Geliat Pembelajaran Aktif di Gudang Dolog

Geliat PAKEM di Gudang Dolog

Geliat PAKEM di Gudang Dolog

Siapa yang tidak kenal dengan SD Sumberagung 2, lokasinya di pinggir jalan raya Blora –Banjarejo. SD yang satu ini merupakan SD binaan dari DBE2, selain itu juga termasuk SD yang sering menerima ucapan selamat dari Sekolah –sekolah yang lain karena prestasi yang sering diperolehnya. SD Sumberagung 2 ini dipilih oleh DBE2 menjadi SD acuan selain SD Gedongsari. Untuk Gugus Borobudur ada dua SD acuan yaitu SD Gedongsari dan SD Sumberagung 2.

Ke-dua SD tersebut jika dibandingkan, perbedaannya sangat jauh, bagaikan langit dan bumi. Marilah kita tengok SD Sumberagung 2,  guru – gurunya sebagian besar sudah berpendidikan S1, sistem pembelajaran yang dilaksanakan juga sudah PAKEM, sekarang kita tengok kelasnya, pasti anda tidak akan percaya, penataan ruang kelas sudah menunjukkan ruangan kelas yang bernuansa PAKEM, hal ini tidak perlu dijelaskan lagi karena pembaca sudah tau bagaimana kelas yang bernuansa PAKEM itu.

Dengan melihat keadaan ruangan yang seperti gambar di atas  tersebut, tidak mungkin percaya kalau dilihat dari luar,   gedung yang seperti gudang dolog tersebut namun di dalamnya terdapat pembelajaran dan pengaturan kelas yang PAKEM.

Mengapa kita menyebutnya sebagai gudang DOLOG ? coba bayangkan ? SD yang lain sudah 2 sampai 3 kali mendapat rehab, sehingga mempunyai lantai keramik yang licin, dinding tembok yang kuat, atap dari genting pres yang tidak bocor, tapi SD Sumberagung 2 ini merupakan SD yang sangat…sangat…sangat…….memprihatinkan sekali !  lantainya masih lantai tegel yang sudah kusam, atapnya masih terbuat dari seng yang sudah keropos, kalau hari sudah siang anak merasa kepanasan sedangkan kalau hujan anak tidak dapat menerima pelajaran karena suara air yang sangat keras jatuh diatas atap seng selain itu juga bocor.

Kami tidak dapat berbuat banyak,  saya merasa kagum dan bangga kepada guru-guru SD Sumberagung2, meskipun sekolahan seperti gudang dolog saya sebut demikian,  tapi semangat ’45 tetap melekat kepada mereka. Marilah kita memohon dan berdoa semoga SD yang seperti gudang Dolog tersebut cepat berubah menjadi seperti sekolah-sekolah yang lain.

Ditulis oleh : Sarjono ( LRC Gugus Borobudur Banjarejo Blora )

Satu Tanggapan

  1. Semoga geliat PAKEM ini mendapat respon positif dari pihak-pihak terkait, utamanya pemerintah, agar tidak terjadi kesenjangan seperti ini.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: