Mulut-Mulut Yang Berlava

belajar menulisDitulis oleh : Mutik Atun (Guru SD Muhammadiyah Blora)

Pada sesi pelatihan menulis dalam Roll Out Management Workshop di PSBG Blora, saya mengamati teman-teman yang sedang melakukan percobaan. Saat itu pula saya tertarik dengan mulut-mulut mereka. Dalam hati saya tertawa terbahak-bahak, tetapi orang-orang yang saya tertawakan sama sekali tidak mengerti. Hal tersebut membuat semakin geli dalam hati. Tahukah kalian apa yang saya perhatikan? Saya sedang memperhatikan mulut-mulut peserta pelatihan yang sedang melakukan percobaan dan bentuk mulut fasilitator.

Ternyata mulut mereka sebagian besar menganga. Saya juga bingung, apakah benar penilaiannya bahwa mulut mereka menganga karena begitu seriusnya. Namun bisa juga mereka kebingungan dan tidak tahu apa yang mereka perbuat. Atau khawatir lampu, seng atau peralatan yang lain akan meledak dan siap-siap berkata waow…..!, sambil siap-siap meloncat. Namun kekhawatiran saya dari mulut-mulut yang terbuka lebar atau sedang menganga itu mengeluarkan lava, sehingga eksperimennya akan hancur, aduch….! Alangkah sedihnya hatiku. Tetapi akankah pemirsa juga sedih? tidak sama sekali, justru mereka akan tertawa terbahak-bahak. Ha….ha….ha….!!!

Tinggalkan Balasan

