Menjadi Guru Profesional Melalui Program DBE 2 di Kota Cilegon

Umi Kusmiyati, S.Pd (NIP 132 237 748)

Umi Kusmiyati, S.Pd (NIP 132 237 748)

Pertama kali saya mengikuti kegiatan DBE 2 tanggal 15-17 Mei 2006 di SDN Blok I, Cilegon, mengenai teknis menyusun Rencana Pengembangan Sekolah (Profil sekolah, Program dan RAPBS). Kegiatan ini membantu saya bagaimana membuat program sekolah dan menyusun RKTS.

Selanjutnya, saya selalu terlibat dalam undangan yang diselenggarkan DBE 2. Saya senang karena saya memperoleh materi seperti yang pernah saya pelajari sewaktu saya kuliah di Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) dulu. Misalnya, saya pernah hadir dalam kegiatan Workshop tim sekolah (STW) dan Kelompok Kerja Kepala Sekolah (KKKS) yang diselenggarakan beberapa tahun lalu yang menjadi sarana diskusi dan berbagi pengalaman mengenai pengelolaan pembelajaran di kelas juga metode pendekatan aktif, kreatif dan aktraktif bagi siswa.

Pada tanggal 19-21 Agustus 2008, saya diikutsertakan kembali dalam Pelatihan DALI (Developing Active Learning with ICT) di PSBG Ki Hadjar Dewantara. Menurut saya, kegiatan ini menuntut guru untuk merancang pembelajaran dengan menggunakan seperangkat komputer. Alhasil, saya sudah menerapkan program ini dalam pembelajaran di kelas saya. Hasilnya, siswa sangat antusias dan memiliki rasa ingin tahu yang tinggi dalam belajar. Selain itu, hal ini menyenangkan bagi siswa sehingga siswa lebih terampil lagi dalam belajar.

Agar semua guru bisa merasakan pengalaman yang saya alami dan memiliki kecakapan akan teknologi informasi maka saya kembali menerapkan (roll out) kegiatan DALI kepada para guru yang lain tanggal 16-18 Desember 2008 lalu. Dalam kegiatan ini, saya bertindak sebagai fasilitator. Meskipun demikian, saya merasa terbebani karena saya memfasilitasi teman-teman guru yang sederajat dengan saya. Pada akhirnya, saya senang bahwa saya sebagai guru biasa dan sedikit memiliki kecakapan komputer dapat membantu kolega saya agar bisa merasakan manfaat yang saya alami.

Alhamdulillah, tanggal 24-27 Februari 2009 ini, saya diikutsertakan kembali dalam kegiatan Intel Teach. Melalui kegiatan ini, saya berharap bahwa guru mampu dan cakap dalam mengaplikasikan teknololgi, komunikasi dan informasi yang berkaitan dengan pembelajaran. Hal ini sesuai dengan kondisi dan perkembangan di masa kini dimana siswa pun sudah mahir dalam mengoperasikan komputer dan menguasai internet.

Melalui program DBE 2, Guru tidak hanya dilatih dalam ketrampilan mengelola dan mengajar siswa di kelas namun cakap juga dalam bidang Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) sesuai dengan tuntuan perkembangan jaman agar Guru menjadi lebih profesional. (AR)

Ditulis oleh : Umi Kusmiyati, S.Pd (NIP 132 237 748) – Guru SD Negeri Bendungan 2

8 Tanggapan

  1. Selamat Berkarya dan menciptakan pembelajaran yan menyenangkan Bu Umi..Suksess Selalu

  2. Selamat dan sukses Bu Umi…

  3. Surprais bu guru,dan tetap semangat

  4. subhanallah…saya senang cilegon memilki bu Umi, semangat terus ….semoga pengalaman ibu dapat menjai inspirasi bagi guru lain…

  5. Selamet ye Mi, mnawi terus sukses. Bagi2 ge ilmune kuh..

  6. semangat truss,hidup PGRI

  7. semoga sukses bu guru…..murid2mu mendoakan seslalu…..

  8. semoga sukses bu guru…..murid2mu mendoakan selalu…..

Tinggalkan Balasan

