Polisi Sahabat Anak

Banjarnegara, 14 Februari 2009

Polisi Sahabat Anak

Pak Polisi yang gagah berani

Pak polisi berkeliling mobilnya patroli

Pak Polisi tolong bantu kami

Agar kami jadi anak mandiri

Begitu sepenggal lagu yang dinyanyikan oleh anak-anak TK Al Hidayah Banjarnegara menyambut kedatangan rombongan Polisi dari satuan Unit Dikyasa (Pendidikan dan Rekayasa) Lalu lintas POLRES Banjarnegara pagi itu. Jangan salah sangka dulu! Kedatangan mereka ke TK bukan untuk razia narkoba maupun razia HP Porno. Pagi itu kedatangan Polisi di tengah-tengah anak-anak TK Al-Hidayah adalah untuk memboyong anak-anak tersebut ke kantor POLRES Banjarnegara. Tidak tanggung-tanggung 2 truk angkutan pasukan Dalmas dikerahkan untuk mengangkut anak-anak. Sebagaimana layaknya protokol penyambutan tamu di kepolisian, anak-anak TK ini diantar dengan dikawal oleh 2 sepeda motor yang ada di barisan paling depan, kemudian di belakangnya lagi sedan polisi sebagai pembuka jalan dengan membunyikan sirine. Nah baru dibarisan berikutnya adalah romongan anak-anak TK bersama orang tuanya. Dan yang paling belakang adalah sedan pengawal. Luar biasa pelayanan polisi terhadap anak-anak TK demi memberikan proses pembelajaran terhadap keberadaan Kepolisian Negara Republik Indonesia sebagai sahabat anak.

Policing With Love

Policing With Love

Sungguh di luar dugaan, bahwa selama ini polisi selalu kita bayangkan adalah sosok yang sangar, tak berperasaan, dan killer tidak nampak sama sekali pada hari itu. Keramahan dan rasa tulus justru terlihat dari antusiasme anggota polisi yang dengan senang hati melayani anak-anak untuk belajar tata tertib lalu lintas. Merekapun pandai mengajak anak-anak untuk bernyanyi bersama, mulai dari balonku ada lima sampai bintang kecil dan visi-misi Polisi pun bisa dinyanyikan. Tak ada rasa takut sedikitpun yang terlihat di wajah anak-anak terhadap sosok polisi. Justru suasana keakraban terlihat ketika Pak Priyo Jatmiko dan I Made Kandel mengajak anak-anak untuk bernyanyi, ace breaking dan bersendau gurau. Anak-anakpun menyambut dengan gembira. Setelah selesai belajar tentang tanda-tanda lalu lintas, anak-anak diajak untuk memasuki kantor Polres Banjarnegara. Kepada anak-anak dikenalkan mulai dari ruang pengurusan SIM, Ruang STNK, Ruang pengurusan Kecelakaan lalu Lintas juga dikenalkan Ruang KDRT dan Anak (Kekerasan Dalam Rumah Tangga dan Anak).

Priyo Jadmiko (Kanit Dikyasa Polres Banjarnegara)

Priyo Jadmiko (Kanit Dikyasa Polres Banjarnegara)

Menurut Priyo Jadmiko (Kanit Dikyasa) Polres Banjarnegara, program “Polisi Sahabat anak” adalah program POLRI dalam rangka mendekatkan institusi kepolisian kepada masyarakat. Polisi perlu dikenal sejak dini oleh anak. Bahwa polisi adalah aparat Negara yang setiap saat siap membantu ketertiban masyarakat. Ketertiban sangat diperlukan dalam kehidupan bernegara untuk mewujudkan masyarakat yang damai dan tenteram. Ketertiban sebenarnya bukan saja menjadi tanggung jawab kepolisian, namun yang lebih penting adalah tumbuh menjadi kesadaran bersama sebagai warga Negara. Untuk memahami tertib hidup bermasyarakat, maka sebaiknya sejak dini anak sudah dikenalkan dengan berbagai tata tertib hidup bermasyarakat, mulai dari tata tertib berlalulintas sampai pada tata tertib kehidupan bermasyarakat yang lebih luas. Masih menurut Priyo Jadmiko, Program Polisi Sahabat anak ini tidak hanya diimplementasikan kepada anak-anak TK, namun juga kepada anak-anak SD, SMP, dan juga SLTA. Kepada anak-anak SMP dan SLTA selain belajar tata tertib lalu lintas kepada mereka diajak untuk melakukan kegiatan bersama seperti Pramuka Saka Bayangkara, PKS (Patroli Keamanan Sekolah). Selain itu Polisi juga melakukan dialog-dialog untuk membahas berbagai permasalahan terkini bagi dunia remaja. Mulai dari narkoba, kenakalan remaja sampai pada masalah kriminal.

Satu Tanggapan

  1. selamat buat rekan IPDA Priyo Jatmiko, semoga sukses. kenangan di bna tak kan terlupakan………………….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

<span>%d</span> blogger menyukai ini: