SD Swasta RK No. 2 Sibolga Terapkan Pembelajaran PAKEM Tingkatkan Prestasi Belajar Siswa

Dalam upaya peningkatan kwalitas peserta didik di SDS RK No. 2 Sibolga, pihak sekolah terapkan pembelajaran PAKEM ( Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif dan Menyenangakan) kepada murid-murid dalam proses belajar mengajar di kelas seperti yang dicanangkan DBE2 Sumatera Utara secara khusus.

Adapun hal yang menarik di ruangan kelas RK 2 adalah adanya pajangan – pajangan hasil karya siswa baik berupa individu maupun hasil kelompok yang dipajangkan di dinding kelas sehingga membuat kelas lain dari sebelumnya apalagi disertai portofolio siswa yang telah diisi dengan nilai-nilai siswa menghiasi dinding kelas mereka.

Kelas-kelas yang cukup menarik perhatian adalah kelas 5 dan kelas 1 dimana wali kelasnya Ranap Situmorang dan Maria Oie. Penataan kelas ini adalah hasilkerjasama para guru dengan tim DBE2 Sibolga Salmon Tambunan ( DLC) dan Jansen Ompusunggu ( MTT).Kelas ditata menggunakan karton bekas dan kertas warna yang dibuat oleh siswa sebagai hasil karya mereka.

Ranap Situmorang, Wali kelas V menyampaikan bahwa dengan adanya program DBE2 sangat membatu para guru yang menjadi binaan misalnya dalam hal pembuatan perangkat pembelajaran, Penataan Kelas dan penggunaan ICT ( Information Communication and Techonologi) serta memenuhi kebutuhan guru dalam tugas sehari-hari dalam proses belajar mengajar.

“PAKEM diterapkan di SD RK No.2 karena memang sangat membantu anak lebih kreatif dan berani mengemukaan pendapat dan guru juga bertindak sebagai fasilitator dan motivator dalam pembelajaran. Hal ini tampak dalam kelas siswa kelas V belajar berkelompok dan menggunakan alat peraga yang telah disiapkan sang guru. Nama-nama kelompok nampak jelas, ada kelompok Sastra, Peribahasa , Tata Bahasa, Puisi dan Prosa tergantung topik yang mau diajarkan”, ujar Situmorang.

Lebih lanjut Rentius Simbolon, walikelas VI menerangkan bahwa Pembelajaran yang diterapkan DBE2 sangat cocok dengan pembelajaran apasaja baik matematika ataupun bahasa. Guru dituntut untuk membuat alat peraga supaya anak cepat mengerti dan pembelajaran tidak bosan ujarnya disela-sela kunjungan MTT dan DLC di sekolahnya baru-baru ini.(20/1) sukses selalu ya pak !

Penulis Berita : Salmon Tambunan ( DLC Sibolga Kota)siswa-kelas-v-sd-s-rk-no-2-sibolga-sedang-asyik-belajar-berkelompok-pelajaran-bahasa-indonesia-yang-diajarkan-walikelas-mereka-ranap-situmorangsiswa-sd-rk-no2-sibolga-sedang-belajar-komputer-di-laboratorium-komputer

3 Tanggapan

  1. Berita menarik dari Saiyo Sakato. Termakasih Bang Salmon. Maju terus.

  2. Memang Kota Sibolga daerah Berbilang Kaum dan ber Air manis tak dapat dilupakan. A real good and very beautifuk location for Every body to visit and stayed, The students are clever and so smart. the only thing is they should have knwon better English. To the first Man in Kota Sibolga please increase the knowledge of the students’ English

  3. Horas Kota Sibolga

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

<span>%d</span> blogger menyukai ini: