Guru-Guru SD Belajar Internet di PSBG Saiyo Sakato

Kepala PT. TELKOM Cabang Sibolga Jovinus Tambunan sedang menyampaikan paparannya kepada peserta sosialisasi pembelajaran internet di PSBG Saiyo Sakato Senin 10/11.

Kepala PT. TELKOM Cabang Sibolga Jovinus Tambunan sedang menyampaikan paparannya kepada peserta sosialisasi pembelajaran internet di PSBG Saiyo Sakato Senin 10/11.

  • Kerjasama PSBG SAIYO SAKATO dengan PT. TELKOM SIBOLGA
  • Dibuka Kepala Dinas Pendidikan Kota Sibolga
Kepala Dinas Pendidikan Kota Sibolga, Drs. Rustam Manalu membuka Sosialisasi Pembelajaaran Internet di PSBG Saiyo Sakato, Selasa 11/11 untuk gelombang kedua.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Sibolga, Drs. Rustam Manalu membuka Sosialisasi Pembelajaaran Internet di PSBG Saiyo Sakato, Selasa 11/11 untuk gelombang kedua.

Sibolga ( Apa Kabar PSBG)

Sebagian kalangan menganggap internet sesuatu yang “wah” dan sulit untuk digunakan oleh para pendidik khususnya guru-guru SD. Namun hal itu tidak terjadi di gugus Sibolga kota khususnya di 10 SD yang menjadi anggota PSBG Saiyo Sakato .

Tidak seperti biasanya aktivitas PSBG SAIYO SAKATO. Senin, 10 November yang ketepatan hari Pahlawan, PSBG Saiyo Sakato dilengkapi dengan perangkat- perangkat telekomunikasi seperti jaringan telepon kabel, perangkat koneksi internet baik dengan kabel maupun perangkat dengan menggunakan wireless serta 10 unit komputer desktop maupun laptop menghiasi ruang PSBG Saiyo Sakato.

Peserta guru-guru SD dari 10 SD Binaan DBE2 yang diwakili 3 orang per sekolah datang ke PSBG dengan semangat juang 45 ingin segera melihat apa itu internet. Petinggi Telkom cabang Sibolga beserta fasilitator sudah siap di ruang PSBG untuk memberikan materi kepada peserta.

Sosialisasi pembelajaran internet yang diadakan di PSBG Saiyo sakato dan di Speedy Learning Center terletak di Plaza Telkom jl. Tenggiri Sibolga Selama 3 hari (Senin – Rabu 10-12 /11) di PSBG dan 2 hari di Speedy Learning Center di buka oleh Kepala Dinas Pendidikan Kota Sibolga Drs. Rustam Manalu.

Kepala Dinas mengatakan pada pembukaan sosialisasi ini bahwa kota Sibolga beruntung karena merupakan satu kota binaan DBE2 dimana “sentuhan-sentuhannya” sangat dirasakan di sekolah-sekolah binaannya dan beda dengan sekolah yang belum dibina. Beliau juga mengucapkan terimakasih kepada PT. Telkom yang telah memberikan perhatian kepada dunia pendidikan melalui program “Learning for Tomorrow” ( pendidikan untuk masa depan) dan kegiatan seperti ini diharapkan dapat berkesinambungan ujar pak Kadis.

Sementara itu Kepala PT. TELKOM Cabang Sibolga, Jovinus Tambunan mengatakan bahwa kegiatan yang diadakan di PSBG Saiyo Sakato merupakan tindak lanjut Seminar Pendidikan yang diadakan dinas pendidikan kota Sibolga beberapa waktu yang lalu di gedung Aulia BI Sibolga. Sosialisasi ini merupakan sumbangsih PT. Telkom Sibolga khususnya memperingati hari Pahlawan untuk memberikan pengetahuan kepada tenaga pendidik guru-guru sekolah dasar dengan harapan agar para guru memiliki fondasi yang mantap untuk memajukan pendidikan khususnya di bidang informasi. PT. TELKOM juga hadir dengan programnya “Learning for Tomorrow” ujarnya.

Ketua PSBG Saiyo Sakato, Satino melaporkan kepada kepala Dinas Pendidikan bahwa kegiatan-kegiatan yang dilakukan di PSBG meliputi kegiatan Pengembangan profesionalisme guru, pertemuan, informasi dan pembuatan alat peraga murah. Satino yang juga kepala SD Swasta Tri Ratna memaparkan bahwa kegiatan yang diprogramkan di PSBG 2 kali seminggu , diikuti para guru dari 10 SD Binaan DBE2 dan didanai 10 sekolah binaan yang setiap tahunnya menelan biaya sekitar 20 juta per tahun ujar pak Satino sembari mengharap Orang nomor satu di dinas pendidikan kota Sibolga dapat menampung anggaran PSBG di APBD Kota Sibolga.

Selama kegiatan peserta dibekali materi-materi tentang internet, situs-situs pendidikan di internet, membuat email peserta serta membuka dan mendonwload informasi-informasi pendidikan di APA KABAR PSBG.

Salah seorang peserta Tiabadina Sinaga mengatakan bahwa waktu yang disediakan cukup singkat, sembari mengharap agar pelatihan internet ini dapat berkelanjutan dan diharapkan guru-guru tidak lagi gatek khusunya tentang internet imbuhnya.

Penulis berita : Salmon Tambunan ( DLC Sibolga Kota- Tapanuli Utara C2).

2 Tanggapan

  1. […] Aktif dengan menggunakan Teknologi Informasi dan Komunikasi) serta tidak kalah menarik “Sosialisasi Pembelajaran Internet“ kerjasama PSBG Saiyo Sakato dengan PT.TELKOM SIBOLGA pada tanggal 10-12 November yang […]

  2. Untuk mendukung peningkatan mutu pendidikan di Indonesia, PUSTEKKOM DEPDIKNAS telah meluncurkan program JARDIKNAS (Jaringan Pendidikan Nasional) yang menghubungkan sekira 20.000 sekolah di Indonesia secara daring (online). PUSTEKKOM DEPDIKNAS telah menunjuk PT. TELKOM, TBK untuk menyediakan layanan koneksi dan sewa internet ke sekolah-sekolah tersebut dengan istilah SCHOOLNET yang untuk sementara ini baru menghubungkan 17.500 sekolah di seluruh Indonesia yang terdiri dari SD, MI, SMP, MTs, SMU, MA, SMK, dan SLB.
    Untuk menunjang program ini, PT. TELKOM, TBK bermitra dengan IIB (INKUBATOR INDUSTRI & BISNIS) ITB menyediakan layanan konten pembelajaran online gratis kepada 17.500 sekolah tersebut dengan nama INDISMART. INDISMART adalah program pembelajaran daring (online) interaktif yang dapat membantu guru, siswa, maupun orangtua untuk mendapatkan bahan ajar yang menyenangkan, memudahkan, baku (mengacu KTSP), dan mutakhir karena akan selalu ditambah materi baru setiap bulannya.
    Selain dapat diakses 17.500 sekolah tersebut, siswa, guru, orangtua siswa, maupun masyarakat umum dapat menikmati layanan Indismart dengan biaya yang sangat murah, yaitu hanya Rp 60.000.- untuk satu tahun penuh. Untuk informasi lebih lanjut, silakan kunjungi website http://www.indi-smart.com atau hubungi kami melalui nomor telepon 022-2503761. Kami juga menyediakan layanan sosialisasi Jardiknas-Schoolnet-Indismart bagi instansi diknas maupun sekolah-sekolah di daerah serta membuka kemitraan dengan berbagai pihak dalam melakukan sosialisasi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: