Studi Banding SD Se-Kecamatan Medan Marelan ke SD Binaan DBE2 USAID Sumatera Utara

Suasana Studi Banding

Suasana Studi Banding

Pada hari Kamis, 19 Maret 2009 SD se-Kecamatan Medan Marelan mengadakan Studi Banding ke SD Negeri 104242 Kecamatan Lubuk Pakam, sebagai salah satu sekolah Binaan DBE2 di Gugus Lubuk Pakam. Adapun tujuan kegiatan studi banding ini adalah SD Kecamatan Medan Marelan ingin mengetahui keberhasilan SD Binaan DBE2 khususnya SD 104242 Lubuk Pakam dalam hal administrasi sekolah, penataan ruangan, strategi pembelajaran di kelas dan penatan lingkungan sekolah untuk dapat di contohkan diimbaskan pada SD Kecamatan Medan Marelan.

Peserta studi banding berjumlah18 orang yang terdiri dari 2 orang pengawas TK/SD dan 16 orang Kepala Sekolah. Acara tersebut dihadiri oleh Kepala Cabang Dinas Pendidikan dan Olah Raga Kecamatan Lubuk Pakam yakni Bapak Drs. Hamdan Lubis sekaligus beliau membuka acara temu ramah kepada peserta Studi banding di ruang Kepala Sekolah SD Negeri No 104242 Lubuk Pakam. Pada acara temu ramah tersebut terjadi tanya jawab antara peserta dengan Kepala Sekolah SD Negeri 104242 Lubuk Pakam tentang usaha yang dilakukan oleh sekolah untuk memajukan sekolah dan bagaimana menjalin hubungan yang baik antara kepala sekolah dan guru dan juga stakeholder lainnya. Pertemuan berjalan dengan suasana kekeluargaan.

Pada kegiatan selanjutnya peserta dibagi menjadi beberapa tim kelompok kecil yang mana satu kelompok khusus mengobservasi proses belajar mengajar di dalam kelas, satu kelompok melakukan observasi di lingkungan sekolah sekaligus melakukan tanya jawab dengan guru pemandu tentang cara sekolah untuk menata dan menjaga lingkungan sekolah, satu kelompok khusus dengan komite sekolah, satu kelompok khusus untuk PSBG dan satu kelompok lagi khusus untuk kepala sekolah.

Peserta studi banding sangat puas dengan pelayanan yang diberikan oleh guru, kKepala sekolah dan komite, hal ini terlihat dari kata-kata terakhir yang mereka sampaikan pada acara penutup dan mereka juga berharap akan melaksanakan success story dari SD Negeri 104242 Lubuk Pakam, dan mereka berharap sepenuhnya kepada DBE2 agar nantinya mengikut sertakan sekolah yang ada di Kecamatan Medan Marelan menjadi binaan DBE2. Karena Kepala Sekolah SD Negeri 104242 Lubuk Pakam Ibu Hj. Jerniati Sitompul, S.Pd menyampaikan bahwasannya keberhasilan sekolah ini semuanya berkat dari program DBE1 (Managemen Kepala Sekolah) dan DBE2 (Kegiatan belajar mengajar).

Kegiatan selanjutnya peserta studi banding mengunjungi satu lagi SD binaan DBE2 Gugus Lubuk Pakam yakni SD negeri No 101900 Kepala Sekolahnya bernama Dra. Hj. Mahanim.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: