Membangun Budaya Baca di Kecamatan Jati Kabupaten Blora

Safari Hardiknas Kabuaten Blora, pagi tadi berjalan dengan sukses. Di hari pertama ini Bapak Bupati yaitu Drs. R.M. Yudi Sancoyo, yang direncanakan membuka secara resmi berhalangan hadir dikarenakan sedang bertugas ke Jakarta. Kecamatan  Jati, yang berjarak kurang lebih 45 km dari Blora kota ke arah selatan dan kecamatan paling ujung sebelah selatan  yang berbatasan dengan Desa Sulur Kecamatan Wirosari Kabupaten Grobogan dengan waktu tempuh kurang lebih 2 jam perjalanan adalah sasaran pertama safari ini.

Iring-iringan 8 mobil yang terdiri : 2 unit mobil pintar yang berisi buku-buku bacaan, 1 unit mobil non formal dari warga belajar / SKB,   1 unit mobil pembelajaran, dan 4 mobil yang membawa para pejabat dari Dinas Pendidikan Kabupaten yang dipimpin oleh Ibu Retnani Widowati, berangkat dari Blora pukul 8.20 WIB.

Jam 10.30 WIB rombongan tiba di SMP Muhammadiyah Kecamatan Jati disambut dengan meriah oleh parade drumband dari siswa-siswi SMP Muhammadiyah.  Acara dibuka dengan pidato singkat dari Ibu Retnani Widowati di hadapan Bapak Ibu Perangkat Desa, Komite, orang tua murid, masyarakat dan siswa-siswi SD, SMP, MI Muhammadiyah, dan siswa-siswi SD sekitarnya yang berjumlah kurang lebih 250 orang.

Safari Hardiknas tahun 2009 ini bertemakan “Meningkatkan Layanan Pendidikan, menuju Masyarakat Blora yang Wasis, Waras dan Waspada lewat Pelayanan Taman Bacaan Keliling (Mobil Pintar)”. Kegiatan ini merupakan baru pertama kali ini di ujicobakan dengan harapan dapat dilaksanakan rutin setiap tahun, sehingga dapat membudayakan masyarakat untuk gemar membaca ataupun mendapatkan sumber pembelajaran dari media yang lain yakni akses internet, kursus ketrampilan ataupun dengan melihat tayangan film yang bernuansa pendidikan, demikian petikan harapan Bupati dalam sambutannya yang dibacakan oleh Ibu Retnani Widowati.

Setelah acara pembukaan selesai, masyarakat dan siswa dapat memilih ruang mana yang menarik buat mereka . Di arena lapangan SMP Muhammadiyah yang biasanya sepi, mendadak hari ini begitu ramai berseliweran anak-anak maupun orang dewasa berebut untuk menyaksikan beberapa acara yang digelar di halaman SMP Muhammadiyah tersebut.

dscf1677Bpk  S.Yahya selaku ketua panitia pelaksana di Kec Jati melaporkan

kepada Ibu Retnani  di ruang Singgah.

dscf1661dscf1663dscf16651

Mobil “Pintar” diserbu anak-anak

dscf1667dscf1670

 

 

 

 

Di Ruang C. Anak-anak memperhatikan  cara mengakses internet

dscf1673

dscf1675

 

 

 

Ibu-ibu dari SKB sedang demo masak “cendol dari ubi” dan Ibu Sumarsih mengampu pembelajaran Matematika

Setelah  bersama-sama menyaksikan ”Film Laskar Pelangi “.  Pukul 3.30 WIB acara di tutup oleh Ibu Retnani W ” dengan alunan pantun buah karya beliau

  • Jalan-jalan di kota Blora
    Tidak lupa beli Semangka
  • Mari kita tingkatkan budaya baca
    Agar hidup kita bahagia

 

 

 

 

 

 

12 Tanggapan

  1. Bpk Drs.Muh Musiran dan ibu (Kep sek SMP Muh Kec Jati )
    Terima kasih atas sambutan yang ramah , hangat dan luar biasa . SUKSES !!! Safari Hardiknas hari pertama.

  2. Hallo…!!! Dik Aflah….Mohon dibenerin gambarnya ya ! ngaturnya saya belum bisa. Matur nuwun.

  3. Angkat topi dengan kegiatan yang baru pertama di “Launching” oleh Dinas Pendidikan Kab. Blora, apalagi dikemas dengan unsur “entertaiment”, sepertinya sangat mengena dan disambut hangat oleh warga pendidikan yang berada jauh di pelosok pedesaan. Tapi ada yang kurang pas dimana dikatakan dihadiri tidak kurang 250 warga tapi difoto/ gambar yang ditampilkan kok tidak terlihat..?? yang kedua kalau bisa jangan dijadikan acara tahunan tapi “triwulanan” hal ini akan semakin merangsang anak-anak didik dan orang tua untuk semakin maju.

  4. Wah, sangat mengagumkan kegiatannya. Sukses untuk penyelenggaranya!!! Salut juga buat yang sudah menuliskan dan membagi berita sukses tersebut di Blog ApaKabar PSBG!!!

  5. Sebenarnya foto – fotonya masih banyak, ….. Mas Gora ! boleh gak kita posting banyak fotonya ? ..Ntar ..takutnya gak boleh lagi…..!!!!!

  6. Hallo… bu ninik / siti nuraini…….sekarang berdomisili di Blora ?… Salam buat keluarga ya !. Bang Ozy sekarang dpt job dmn ?

  7. Bangga sekali saya dengan kota kelahiranku ini.!!! Jadi kangen ingin pulang “balik ndeso”

  8. Gak salah kalau Blora pernah mencanangkan sebagai Kota wisata pendidikan. Benar ndak?

  9. Mari Membangun Bumi Nusantara Yg Berbudi Pekerti Luhur.

    Sabdalangit’s web
    (jalan setapak menggapai spiritualitas sejati)

  10. Selamat juga buat bapak ibu MTT yang menjadi bagian dari kegiatan ini, semoga menjadi semangat untuk lebih lagi; lebih baik, lebih maju, lebih cepat, hehehehe, bukan kampanye lho?

  11. Hallo…hallo ..!! foto drumbandnya kok hilang, ?? Sedang tulisan di bawah foto masih ada, Jadi kurang bagus dong , betul nggak ?? . Siapapun yang menyunting
    …..hayo..!! …..Dikembalikan lho ya !!

  12. Sukses penyelenggaraannya, tapi sayang blora biasa memakai jam karet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: