Kegiatan KKG 2 Kebanjiran Alat Peraga Murah dari Peserta

Alat Peraga Murah hasil karya peserta KKG2 Kabupaten Blora, Jawa Tengah

Alat Peraga Murah hasil karya peserta KKG2 Kabupaten Blora, Jawa Tengah

KKKS dan KKG 2  Pembelajaran IPA Aktif yang dilaksanakan di wilayah Kab. Blora pada tanggal 19 – 21 Maret 2009 telah berakhir. Banyak hal yang kami dapatkan dalam pelatihan kali ini ; Sesi demi sesi yang kami ikuti punya kesan sendiri-sendiri.

Sesi Permainan IPA yang dibawakan Bpk.Maryanto sangat menarik dan merupakan hal baru bagi peserta, ini karena trik panitia yang tidak memberikan modul di awal pelatihan, kalau modul diberikan di awal sudah barang tentu permainan tersebut bukan hal baru lagi karena peserta akan membaca dan tahu lebih dahulu.

Sesi teknik Pembuatan Lembar Kerja, sesi ini cukup ramai dan molor dari waktu yang disepakati, dikarenakan banyak pertanyaan dari peserta. Pada umumnya mereka ingin paparan dan contoh yang jelas bagaimana sebenarnya Lembar Kerja yang benar menurut penjelasan atau aturan dari Pusat Kurikulum. Sebab selama ini yang mereka pakai di sekolah , tidak lebih sebagai Kumpulan Soal-soal saja. Sesi ini di pandu oleh Bpk. Parmin, M.Pd dari UNNES yang memang pakarnya untuk permasalahan ini.

Sesi Penilaian dalam Pembelajaran IPA Aktif, di fasilitasi oleh Ibu Sumarsih. Sesi inipun tidak kalah serunya, karena sebagian besar peserta juga masih bingung tentang Instrumen Penilaian Aspek Kognitif,Afektif, dan Psikomotorik.

Sesi Pembuatan APM (Alat Peraga Murah) dipandu oleh Ibu Siti Nuraini. Hal yang menarik dalam Sesi ini, karena banyak muncul kreatifitas dari peserta dalam membuat APM. Yang menarik, APM yang dibuatpun banyak ragamnya. Dan tentunya nanti akan menjadi penghuni tetap PSBG Dwarawati sebagai inventaris dan tentunya akan menambah khasanah Peraga di PSBG.

dscf1426

Salah satu peserta sedang mempresentasikan Alat Peraga Murah yang di buatnya.

Refleksi dan survey kepuasan yang dipandu oleh Bpk. Subyanto menyiratkan banyak harapan dari peserta, oleh karenanya dalam BPS 2 , semoga harapan dari rekan-rekan guru dapat terpuaskan , demikian janji dari Bpk Parmin, M.Pd.

Demikian, sebagai akhir dari tulisan ini semoga Pelatihan KKG 2 dan KKKS 2 dapat menambah pengetahuan dan pembelajaran kita menuju ke arah yang lebih baik..Amiiin !!!!

Rekan-rekan guru, tuangkan ide ,cipta, karsa, dan karyamu untuk kemajuan pembelajaran anak-anak didik kita tercinta…………….!!!!!

Ditulis oleh : Niniek (PBS Kab.Blora Jawa – Tengah)

Iklan

4 Tanggapan

  1. Terimakasih Bu Niniek atas laporannya. Pelatihannya diadakan di PSBG Dwarawati ya? Selamat. Maju terus!
    Akan lebih bagus lagi kalau disebutkan juga pesertanya siapa, berapa dan darimana saja…

  2. Terima kasih Bpk.Arief Sadiman ,atas perhatiannya pada tulisan kami, semoga di tulisan selanjutnya akan lebih baik lagi. !

  3. Wah salut untuk Ibu Ninik dan kawan-kawan tentunya di Blora. Semangat!!

  4. assw.
    Thanks pk ats info na,bisa gk pk berikan kami cara pembuatan na secara detail ???

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: