Cerita Sukses dari "Workshop PSBG" di Gugus Ki Ageng Selo

Sudah hampir setahun yang lalu “Workshop PSBG” Gugus Ki Ageng Selo berlangsung. Namun tak ada salahnya cerita kami review kembali.  Kegiatan ini dilaksanakan tanggal 10 – 12 Juli 2008, bertempat SD Negeri 3 Selo, Tawangharjo, Grobogan, Jawa Tengah dan diikuti oleh Kepala Sekolah Dasar, 2 orang guru dan 1 orang Komite sekolah dari masing-masing sekolah binaan DBE 2 Jawa Tengah.

Workshop ini diselenggarakan dengan tujuan memperoleh kesepahaman bersama warga gugus agar dapat mengelola PSBG (Pusat Sumber Belajar Gugus) dengan baik. Kriteria PSBG yang baik tidak hanya ditentukan oleh gedung megah dan peralatan  canggih, tetapi ditentukan oleh bagaimana cara memanfaatkan barang- barang dan peralatan yang ada di PSBG agar dapat digunakan dan membantu para guru di dalam melaksanakan pembelajaran dengan pendekatan PAKEM (Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan).

Bertindak sebagai fasilitator dalam pelatihan ini adalah; DLC, LRC/MTT, PBS dan Pengurus Gugus. Dalam pelatihan ini,  peserta diberi materi pelatihan yang meliputi:

  1. Integrasi kegiatan PSBG dengan kegiatan lain.
  2. Pengenalan program hibah dari DBE 2.
  3. Penggunaan starter kit.
  4. Penggunaan alat perga murah dalam pembelajaran.
  5. Pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar.
  6. Pengenalan ICT (Information and Communication Technology).

Workshop PSBG ini dapat membuka wawasan para peserta khususnya guru bahwa didalam penyampaian materi pelajaran perlu adanya media (alat bantu/peraga ). Seperti yang diutarakan oleh Slamet,S.Pd salah seorang peserta mengatakan bahwa dengan pelatihan seperti ini akan menambah pengetahuan dan ketrampilan guru dalam mengelola pembelajaran di kelas. Melalui pelatihan ini membantu para guru untuk dapat membuat alat peraga dari bahan yang mudah didapat di lingkungan sekitar dan dapat memanfaatkan lingkungan sebagai sumber belajar bagi siswa.

Hadir pada acara penutupan pelatihan, Kepala Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Pendidikan Dasar Kecamatan Tawangharjo Kabupaten Grobogan, Bapak Sumartono, S.Pd., M.M. Dalam pidato sambutannya, beliau menyampaikan ucapan terima kasih yang sebanyak-banyaknya kepada DBE 2 Jawa Tengah yang telah membantu peralatan dan memberi pelatihan kepada warga gugus Ki Ageng Selo. “Semoga kegiatan seperti ini dapat membantu Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Grobogan dalam meningkatkan mutu pendidikan di lingkungan gugus Ki Ageng Selo khususnya dan Kecamatan Tawangharjo pada umumnya”, demikian ungkap Bapak Sumartono.

-Telah disunting oleh Aflah, ICT Assistant DBE 2 Jawa Tengah- 

Satu Tanggapan

  1. Selamat datang !!, Dan SUKSES untuk gugus Ki Ageng Selo Tawangharjo, Kab.Grobokan. Kita gunakan media ini untuk sharing antar gugus ya !!!!

    Kenalkan , saya dari gugus Dwarawati Kab Blora.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: