PSBG ‘Taman Kreatif, Tempat Siswa SD Binaan DBE 2 Meningkatkan Kemampuan Komputer

Ditulis oleh: Abdi Rufinus Tarigan
DBE 2 Sumatera Utara, Communications Coordinator

Keberadaan Pusat Sumber Belajar Gugus (PSBG) kini tidak hanya menjadi tempat para guru meningkatkan profesionalitasnya. PSBG Taman Kreatif, Kota Tebing Tinggi, misalnya, juga digunakan para siswa dari sekolah binaan DBE 2 untuk belajar komputer secara gratis.

Delapan dari sepuluh sekolah binaan DBE 2 (SDN 163088, SDN 165728, SDS Taman Siswa, SDN 167645, SDN 164526, SDN 164330, MIS Teladan Guppi, SDS Ma’Arif) menggunakan komputer di PSBG Taman Kreatif untuk belajar. Seperti yang terjadi pada hari Senin, 15 Juni 2009, sepuluh siswa dari SDN 163088 dan SDN 164526 sedang belajar pengenalan komputer dan Microsoft Word dari pukul 14.00-15.30 sore.

Salah seorang siswa Kelas IV SDN 163088, Gilang Ramadhan Lubis saat diminta tanggapannya mengatakan, ia pertama kali mengenal komputer setelah belajar di PSBG Taman Kreatif. “Saya baru tahu cara membuka komputer, menghidupkannya dan mengetik kata-kata setelah saya belajar di sini,” ujarnya.

Sementara itu, Hafiz Roziin Ilmi, siswa kelas IV SDN 164526 mengatakan, ia senang belajar di PSBG karena gurunya ramah-ramah dan komputer yang ada di PSBG cangih.
“Selain tahu komputer, saya juga mendapat teman-teman baru dari sekolah lain. Jadi saya makin banyak teman, jika belajar di sini,” katanya penuh semangat. Dengan penuh serius sekitar sepuluh siswa dan siswi belar mengetik word. Mereka dilatih oleh MTT PSBG Sugiarto dan guru dari sekolah masing-masing.

Usai pelatihan, sejumlah siswa mengungkapka rasa senangnya. Namun mereka berharap agar komputer di PSBG Taman Kreatif dapat dilengkapi dengan printer dan komputer yang rusak diperbaiki.“Kami ingin ada printer jadi kami bisa mencetak apa yang sudah kami ketik,” ujar siswa yang lain.

Sementara itu, DLC Padang Hilir, Bapak Sarwono, MTT Padang Hilir, Bapak Nandang Asyik, dan MTT PSBG, Bapak Sugiarto mengatakan, siswa dari sekolah binaan belajar sesuai dengan jadwal yang telah disusun.

Siswa dan siswi SD binaan DBE 2 di Padang Hilir sedang belajar komputer di PSBG Taman Kreatif

Menurut mereka, latar belakang siswa belajar komputer di PSBG Taman Kreatif adalah untuk meningkatkan keterampilan dan kecerdasaan siswa binaan DBE 2. Selain itu, sepuluh sekolah binaan tersebut merencanakan akan mengelar lomba kemampuan komputer bagi sekolah binaan di bulan Agustus mendatang.

“Jadi, dengan semakin banyak latihan, kemampuan komputer siswa akan semakin baik,” kata mereka.

img_09502

 

Kontribusi sekolah

Selama ini, sepuluh sekolah binaan DBE 2 di Gugus Padang Hilir telah memberikan kontribusi bagi keuangan PSBG Taman Kreatif. Semua sekolah binaan membayar iuran sebesar Rp200,000 per bulan. Iuran PSBG tersebut digunakan untuk membiayai operational PSBG, seperti membayar iuran internet setiap bulan, mengganti kerusakan alat-alat belajar di PSBG, dan juga membayar transport guru binaan jika berkunjung ke PSBG.

“Dengan demikian, kita tidak sulit membayar kebutuhan PSBG. Jaya terus PSBG Taman Kreatif” kata Sekretaris PSBG Taman Kreatif, Iman Taufik.

*****

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

<span>%d</span> blogger menyukai ini: