Pra ICT “GUGUS ABU UMAR” Kabupaten Blora (Latihan Komputer bagi Pemula)

 

Ruang PSBG  yang  se hari-hari   penuh dengan aktifitas anak-anak  yang melakukan  kegiatan, antara lain; membaca, melihat CD pembelajaran, dan praktek  mata pelajaran agama. Siang kemarin agak berbeda penampilannya.

Jam 09.30 WIB, beberapa rekan  PBS datang dengan  “semangat” menenteng tas yang lumayan besar memasuki   ruangan PSBG  yang cukup lengang  seperti sudah siap menyambut kedatangan mereka .

Apa gerangan yang mereka bawa ….????

Dalam rangka menindaklanjuti salah satu hasil rapat yang diadakan hari Rabu, 22 April  2009 yang lalu. Dalam rapat tersebut, Pengawas TK/SD, yakni Bapak Soedarto menghimbau agar guru-guru mulai belajar komputer dari sekarang, terutama PBS, agar kedepannya dapat memanfaatkan hibah ICT yang akan diterima PSBG dalam waktu yang tidak lama lagi.

dscf1578Rapat pengurus PSBG dan Pisah – Kenal MTT lama/baru pada tanggal 22 April 2009

Pelatihan hari pertama diadakan hari Sabtu, 25 April 2009 kemarin, diikuti 8 peserta ; 4 PBS, LRC, MTT, 1 Kep.Sek, dan 1 orang guru.

Dalam latihan ini , masing-masing membawa laptop dari rumah (maklum di PSBG  baru ada 1 komputer, itupun milik SD Kauman 1). Ternyata  beliau-beliau ini , rata-rata sudah mempunyai  laptop.  Awalnya menurut mereka, laptop tersebut  dibelikan untuk putra-putri mereka yang  kuliah. Begitu putra-putrinya sudah lulus, dan laptop nganggur di rumah, baru mempunyai krentek (minat  di dalam hati ) untuk belajar  menggunakannya.

Selain itu, semangat mereka muncul karena ada motivasi dan dorongan dari Bapak Soedarto untuk segera kursus, supaya tidak menunda-nunda lagi, “Toh, kalau bisa  keuntungannya  juga banyak, satu diantaranya, karena rata-rata mereka ini juga masih kuliah UT (Universitas Terbuka) untuk mengambil program  S1 dan tentunya prasarat kelulusannyapun salah satunya adalah  minimal tahu dan bisa mengoperasikan komputer, walau  tingkat dasar”, begitu ungkap Bapak Soedarto.

Latihan Pra ICT ini kami (LRC/MTT) maksudkan sebagai upaya  untuk mengenalkan  dunia TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) kepada PBS khususnya dan warga gugus pada umumnya. Sehingga pada saatnya nanti hibah ke II datang, kami semua sudah tidak awam lagi dalam hal ICT, selain dari itu juga kami mengakomodir keinginan kuat dari rekan-rekan PBS untuk belajar komputer agar  tidak sampai  mendapat julukan GAPTEKIN (Gagap Teknologi Komunikasi dan Informasi).

Waktu berlalu tanpa terasa. Ini disebabkan begitu antusiasnya  rekan-rekan ini  bertanya.  Mulai dari cara memegang mouse, sampai bagaimana  cara mengetik  dengan sepuluh jari  dengan bantuan program “Typing Master Pro”. Suasana  jadi ramai dan gembira. Kita jadi seperti menertawakan diri kita sendiri, menyadari  bahwa ternyata kita sangat ketinggalan jauh dengan anak ataupun cucu kita dalam hal teknologi.

Sungguh merupakan hal yang baru bagi peserta, di pelatihan ini mereka merasa slow and fresh dan tidak malu-malu  untuk bertanya apa saja yang  menurutnya kurang dipahami. Syukurlah, kami dipandu oleh instruktur muda, yakni Mas Agus Firman,  yang cukup sabar menuntun ibu-ibu guru yang haus  akan pengetahuan tentang komputer ini.

dscf16071Tekun mengikuti Pelatihan Dasar Komputer di PSBG Dwarawati Blora.

Adapun materi di pelatihan hari pertama ini antara lain :

  • Mengenalkan dunia TI (Teknologi dan Informasi) kususnya komputer.
  • Manfaat dan kegunaan komputer.
  • Cara menghidupkan dan mematikan komputer.
  • Pengertian Hardware dan Software. 

Metode  yang digunakan oleh instruktur adalah Learning by Practicing (Belajar sambil Praktek), karena menurutnya, memang strategi belajar  ini yang tepat buat pelatihan bagi ibu-ibu guru tersebut.

Tak terasa waktu telah menunjukkan pukul 13.00 WIB dan ibu-ibu  baru sadar bahwa tugas  sebagai ibu rumah tanggapun sudah menunggunya di rumah.  Dan pada akhir pelatihan ini  kami sepakat  untuk  melanjutkan di hari berikutnya  dengan menambah jadwal pelatihan menjadi 2x dalam 1 minggu , yaitu Rabu dan Sabtu. Sedangkan untuk jamnya kami geser  menjadi jam 14.00 sampai 16.15 WIB. Hal ini kami lakukan sebagai antisipasi  dan kesepakatan, agar tidak mengganggu jam mengajar  di sekolah maupun jam kerja rumah tangga di rumah.

Mudah-mudahan pelatihan ini nantinya akan banyak diikuti oleh warga gugus setelah kami  mengadakan sosialisasi program ke masing-masing SD/MI  se-Gugus Abu Umar  Kabupaten Blora…………..Amiin !!!!

 –Telah disunting oleh Aflah, ICT Assistant DBE 2 Jawa Tengah

Iklan

11 Tanggapan

  1. Wah, jadi kangen ke SDN Kauman I lagi. ini sekolah saya ketika SD dulu. banyak memori yang menyenangkan deh dengan semua gurunya. tapi sebagian sudah pada pensiun. Salam untuk Ibu sumarsih, bu Yun, bu Siti, bu Puji, dll yang masih mengajar di sana. Program PSBG-nya keren!! Jadi bangga pernah sekolah di sana. Siapapun yang bertanggung jawab sekarang, semoga tetap menjadi sekolah yang unggul di Blora dan terus maju, jangan pernah mundur. soalnya nanti saya jadi nggak bangga lagi. hehehe…

  2. Matur suwun, panjenengan (Bpk atau Mas Khusnul Aflah. ya ..saya memanggilnya ?) kerso mengedit tulisan saya, maklum , baru pemula, cuma modal nekat…..!!!

  3. Iya Bu sama-sama, panggil aja Mas hehe. Kami betul-betul sangat bangga.

  4. Saya Jadi pingin ikut tapi saya tidak termasuk anggota….
    pelatihannya untuk umum atau bagaimana?

  5. Ayo……sayang…!! datang aja di PSBG. Pelatihannya memang untuk bpk/ibu guru yang masih pemula. Tapi seru juga lho ! Apalagi sekarang bpk Pengawas TK/SD nya juga kerso gabung bersama kita. Jadi TAMBAH SEMANGAT…..!!!!

  6. Saya guru dari SD Sonorejo, Kab.Blora…Boleh ikut tidak ? karena SD Sonorejo bukan gugus Abu Umar ?
    Saya ikut ngisi komentar ini, karena anak saya yang bisa akses internet. Salam kenal…..

    • kepada bapak/ibu guru SD Sonorejo Blora.. Klo mau ikut,, silahkan saja.. Saya anak SMK N 1 Blora dan saya sudah ikut 2 kali pertemuan!! latihannya hari rabu dan sabtu jam 14.00 dan jum’at jam 13.00 di SD Kauman 1Blora… Terima Kasih!!

  7. Untuk bapak/Ibu guru dari SD sonorejo, Silahkan saja ikut. tapi maaf sementara peralatan masih kurang. jadi klo punya laptop bisa dibawa. Mungki Juga Anaknya bisa diajak sekalian. Biar Tambah Semangat….!!!

    Agus Firmansyah

    (Instruktur Komputer)

  8. Saya juga mau gabung bu.ninik….! apakah dulu alumni SMA I Blora ?

  9. Saya ikutan juga bu ninik !….Apakah bu ninik ini alumni SMA I “83 ? Kalau ya.. bukannya keluarga ada di Jakarta ?

  10. PSBG Dwarawati, semoga semakin maju dan bermanfaat untuk warga gugus maupun lingkungan sekitarnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: