bahan Bakar Minyak), dan Pupuk Bersubsidi dewasa ini.

Peserta mendesak agar DBE 2 menyiapkan literatur-literatur yang dapat mewujudkan reaktor pemanfaatan sampah dan kotoran manusia tersebut. Disamping literatur-literatur, peserta meminta MTT DBE2 untuk segera mewujudkan reaktor pengolahan sampah/kotoran manusia mini tersebut pada PSBG mereka. Mereka berkeyakinan selain dimanfaatkan sebagai sarana untuk meningkatkan kualitas pendidikan PSBG juga dapat digunakan untuk memberikan solusi-solusi yang bermanfaat langsung (dapat dirasakan oleh masyarakat) seperti Bio Gas, Sel Surya dengan sendiri PSBG akan selalu dikunjungi oleh Masyarakat. Peserta juga berharap, agar PSBG segera dapat dilengkapi dengan peralatan ICT (Internet) supaya mereka dapat mencari informasi baru dan berdiskusi dengan dunia luar tentang strategi pembelajaran dan inovasi baru guna meningkatkan peradaban Manusia.

Pada akhir diskusi peserta menyimpulkan beberapa strategi untuk memasyarakatkan PSBG. Dan mereka menyatakan bahwa “selain digunakan sebagai sarana untuk meningkatkan kwalitas pembelajaran , PSBG dapat juga digunakan untuk memecahkan permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat disekitarnya”. Tim CRC Rollout DBE 2 Medan juga mengharapkan bantuan dari para pengunjung “ApaKabar PSBG” untuk membantu pengguna PSBG di Sumatera Utara untuk mewujudkan Reaktor mereka. Jika anda memiliki situs dan Gambar-gambar yang mudah untuk digunakan untuk membangunnya, kami tim CRC rollout DBE 2 Sumatera Utara sangat berterima kasih. Anda dapat mengirimkan informasi, kritik dan saran ke salah satu alamat di bawah ini:

www.apakabarpsbg.wordpress.com

www.dsitompul.wordpress.com

www.gmanullang.wordpress.com

dbe2mdn_dsitompul@yahoo.com

dbe2mdn_gmanullang@yahoo.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

<span>%d</span> blogger menyukai ini: