PSBG Saiyo Sakato Juara 1 Tingkat Propinsi Sumatera Utara

Tim-dbe2-Jakarta-mengunjungi-stan-Saiyo-Sakato-Chief-of-party-Michael-Calvano

Tim DBE2 Jakarta Mengunjungi Stan PSBG Saiyo Sakato Chief of Party Michael Calvano

PSBG Saiyo Sakato Gugus Sibolga Kota mengukir prestasi sebagai juara 1 tingkat provinsi Sumatera Utara yang diumumkan pada Temu Nasional PSBG di Sawangan Depok tgl. 10 – 11 Desember 2008 dengan hadian $ 1.000,- ( Seribu Dollar) dalam bentuk barang yang diminta oleh PSBG dalam bentuk aplikasi. Juara II dari PSBG Wahana Ilmu dari Lubuk Pakam, juara III PSBG Taman Ilmu Tebing Tinggi.

Temu Nasional PSBG di Sawangan di ikuti dari 7 provinsi; Sumatera Utara, Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat, Banten, Sulawesi Selatan dan Provinsi Nangroe Aceh Darussalam. Kegiatan ini merupakan yang pertama kali dilakukan oleh DBE 2 ( Decentralized Basic Education 2) Jakarta yang bertujuan meningkatkan mutu belajar mengajar di Sekolah Dasar yang direfleksikan melalui pengembangan kemampuan dan ketrampilan guru, juga lingkungan yang lebih kaya dan kondusif. Untuk tercapainya tujuan tersebut maka paket pelatihan dikembangkan; pelatihan untuk guru, kepala sekolah dan pemangku peran lainnya dilaksanakan, serta pendampingan ke sekolah-sekolah dilakukan.

Peserta dari Sibolga kota Mewakili PSBG SAIYO SAKATO ; Marudut Sihombing ( MTT PSBG), Sri Novi Pristy ( Sekretasi PSBG Saiyo Sakato) sedangkan dari Gugus Sibolga Selatan diwakili oleh Theresia Sinaga selaku MTT PSBG dan Sova Yuliana sebagai Sekretaris II PSBG Cemerlang. PSBG SAIYO SAKATO mempersiapkan APM ( Alat Peraga Murah) hasil kreasi guru dari Sibolga Kota. Alat Peraga Murah yang dipamerkan antara lain Penentuan KPK menggunakan gambar-gambar buah yang dilengkapi dengan magnet, APM menentukan ibukota Provinsi dengan menggunakan baterai, Bola lampu LED ( Senter), microphone mini, pancing huruf / kata, Sate kata , APM menentukan antonym dan sinonim untuk pelajaran bahasa Indonesia. Karya-karya guru ini dipamerkan di Sawangan selama 2 hari dan menurut Marudut Sihombing bahwa pengunjung ke Stan Saiyo Sakato terkesan dengan alat-alat peraga yang dipamerkan serta dekorasi stan yang dihiasi dengan ulos batak.dan nama yang unik bagi pengunjung alias gampang disebutkan serta alat peraga yang cocok untuk pelajaran tingkat SD, ujarnya.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Sibolga Drs. Rustam Manalu menyambut baik prestasi yang diraih PSBG SAIYO SAKATO dan beliau berharap agar kedepan PSBG ini dapat meningkatkan aktifitasnya agar keberhasilan ini dapat ditingkatkan ujarnya. Hal itu disampaikan setelah tim PSBG Saiyo Sakato kembali dari Sawangan melapor ke Kepala Dinas Pendidikan Kota Sibolga didampingi oleh Ketua PSBG Satino dan Kordinator DBE2 Sibolga Kota Salmon Tambunan.(23/12). Kepala Dinas menambahkan akan menyampaikan prestasi PSBG Saiyo Sakato ke Pemerintah Kota Sibolga yaitu Walikota Sahat P. Panggabean

Menurut Salmon Tambunan Selaku Kordinator Sibolga Kota memaparkan bahwa Pusat Sumber Belajar Gugus (PSBG) mempunyai peranan penting dalam mendukung peningkatan mutu pendidikan di sekolah, menciptakan atmosfir sekolah yang lebih baik, dan lingkungan yang lebih nyaman dan bermanfaat bagi proses belajar mengajar. Sehubungan dengan peran strategis dari PSBG, maka dirasakan perlu untuk memberikan penghargaan bagi PSBG yang kreatif, inovatif dan meraih pencapaian yang berarti. Proses seleksi untuk menentukan PSBG yang terbaik dilakukan melalui suat proses yang ketat dan transparan dengan menggunakan indikator yang terukur. Tim penilai juga melibatkan LPMP Sumatera Utara, Depag dan Dinas Pendidikan Sumatera Utara serta dari DBE2 Provinsi dan Daerah. Ujar Tambunan sembari menyampaikan Selamat kepada Semua Pengurus PSBG atas kerjasamalah maka prestasi dapat diperoleh.

( Penulis Berita : Salmon Tambunan)

Satu Tanggapan

  1. PSBG maju terus ! Hidup PSBG !

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: