Mencetak Guru dan Kepala Sekolah Berprestasi Berkat DBE2

Ibu Nurhamidah (berkerudung merah mudah) sedang memfasilitasi simulasi bermain peran dalam Pelatihan Paket Adaptasi Matematika, bulan Februari 2009 yang lalu.

Ibu Nurhamidah (berkerudung merah mudah) sedang memfasilitasi simulasi bermain peran dalam Pelatihan Paket Adaptasi Matematika, bulan Februari 2009 yang lalu.

Siapa yang tidak kenal guru Pemandu Bidang Studi SDN. Kebon Pedes 1, Ibu Nurhamidah, jika ditanyakan kepada Guru-Guru SD di kota Bogor? Di bulan Maret 2009 ini, beliau terpilih sebagai Guru Berprestasi di tingkat kecamatan Tanah Sereal, Kota Bogor. Berkat keberhasilannya, beliau diikutsertakan kembali dalam lomba tingkat kota Bogor di bulan April 2009. Prestasi yang diraihnya adalah kerja keras yang dilakukan setelah berbagai pelatihan DBE 2 yang diikutinya. “Paket Pelatihan yang dibuat DBE 2 sangat membantu saya dalam menyusun dan mempersiapkan materi pemilihan Guru Berprestasi baik di tingkat Kecamatan maupun tingkat Kota.” tutur Ibu Nurhamidah.

Pelatihan DBE 2 telah menginspirasi dan mendorong Ibu Nurhamidah untuk menulis buku referensi matematika berskala nasional, berjudul, Bagaimana mengukur jarak?, yang diterbitkan oleh Penerbit Raih Asa Sukses, tahun 2008. Di tahun yang sama, beliau berkesempatan pula menulis buku berjudul, Bagaimana mengukur luas?, yang diterbitkan oleh penerbit yang sama. Kesempatan menulis ini diperoleh berkat dukungan dari Dana Alokasi Khusus (DAK) seluruh Indonesia.

Penyusunan kedua buku tersebut bertujuan untuk memahami materi dan rumus matematika yang harus sehingga mempermudah siswa dalam memahami pelajaran matematika. Buku ini dikemas menarik dengan gambar pendukung yang memikat minat siswa dan membantu siswa dalam mempersiapkan tes seperti ulangan harian dan ujian.

Manfaat Program DBE 2 tidak hanya dirasakan oleh Ibu Nurhamidah semata namun juga dirasakan oleh Guru-guru SDN Kebon Pedes 1, Tanah Sereal. Hal lain yang dirasakan setelah pelatihan DBE 2 adalah peningkatan kinerja dan profesionalisme rekan seprofesinya, yakni kinerja para guru yang mempengaruhi performa SDN Kebon Pedes 1. Kehadiran PSBG di Tanah Sereal turut pula mendukung para guru ini dalam berkinerja.

Kegembiraan lain turut pula dirasakan oleh Kepala Sekolah dari tempat Ibu Nurhamidah mengajar selama ini, yakni SDN Kebon Pedes 1. Di bulan Maret 2009 ini, Kepala SDN Kebon Pedes 1, Bapak Dedi Sukandar, berkesempatan memperoleh Penghargaan sebagai Kepala Sekolah Berprestasi di tingkat kota Bogor. Prestasi ini pun menghantarkan Kepala SDN Kebon Pedes 1 untuk mengikuti seleksi selanjutnya ke tingkat Provinsi Jawa Barat.

Prestasi yang diraih oleh warga binaan DBE 2 di kota Bogor telah membuktikan bahwa kerja keras melalui pendampingan dan pelatihan telah mempengaruhi peningkatan kualitas pendidikan dasar di kota Bogor sebagaimana yang menjadi tujuan dari Program DBE 2 ini.

(Esther Roseanty Agustina – de Saint Vis, 24 Maret 2009)

Satu Tanggapan

  1. Hidup Guru Indonesia, Semoga kalian menjadi guru yang dapat mencerdaskan anak bangsa. Amiiin

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: