Prioritas Program PSBG Saiyo Sakato Tahun 2009 : KKG, KKKS dan ICT

main-komputer-kok-main-satu-jari-dan-ngak-usah-malu-bu-ada-pepatah-long-life-educationSibolga, ( Apa Kabar PSBG)

PSBG SAIYO SAKATO untuk tahun 2009 telah memprogramkan kegiatan-kegiatan yang akan dilaksanakan di PSBG meliputi KKG, KKS dengan sasaran utama adalah Pertemuan Kelompok Kerja Kepala Sekolah, Pertemuan Kelompok Kerja Guru, penggunaan KIT dan Penggunaan ICT. Hal ini disampaikan Ketua PSBG Saiyo Sakato, Satino pada rapat pengurus bersama anggota PSBG tgl. 13 Januari 2009 di PSBG guna membicarakan kesinambungan program kerja PSBG tahun 2009.

Turut hadir juga pada pertemuan tersebut 6 perwakilan sekolah program perluasan PEMKO SIBOLGA dari gugus 1. Mereka berminat untuk mengikuti serangkaian kegiatan di PSBG walaupun harus membayar iyuran Rp.870.000 per sekolah untuk satu semester. Dengan bertambahnya 6 sekolah ini maka PSBG Saiyo Sakato mempunyai 16 sekolah dasar yang menjadi anggotannya.

Sementara untuk sekolah binaan DBE2 yang memiliki kelas pararel akan membayar Rp. 1.740.000 per semester untuk satu sekolah dan yang hanya memiliki 6 rombongan belajarnya akan membayar 870.000, per semester untuk satu sekolah. Jadi untuk semester pertama tahun 2009 dana yang akan disetor ke bendahara PSBG sebanyak Rp. 20.967.000,- sudah termasuk didalamnya saldo tahun 2008 sebesar Rp. 1.827.000,-. Hal itu disampaikan bendahara PSBG, Sukri Hutagalung dalam laporannya kepada peserta pertemuan pengurus PSBG tgl. 13/01.
Hutagalung menambahkan setelah kemufakatan anggota PSBG maka belanja PSBG meliputi minuman peserta KKG dan KKKS, Uang transport Peserta dari Rp. 15.000,- naik menjadi Rp.20.000,- per kegiatan. Honor isntruktur Rp. 50.000,- per kegiatan. Honor petugas keamanan PSBG Rp. 100.000,- perbulan sedangkan untuk Sekretaris Rp. 150.000,- per bulan serta untuk pembuatan soal try out selama 6 x 16 orang @ Rp. 20.000,- per peserta sebagai uang transport mereka.

walau-usia-udah-kepala-5-namun-niat-belajar-menggunakan-kamera-tetapi-tinggiUntuk langganan internet dan koneksinya ditanggung oleh PSBG dengan mengeluarkan dana Rp. 200.000,- per bulan. Internet ini menjadi daya tarik tersendiri bagi anggota PSBG karena mereka dapat mencari informasi yang berhubungan dengan profesi mereka misalnya untuk mencari NUPTK mereka untuk keperluan sertifikasi guru ujar salah seorang guru disela- sela pertemuan KKG di PSBG.

Menurut informasi dari Sekretaris PSBG, Sri Novy Prysty mengatakan bahwa selama bulan Januari sudah dilaksanakan 3 kali KKG setiap hari selasa dan Kamis. Untuk tgl. 20 Januari 2009 KKG kelas I yang dipandu oleh Ibu Elin Simamora selaku fasiltator kelas awal. Materi yang disampaikan penggunaan APM ( Alat Peraga Murah) dan pendalaman pembuatan KKM ( Kriteria Ketuntasan Minimal) per mata pelajaran.

Pertemuan kedua tgl. 22 Januari 2009 untuk kelas II membuat Silabus dan RPP untuk kelas awal. KKG ini dipandu oleh Elin Simamora yang kesehariannya sebagai guru kelas awal di SDS Tri Ratna Sibolga.

Sedangkan pertemuan ke III , Selasa, 27 Januari adalah untuk guru kelas III. Materi KKG yang diikuti 16 orang guru dari 16 sekolah adalah penggunaan ICT meliputi pembelajaran komputer, internet, kamera digital, dan handy cam oleh peserta. KKG ini dipandu langsung oleh Salmon Tambunan didampingi sekretaris PSBG Sri Novi.

Menurut salah seorang peserta KKG , Justima Pasaribu( 56) materi KKG mengajarkan ICT sangat menambah pengetahuan peserta “walaupun kami sudah tua namun ICT sangat menarik karena mengetahui yang belum pernah dipelajari dan akan membantu dalam pembelajaran di kelas”, ujarnya. Hal senada juga disampaikan Siti Masri, guru SDN 084089 , ICT akan meringankan beban guru . Semoga.

Penulis Berita : Salmon Tambunan (DLC Sibolga Kota – Taput C2)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: