Roll Out LMS DBE 2 Jawa Tengah Melibatkan ICT Team

Tim DLC DBE 2 Jawa Tengah yang bertanggung jawab pada pelaksanaan roll out Laporan Mutu Sekolah (LMS) melakukan terobosan dengan mengikutsertakan ICT Team. Langkah ini ditempuh sebagai langkah antisipatif terhadap munculnya persoalan teknis yang berkaitan dengan perangkat ICT, khususnya komputer. Sebagaimana kita tahu, bahwa pembuatan LMS menggunakan software yang telah disetup sedemikian rupa yang tentunya menggunakan komputer. 

Inisiatif ini muncul berangkat dari pengalaman yang terjadi pada pelaksanaan TOT LMS di Hotel Narita, Karanganyar, 5 Agustus 2008 dan roll out pertama di PSBG Dwijo Utomo, Boyolali, 6-7 Agustus 2008. Setidaknya ada beberapa masalah yang terjadi, antara lain peserta belum familiar dengan komputer, ditambah lagi semua perintah yang ada menggunakan bahasa Inggris sehingga cukup membuat bingung peserta. Selain itu, peserta juga kikuk karena operating system yang digunakan adalah Windows Vista, padahal selama ini mereka sudah terlanjur akrab dengan Windows XP. Kemudian pada tahapan finishing peserta juga menemui kesulitan ketika akan mencetak laporan. Ini semua menjadi kendala yang tidak kecil dalam rangka mensukseskan roll out LMS.  

Tidak ingin hal yang sama terjadi pada pelaksanaan roll berikutnya, maka DBE 2 Jawa Tengah memutuskan untuk mengikutsertakan ICT Team dalam rangkaian pelaksanaan roll. Namun, mengingat padatnya agenda utama bidang ICT, maka ICT Coordinator DBE 2 Jawa Tengah memberikan policy untuk hanya menyertakan satu ICT Assistant secara bergiliran di setiap distrik dalam roll out ini, sedang dua assistant yang lain tetap ‘siaga’ mempersiapkan agenda Roll Out DALI dan Intel Teach.

Roll Out LMS di Klaten

Agenda roll out LMS di Klaten, Jawa Tengah adalah agenda roll out LMS yang pertama melibatkan ICT Team. Roll Out ini dilaksanakan di dua PSBG, yakni PSBG Nusa Indah, Klaten Utara dan PSBG Gatotkaca, Jogonalan. Di PSBG Nusa Indah, roll out dilaksanakan pada Jum’at-Sabtu, 10-11 Oktober 2008. Sedangkan di PSBG Gatotkaca dilaksanakan pada Senin-Rabu, 13-14 Oktober 2008. Peserta pelatihan adalah kepala sekolah, guru (diharapkan yang paham dan menguasai komputer), dan komite sekolah. Tujuannya tak lain karena LMS adalah suatu laporan yang disusun secara kolektif oleh sekolah dan komite agar dapat membantu sekolah dalam rangka mengkomunikasikan perkembangan sekolah kepada stakeholder sekolah, tak terkecuali kepada masyarakat.

 

Para peserta Roll OUT LMS di Klaten tengah serius memasukkan data ke komputer.

Para peserta Roll OUT LMS di Klaten tengah serius memasukkan data ke komputer.

Mengingat terbatasnya perangkat komputer yang ada saat ini di PSBG, maka roll out diadakan dua hari, dimana hari pertama diikuti oleh separo jumlah sekolah binaan, sedangkan hari kedua diikuti oleh sisanya. Sekolah binaan di Klaten Utara kebetulan berjumlah 10 sekolah sehingga hari pertama diikuti 5 sekolah, hari kedua juga 5 sekolah. Demikian halnya di Jogonalan.

Langkah antisipasi, untuk melibatkan ICT Team,  yang dilakukan DLC DBE 2 Jateng ternyata tepat. Di dua PSBG itu, seluruh komputer yang ada menggunakan aplikasi perkantoran (Office) Open Office, padahal aplikasi perkantoran  yang kompatibel dengan LMS dalam format Excel adalah Microsft Office (MO),  baik MO 2003  maupun 2007. Solusinya harus diinstall MO.

Kendala virus yang terjadi di TOT juga muncul di pelaksanaan roll out di PSBG Gatotkaca, Jogonalan. Salah satu komputer yang ada di sana terjangkit virus yang sudah akut menyerang systemnya. Beruntung, sehari sebelum pelaksanaan, tim DLC yang didampingi ICT Team melakukan cek terlebih dahulu, sehingga komputer yang bervirus bisa teratasi dengan melakukan reinstall windows. Keesokan harinya roll out berjalan lancar. Jadi sangat tidak salah roll out LMS melibatkan ICT Team. (af_10)

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

<span>%d</span> blogger menyukai ini: