Guru MIM Karanganyar Implementasikan DALI

Gelombang pertama pelatihan DALI (Developing Active Learning with ICT) digugus Raden Mas Said Karanganyar telah dilaksanakan tanggal 1-3 Desember 2008 yang lalu. Sebanyak 14 guru dari 7 SD/MI binaan DBE 2 Jawa Tengah telah mengikuti palatihan DALI yang difasilitasi oleh team ICT Jateng serta MTT/LRC dengan baik. Sebagaimana tujuan pelatihan segera setelah pelaksanaan DALI tersebut diharapkan guru sebagai peserta pelatihan dapat mengimplementasikan pembelajaran aktif di kelas dengan menggunakan ICT.

Salah satu peserta DALI yang telah mengimplementasikan DALI dikelas adalah Heri Saptono,S.Pd, guru mata pelajaran IPS kelas IV dan V di MI Muhammadiyah Karanganyar, dengan menggunakan peralatan yang dipinjam dari PSBG berupa lap top dan LCD. Peralatan milik PSBG yang merupakan hibah tahap kedua DBE 2, selama ini dirasa kurang optimal pemanfaatannya. Menurut Heri Saptono, segera setelah mengikuti pelatihan DALI, ia berinisiatif mengubungi pengurus PSBG untuk meminjam peralatan ICT tersebut. Seperti warga gugus yang lain, untuk dapat meminjam peralatan yang dimiliki PSBG, warga gugus mengisi buku peminjaman yang disana tertulis nama guru, asal sekolah tanggal peminjaman dan tanggal pengembalian barang-barang yang dipinjam tersebut.

Implementasi DALI di MIM Karanganyar

Implementasi DALI di MIM Karanganyar

Menurut Heri Saptono, LCD bukan hanya sebagai pengganti papan tulis tetapi dengan memanfaatkan LCD dapat mengaktifkan seluruh siswa. Terlihat juga pemanfaatan ICT dapat mendorong interaktifitas seluruh siswa didalam kelas. Selain itu pemanfaatan ICT dapat juga mendorong siswa mendekati tingkat pemikiran yang lebih tinggi (higher order of thingking) seperti yang diungkapkan dalam Taksonomi Bloom.

Selain Heri Saptono, ada juga guru lain yaitu Sulistiyani Rahayu,S.Si (guru matematika), juga dari MI Muhammadiyah Karanganyar. Lebih jauh dengan pemanfaatan peralatan ICT milik PSBG untuk pembelajaran aktif ini, menurut Sulistiyani Rahayu, S.Si, guru matematika kelas IV, V dan VI ini sangat membantu. Ia telah membuat presentasi power point berbagai macam penemuan rumus-rumus luas bangun datar, yang kemudian ia presentasikan didalam kelas. Tidak kalah menariknya, keterlibatan seluruh peserta didik dalam mata pelajaran matematika yang disampaikan ini, siswa dapat memahami dengan menemukan sendiri rumus-rumus luas bangun datar dengan bantuan presentasi Power Point tersebut. Ini merupakan salah satu model pembelajaran aktif menggunakan komputer terbatas. Selain kedua orang guru tersebut masih ada beberapa guru yang lain yang juga berusaha mengimplementasikan DALI dalam kegiatan belajar mengajar dikelas. Bagaimana pihak sekolah mengetahui akan kebutuhan guru kaitannya dengan peralatan ICT yang akan digunakan dalam kegiatan belajar mengajarnya? Setelah mengetahui bahwa, guru yang telah mengikuti pelatihan DALI tersebut semangat untuk mengimplementasikan ilmu yang telah ia dapatkan, akhirnya Kepala Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah (MIM) Karanganyar membeli peralatan ICT berupa 1 lap top dan 1 LCD dengan dana swadaya.

Demikian sekilas pelaksanaan implementasi DALI di PSBG RM Said Karanganyar. Semoga dapat dilaksanakanakan pula di tempat lain untuk lebih meningkatkan mutu pendidikan bagi peserta didik kita. Amien.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: