Kesan Mendalam BPS 2 Di SD Muhammadiyah Blora

Sabtu, 4 April 2009 , ada yang istimewa di SD Muhammadiyah kali ini. Kursi-kursi berjajar tertata rapi di ruang guru. Karena dalam BPS 2 ini akan hadir juga Ketua Yayasan Muhammadiyah Bp. Puger Al-Qodry, Ketua Dikdasmen Bp. Zamura, dan Perwakilan Komite Bp. Mulyani, S.Ag
Beliau-beliau ini sengaja kami undang untuk bisa sharing bersama, memberi pengarahan dan masukkan serta mengetahui kiprah DBE 2 khususnya di SD Muhammadiyah selama ini.

dscf1549

    Foto bersama  selepas  refleksi Pendampingan 2.  Sabtu,4 April 2009

Jam 08.00 tepat, semua guru berkumpul untuk refleksi pendampingan pembelajaran IPA aktif. Kami Tim DBE 2 memang sudah sepakat, ketika pendampingan I ( BPS 1) tanggal 4 Maret 2009 yang lalu ,bahwa untuk pendampingan ke 2 ini akan memfokuskan pada permasalahan perangakat pembelajarannya saja.

Tim yang terdiri dari Bp. Djumadi, M.Kes dari UMS, Bp. Heru Winarno ( DLC), Bp. Subyanto ( LRC ), dan Ibu Siti Nuraini ( PBS ) tidak melakukan pendampingan pembelajaran di kelas-kelas , hanya saja sebelum refleksi berlangsung Bpk Djumadi berkeliling dari kelas ke kelas untuk melihat kondisi siswa dan ruang sebagai masukan ketika refleksi nanti.

dscf1538

     Bpk.Djumadi,M.Kes. sedang membimbing  siswa menulis di kelas I

Refleksi kali ini berupaya untuk mengangkat permasalahan yang dihadapi para guru dalam melaksanakan pembelajaran IPA aktif selama ini. Banyak hal bisa terungkap, terpecahkan, dan menghasilkan solusi dari permasalahan yang ada.
Antara lain masalah pembuatan RPP pakem, Lembar Kegiatan Siswa, serta yang belum difahami rekan-rekan guru adalah masalah penilaian untuk pembelajaran IPA yang mengarah pada penilaian aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik.

Selain itu dari perwakilan komite yang diwakili oleh Bp. Mulyani, S.Ag , beliau saat ini menjabat sebagai pengawas PAI ( Pendidikan Agama Islam) juga memberi pengarahan agar di dalam pembelajaran IPA, siswa di tekankan jangan sampai melalaikan  sumber dari segala  ilmu yang dipelajari yaitu Allah SWT.    Sambutan yang diberikan oleh  Ketua Yayasan dan Ketua Dikdasmen hampir senada :    bahwa di setiap sepak terjang   kita sebagai pendidik khususnya di perguruan Muhammadiyah haruslah mengutamakan pengabdian, keikhlasan, tawadhu’, dan tetap dalam koridor perjuangan Amal Ma’ruf  Nahi Munkar.

Sebagai penutup Bp. Zamura juga mengucapkan banyak terima kasih pada Tim DBE 2 yang telah memberikan bantuan tehnis berupa pelatihan-pelatihan, arahan, dan pendampingan selama ini.
Tak terasa waktu berjalan sangat cepat BPS 2 di SD Muhammadiyah berakhir pukul 12.00 WIB.
Ambillah manfaat yang positif dari orang-orang yang datang kepada kita.
Semoga kerjasama ini tetap berlanjut dimasa-masa yang akan datang.. AMIIN…!

Ditulis : Ninik ( PBS Kab. Blora, Jawa Tengah)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: