Kalau Berat Sebelah, Nggak Imbang Dong….?

dsc040142Ditulis oleh : M. Hatta, Joko, dkk pada saat sesi menulis pada Roll Out Managemen Workshop di PSBG Sawojajar kecamatan Karanganom Klaten. Jawa Tengah.

Beraaaaaaaat…………! jerit Budi sambil menghampiriku, tanpa dikomando seribu pertanyaan langsung diberondongkannya padaku, pak kok beratnya minta ampun timbangan ini, sebenarnya terbuat dari apa sih pak ini ?, tanpa dikomando juga langsung kuajak budi mengamati timbangan tersebut dan menganalisa bahan timbangan yang pada dasarnya terbuat dari baja atau besi, bisa juga dari bahan lainnya misalnya alumunium.

Guna menganalisa lebih jauh lagi segera kuseret Budi hingga terperangkap di sadel motor menuju ke tempat pembuatan timbangan yaitu desa Batur. Sesampainya langsung kami amati……….. woooouw…….. ternyata berat sekali, mula-mula besi atau baja bekas nama kerennya rongsokan diolah menjadi bubur baja atau jenang baja kata mereka yang membuatnya, setelah terbentuk bubur baja segera cairan baja tersebut dituang dalam cetakan yang sudah berbentuk timbangan.

Akhirnya Budi mengerti kenapa ia merasa berat mengangkat karena terbuat dari baja yang begitu berat.
Selain terbuat dari baja, cara kerja dari timbangan ada bermacam macam. Cara kerja timbangan menggunakan asas pengungkit jenis pertama. Untuk menyamakan ketinggian alat petunjuk antara ukuran berat dan benda yang akan ditimbang. Bila keduanya bertemu sama tinggi maka dikatakan bahwa benda itu sama beratnya. Dan perlu ditambah atau d ikurangi bila keadaan tidak sama, dengan demikian akan bekerja seperti anak bermain jungkit – jungkit. Maka dari asas timbagan ini dapat kita gunakan dalam permainan anak – anak, selain ini juga ada timbangan yang mempunyai asas pegas, misalnya timbangan dacin, timbagan bayi dan sebagainya.

Timbangan sering dibawa dan digunakan para pedagang untuk takaran bahan yang dibutuhkan. Timbangan biasanya diletakkan di sekitar bahan – bahan yang akan ditimbang. Sehingga timbangan sangat dibutuhkan oleh para pedagang. Bila takaran seimbang membuat semua yang berkepentingan merasa puas.

Timbangan terdiri dari berbagai jenis, ada timbangan duduk yang sering digunakan para pedagang sayur, gula, yang ukurannya dari ons sampai kilogram. Selain itu juga ada timbangan emas atau neraca yang berguna untuk menimbang berat emas atau obat juga bisa. Begitu budi, kamu paham kan, jadi timbangan itu sangat penting sekali dalam kehidupan sehari-hari.

2 Tanggapan

  1. salut !!! dengan rekan sesama guru yang punya banyak ide briliant untuk mencipta alat peraga murah.

  2. ternyata timbangan penting juga fungsinya dalam kehidupan sehari-hari ..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: