TOT DALI BANGKALAN JAWA TIMUR SUKSES

 Pelatihan TOT Dali tingkat propinsi Jawa Timur dilaksanakan di PSBG (Pusat Sumber Belajar Gugus) Cakraningkrat Bangkalan, tepatnya di SDN Kemayoran I Bangkalan. Pelatihan ini berlangsung mulai tanggal 12 – 14 Agustus 2008, sedikitnya diikuti 30 peserta terdiri dari 1 (satu) MTT (Master Teacher Trainer) second, 1 (satu) Manajer dan 1 (satu) guru. Mereka berasal dari 10 PSBG binaan DBE 2 Jawa Timur, yang berasal dari 5 (lima) wilayah yaitu Sidoarjo, Bangkalan, Surabaya, Tuban, Mojokerto. Dalam pelatihan ini yang menjadi fasilitator semua adalah tim ICT (Information and Communication Technology) yang terdiri dari 1 (satu) Kordinator dan 3 (tiga) Asisten. Selain dihadiri PC (Provinsial Coordinator) Jawa Timur, Ibu Ani, pelatihan ini juga dihadiri oleh Marry Burn (Senior Master Trainer) dan Ibu Bodro (Officer Trainer) dari DBE 2 Jakarta.

Donovanti Putra Perdana, Kordinator ICT, mengatakan, “Pelatihan ini cukup sukses, meskipun ini baru pertama kalinya kami tim ICT malaksanakan pelatihan, indikator kesuksesannya terlihat dari antusiasme peserta, hasil karya para peserta, dan semua materi telah disampaikan serta tepat waktu. Meskipun pada awalnya kami sempat kawatir terhadap pelatihan ini namun pada akhirnya sukses juga hal berkat persiapan yang dilakukan cukup matang dan serius. Kesuksesan ini berkat dukungan semua pihak, tim DBE 2 Jawa Timur, khususnya Admin yang telah banyak membantu dalam persiapan maupun ketika jalannya pelatihan”.

Kami berharap para peserta nantinya dapat menggunakan hasil TOT Dali untuk persiapan melakukan roll out ke PSBG masing-masing. Karena targetnya semua guru dibawah binaan PSBG dapat mengikuti kegiatan roll out ini. Namun untuk tahap awal kami akan mengikutkan 6 guru saja. Hal ini disebabkan keterbatasan waktu dan tidak singkron dengan jumlah guru yang seharusnya berpartisipasi. Kedepan kami berharap semua guru yang berada dibawah binaan PSBG dapat mengikuti program ini seluruhnya, ungkapnya.

Peserta TOT DALI Bangkalan Jatim Diskusi

Peserta TOT DALI Bangkalan Jatim Diskusi

Lebih lanjut Bambang Tirto W, S.Pd., Manajer PSBG Juanda Media Sidoarjo salah satu peserta pelatihan TOT Dali di Bangkalan, menegaskan, “Kami sangat senang mengikuti pelatihan ini karena materi-materi yang disampaikan tergolong masih baru dan sangat berguna untuk pembelajaran siswa aktif dengan tehnologi terbatas. Karena pada umumnya sekolah belum banyak yang memiliki komputer untuk pelaksanaan pembelajaran aktif di setiap kelas. Untuk itu kami akan memaksimalkan komputer yang ada untuk proses pembelajaran tersebut. Dengan adanya TOT ini kami berharap mampu memaksimalkan penggunaan tehnologi terbatas yang ada di sekolah untuk pembelajaran”.

 

 

Dalam TOT Dali kali ini dipandu oleh fasilitator yang masih muda-muda tapi sudah mempunyai kemampuan yang hebat dan antara satu dengan yang lainnya mempunyai kelebihan sendiri-sendiri. Kemampuan mereka yang beragam ini justru memperkaya kami dalam mengadopsi sistem pembelajaran, metode mereka dalam menyampaikan materi membuat kami terpesona meskipun kadang ada yang jauh diluar pemikiran kami. Bahkan untuk materi Iklan Digital, sempat muncul pertanyaan dalam benak kami, mampukah murid-murid kami nanti melakukan itu? Tapi itu akan kami coba untuk model pembelajaran di sekolah. Yang menarik dalam pelatihan ini adanya reward pada peserta yang sukses dalam mengerjakan tugasnya, kami termasuk yang mendapat penghargaan pada metode pembelajaran untuk satu komputer, yaitu dalam permainan Jeopardi kami mendapat juara pertama, meskipun hadiahnya hanya ballpoint, sangat senang dan bangga. (an).     

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: