Kunjungan Tim Monev Sekretariat Negara di Kabupaten Pangkep : “Pelita Ilmu” Penerang dalam Kegelapan

Jam baru menunjukan pukul 06.30 WITA, hiruk-pikuk tampak terlihat di kantor DBE Sulawesi Selatan, hari Kamis tanggal 7 Mei 2009 tidak seperti biasanya. Beberapa orang staf berkemas-kemas mempersiapkan diri bergabung dengan Tim Monitoring Evaluasi Sekertariat Negara bersama tim USAID dari Kedutaan Besar Amerika Serikat di Jakarta. Bagai acara seremonial saja, satu persatu mobil yang akan mengangkut tim sudah siap di pelataran parkir. Tak berselang beberapa saat, tim meninggalkan Makassar menuju kabupaten Pangkep, tepat pukul 07.15 WITA.

Suasana Kota Makassar, hari itu tidak seperti biasanya, pasalnya keesokan hari (8 Mei 2009) pelantikan Walikota Makassar pertama melalui ”Pilkada Langsung” akan digelar. Suasana yang demikian tak menyurutkan mobil yang mengangkut tim meluncur dengan mulus melewati jalan tol Ir.Sutami yang belum berumur 1 tahun. Penulis berada di mobil pertama sebagai tim perintis melaju dengan kecepatan normal meninggalkan kantor DBE lebih awal. Di benak penulis terbersit perasaan yang bercampur aduk dengan prasangka positif atas program pendidikan dasar yang telah bergulir hampir 5 tahun di Propinsi Sulawesi Selatan.

Tim Monev Sekretariat Negara, USAID, DBE 1,2, dan 3 Sulawesi Selatan tepat jam 08.15 tiba di kabupaten Pangkep disambut MTT 1 dan 2, Kepala dan guru TK Anrong Appaka kecamatan Pangkajene kabupaten Pangkep. Ruangan kelas TK yang dibangun dengan swadaya masyarakat atas dukungan pemerintah kabupaten berdiri sederhana membinan anak-anak bangsa yang dipersiapkan memasuki Sekolah Dasar. Diskusi menarik antara Tim Monev Sekretariat Negara,USAID, DBE Sulawesi Selatan, dan stakeholders lokal, antara lain Kepala Bidang Pra Sekolah dan Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan kabupaten Pangkep, Ilham Aburaerah, Pengawas TK/SD, masyarakat dan Lurah setempat.

Tak henti-hentinya, Tri Mulatasih dan Eva Dilaila Tim Monev Biro Kerjasama Luar Negeri-Sekretrariat Negara RI, didampingi Joan Larcon, Nonni Handayani dari USAID Jakarta, Widya Prasetyanti Program Manager HKI-USAID, Nasuad Tawang (Bappeda Sul-Sel), Andi Buliana (Dinas Pendidikan Sul-Sel) bersama Provincial Coordinataor DBE 1, Prof. Asfah Rahman, Provincial Coordinator DBE 2, David Ehrmann, Provincial Coordinator DBE 3, Azhar Arsyad, berdiskusi dan melihat langsung seputar perkembangan program, manfaat yang diperoleh, keberlanjutan, dan penerimaaan serta  partisipasi stakeholders, di tengah-tengah keasyikan guru TK membelajarkan murid-muridnya.

Kunjungan dilanjutkan di SDN 28 Tumampua II dan PSBG “Mabbulosibatang” yang terletak di Kota Pangkajene. Kedatangan rombongan disambut antusias siswa dan guru dengan tari ”Ganrang Bulo”, produksi sekolah tersebut. Tim Monev melakukan interview seputar keberadaan program DBE 2 di sekolah-sekolah binaan bersama stakeholders setempat. Hal yang sama di lakukan di MTs Negeri Ma’rang, yang berjarak 20 Kilometer arah Utara Kota Pangkajene. Tim Monev mengakhiri kunjungan di SDN 14 Bonto-Bonto dan Pusat Sumber Belajar Gugus (PSBG) ”Pelita Ilmu” di Kecamatan Ma’rang, bertepatan peluncuran perdana terkoneksinya PSBG ini dengan jaringan internet yang dibangun secara swadaya, menyusul saudara kembarnya PSBG “Karya Mandiri Guru” Gugus 1 Mamajang Kota Makassar yang sejak tahun 2008 telah terakses pula dengan jaringan internet.

Walaupun lokasi PSBG “Pelita Ilmu” berada di luar kota atau daerah pedesaan, tidak menciutkan pengurus untuk berupaya mengakses informasi global melalui jaringan internet. Dengan swadaya murni Pengurus PSBG “Pelita Ilmu” menjadi penerang dari kegelapan guru-guru, Kepala Sekolah, siswa-siswa dalam lingkup Gugus 2 Ma’rang untuk mengakses informasi dan tidak gagap teknologi. Peluncuran koneksi internet ini bagai pelepas dahaga stakeholders pendidikan memanfaatkan teknologi informasi untuk meningkatkan kompetensi menuju peningkatan kualitas pembelajaran.

Pengurus PSBG Peliata Ilmu, PC DBE2 Sul-Sel, dan Tim Monev Sekretariat Negara RI, Bidang Kerjasama Luar Negeri sedang berdialog seputar pengelolaan PSBG.

Pengurus PSBG Peliata Ilmu, PC DBE2 Sul-Sel, dan Tim Monev Sekretariat Negara RI, Bidang Kerjasama Luar Negeri sedang berdialog seputar pengelolaan PSBG.

Joan Larcon, Nonni Handayanai, serta Tri Mulatasih diberbagai kesempatan tak henti-hentinya memberikan apresiasi positif yang ditunjukkkan oleh warga pendidikan di kabupaten Pangkep dengan semangat pantang menyerah,bahu-membahu mencerdaskan anak bangsa melalui program DBE2, atas dukungan masyarakat dan pemerintah kabupaten.

3 Tanggapan

  1. Trims informasinya, kalau bisa foto-foto di upload juga dong…

  2. Berita bagus Pak!!! Wah mana nih fotonya?

  3. Good news… Hidup Pak Mallarangan!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

<span>%d</span> blogger menyukai ini: