Program Transisi TK Dimulai dari Makassar: Lebih Cepat Lebih Baik untuk Melanjutkan Program DBE 2

Bulan Juli 2009, adalah puncak kegiatan di BBE2  Sulawesi Selatan. Betapa tidak?, di bulan ini berbagai rangkaian kegiatan yang akan dan telah diluncurkan untuk melanjutkan program, tak terkecuali program transisi di Taman Kanak-Kanak binaan. Program transisi di TK binaan adalah sebuah program percontohan untuk TK, yang dikembangkan oleh DBE 2, Pustekkom dan Universitas Terbuka (UT), terdiri dari satu paket bahan untuk sekolah-sekolah yang berpartisipasi dan satu seri kegiatan pelatihan guru. Paket tersebut mengusung nama Paket Program Audio Interaktif (PAI).

Realisasi dari keinginan agar program ini dapat berkelanjutan adalah dilaksanakannya TK Transition and CRC Managers PSBG Training, yang diikuti oleh Kepala Sub Dinas Pra Sekolah dan Pendidikan Dasar, Pengawas TK/SD, MTT, Kepala dan Guru TK binaan, serta Manager PSBG DBE 2 Sulawesi Selatan di Makassar, yang berlangsung tanggal 15 sampai 17 Juli 2009. Difasilitasi oleh Octavia Mantik (DBE 2 Jakarta) dan Yudha Yunus (DBE 2 Sulawesi Selatan), pelatihan ini berjalan sesuai rencana dengan tujuan seluruh stakeholders dapat melanjutkan program ini melalui program reflikasi atau desiminasi. Salah satu agenda sesi pelatihan yang menarik bagi peserta adalah transisi dari guru menjadi pelatih untuk melanjutkan program secara mandiri atau dibiayai oleh Pemerintah kabupaten/kota.

Mengapa melibatkan Managers CRC atau PSBG?.

Program reflikasi atau desiminasi bertujuan untuk menyebarluaskan,memasyarakatkan Program Audio Interaktif di luar TK binaan. Kehadiran PSBG di setiap gugus binaan menjadi wadah yang representatif untuk menjalankan program ini. Penempatan PAI-TK di PSBG sesungguhnya bertujuan mulia untuk promosi program, agar memungkinkan lebih banyak guru TK dan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) yang memiliki akses ke program Audio Interaktif  dan membantu dalam hal pendiseminasian Paket PAI ke lebih banyak sekolah di dalam gugus, selain untuk mengenalkan guru TK dan PAUD akan keberadaan Pusat Sumber Belajar Gugus (PSBG) dan menjadikan sebagai tempat dimana guru-guru binaaan dapat berbagi Paket PAI dan pengalaman dalam penggunaan Paket PAI dengan rekan-rekan guru lainnya, sebagaiamana fungsi PSBG untuk pertemuan,pengembangan profesi,informasi, dan produksi.

Material yang tercakup dalam Paket PSBG-TK adalah:
1. Paket PAI (sebanyak 2) terdiri dari: 1 CD player, 106 CD 35-40 menit program audio,panduan guru, 4 poster dan lembar kerja siswa, kartu angka dan kartu huruf (masing-masing 1 set).
2. Kelengkapan IAi DI PSBG: Baterai untuk CD player, buku panduan diseminasi Paket PAI, CD yang berisi soft copies dari semua materi cetak (panduan guru,poster, kartu angka, kartu huruf, lembar kerja siswa, dan catalog alat peraga murah), CD yang berisi file audio 106 program, katalog alat peraga murah.

Salah satu aktifitas "TK Transition Training" yang difasilitasi oleh Octavia Mentik

Salah satu aktifitas "TK Transition Training" yang difasilitasi oleh Octavia Mantik

Peserta "CRC Managers PSBG Training" bersama Fasilitator berfose usai acara penutupan

Peserta "CRC Managers PSBG Training" bersama Fasilitator berfose usai acara penutupan

Iklan

Satu Tanggapan

  1. tulisan yang sangat bagus, kritis dan membangun…. trim’s

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: