PENINGKATAN MUTU BELAJAR MENGAJAR DBE2 GELAR PELATIHAN PAKET BAHASA INDONESIA DI TAPUT C2

Tarutung,

Untuk meningkatkan mutu pembelajaran bahasa Indonesia, DBE2 Sumatera Utara kembali mengelar pelatihan Kelompok Kerja Kepala Sekolah ( KKKS) dan pelatihan Kelompok Kerja Guru ( KKG) paket Bahasa Indonesia yang dilaksanakan di gugus Pangaribuan Kamis 16/4 dan di gugus Sipoholon Jumat 17/4 bertempat di SDN 173194 Batumanumpak Pangaribuan dan di SDN 173132 Lumban Baringin Sipoholon.

Pelatihan Kelompok Kerja Kepala Sekolah diikuti 10 kepala sekolah dari gugus Sipoholon dan 10 kepala sekolah dari Gugus Pangaribuan diselenggarakan di Pusat Sumber Belajar Gugus ( PSBG) ABADI Pangaribuan. Kegiatan ini dipandu oleh tim instruktur Siti Mawardi Siregar dan Nurhaiti Purba dari LPMP Sumatera Utara didampingi Dahlan Sitompul dan Dewi Sebayang dari DBE2 Sumatera Utara.

Salmon Tambunan,S.Pd Selaku Kordinator untuk Kabupaten Tapanuli Utara Tahap II mengatakan bahwa Pelatihan Kelompok Kerja Kepala Sekolah ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan praktis pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar berbasis pembelajaran Aktif melalui kajian teori dan praktek langsung secara simulatif, khususnya mengenai kebijakan meningkatkan mutu pembelajaran Bahasa Indonesia dan program pendampingan guru dalam pembelajaran bahasa Indonesia.

Hasil yang diharapkan dari KKKS ini adalah adanya peningkatan kemampuan kepala sekolah untuk mengevaluasi perangkat pembelajaran, meningkatkan kemampuan pendampingan serta meningkatnya kualitas Strategi belajar mengajar khususnya pelajaran bahasa Indonesia, ujar Tambunan.

Sementara Pelatihan khusus untuk guru-guru yang dipandu oleh para MTT ( Master Teacher Trainer) = Penatar inti; Makmur Hasibuan, Hotmanahan Simorangkir, Bangun Tua Gultom, Asnat Lumbantobing dan juga DLC ( District Learning Coordinator) = kordinator kabupaten/ kota, Salmon Tambunan dan Gisler Simanullang.

KKG ini bertujuan untuk memahami membuat Silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran ( RPP) bahasa Indonesia serta mampu mendemonstrasikan RPP yang mereka buat dihadapan peserta pelatihan.

Pelatihan yang dimulai pukul 13.00 WIB dan selesai pukul 18.00 WIB , diikuti 100 orang guru dari Pangaribuan dan 90 guru dari gugus Sipoholon. Hotmanahan Simorangkir menyampaikan bahwa peserta mengikuti pelatihan ini penuh semangat dan antusias .Peserta tidak bosan membahas bagaimana cara membuat silabus, RPP yang berbasi PAKEM kendati permasalahan Silabus dan RPP bukan lagi barang baru bagi para pendidik ini ujar Simorangkir selaku intruktur di ruang C di gugus Pangaribuan.

Salmon Tambunan memberikan harapan-harapan supaya program yang dirintis oleh DBE2 dapat berlanjut dan berkesinambungan kendatipun program ini sudah selesai ujarnya pada saat pembukaan pelatihan Kelompok Kerja Kepala Sekolah, untuk itu perlu diberikan perhatian khusus oleh para Stakeholder agar peningkatan mutu pendidikan khusunya di Tapanuli Utara menjadi program yang harus diperhatikan untuk masa yang akan datang demi peningkatan hasil belajar siswa,ujarnya. Semoga.

Penulis Berita : Salmon Tambunan ( DLC Sibolga_Taput C2)

Para Peserta Pelatihan Kelompok Kerja Guru di Pangaribuan sedang asyik berdiskusi tentang pembuatan Silabus/ RPP Bahasa Indonesia Kamis, 16/4/2009

Para Peserta Pelatihan Kelompok Kerja Guru di Pangaribuan sedang asyik berdiskusi tentang pembuatan Silabus/ RPP Bahasa Indonesia Kamis, 16/4/2009

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

<span>%d</span> blogger menyukai ini: