PRAKTEK TERBAIK ADALAH IKHLAS DALAM BERKARYA DAN BERUBAH KE ARAH YANG LEBIH BAIK

Program DBE yang telah memasuki tahun kelima keberadaannya di Propinsi Sulawesi Selatan memberikan sumbangsih yang signifikant bagi peningkatan kualitas pendidikan di daerah ini. Program hibah dari masyarakat Amerika Serikat,  membangunkan kita untuk terus memperbaiki diri dan  berubah ke arah yang lebih baik.

Lokakarya keberhasilan DBE dan diseminasi ”Good Practices” yang diawaki oleh Asfah Rahman (PC DBE1), David Ehrmann (PC DBE2), dan Azhar Arsyad (PC DBE3) setidaknya memberikan pencerahan kepada segenap stakeholders pendidikan dan pemerintah daerah tersebar  di 9 kabupaten dan kota yang telah disentuh oleh program DBE (Makassar,Pangkep,Jeneponto,Pinrang,Sidrap,Enrekang.Luwu,Palopo dan Soppeng) untuk berbagi pengalaman dengan daerah yang belum tersentuh program DBE, seperti propinsi Sulawesi Barat, kabupaten Selayar, dan propinsi Sulawesi Tenggara sebagai participant Lokakarya yang berlangsung 27 sampai 28 Juli 2009 di Makassar,  diikuti oleh 100 orang peserta, dan beberapa orang peninjau dari DBE 1,2, dan 3 Jakarta, pejabat Departemen Pendidikan Nasional dan Departemen Agama serta USAID.

Sambutan pembukaan lokakarya yang dibawakan oleh Kepala BAPPEDA Propinsi Sulawesi Selatan, Tan Malaka Guntur memberikan apresiasi positif atas sumbangsih program DBE di Sulawesi Selatan, membangun pendidikan melalui program Manajemen dan Tata Laksana, Kualitas Pembelajaran di TK dan SD, serta program Life Skill dan Remaja di tingkat SLTP,  menoreh secercah harapan besar untuk diwujudkan dan dilanjutkan melalui program diseminasi ”Good Practice” pasca program ini berakhir, terutama bagi kabupaten dan kota yang belum terjamah oleh program DBE.

Lokakarya keberhasilan DBE dan diseminasi ”Good Practices” dimeriahkan dengan pameran,diskusi, dan studi lapang di sekolah-sekolah binaan DBE yang ada di Kota Makassar. Peserta yang terdiri dari unsur Dinas Pendidikan propinsi dan kabupaten atau kota, Departemen Agama kabupaten dan kota serta propinsi, BAPPEDA kabupaten/kota dan propinsi, DPRD kabupaten dan kota unsur Dewan Pendidikan kabupaten/kota dan propinsi.

Studi lapang atau kunjungan ke sekolah-sekolah binaan DBE yang tersebar di kota Makassar, mulai TK, SD/MI sampai SMP memberikan nuansa tersendiri bagi peserta lokakarya untuk berbagi pengalaman dan menimbah beberapa point penting keberhasilan DBE dan good practices yang terjadi selama dibina.

Salah satu sekolah binaan DBE 2 yang dikunjungi oleh beberapa stakeholder kabupaten dan kota serta dari Departemen Pendidikan Nasional, Ditjen PMPTK, Dr.Sediono,M.Si, dan Trias Subarkah dari Direktorat Pembinaan TK/SD, didampingi Arief  Sadiman dari DBE 2 Jakarta. Rombongan mengobservasi dan berdiskusi dengan pengurus yayasan, guru dan kepala sekolah TK Sulawesi Mamajang, dilanjutka ke SD Inpres Bertingkat Mamajang III dan PSBG Karya Mandiri Guru Kota Makassar.

Ada cerita menarik disela-sela kunjungan, ketika salah seorang rombongan bertanya kepada salah satu sekolah binaan bagaimana melakukan praktek terbaik?, dengan spontan kepala sekolah TK Sulawesi, Suriati mengungkapkan bahwa praktek terbaik itu adalah iklas dalam berkarya dan keinginan untuk berubah ke arah yang lebih baik, dengan wujud mensyukuri apa yang diberikan dan menjaga apa yang telah ada agar tetap lestari dan berkesinambungan. Program IAI TK yang dihibahkan DBE 2 memberikan banyak pembelajaran yang menarik bagi anak didik. Walaupun jumlah siswa kami hanya 26 orang, dan hanya satu orang guru status pegawai negeri, 2 orang guru sosial, tapi semangat dan keinginan untuk membimbing mereka tidak akan luntur ditengah hinga bingar kehidupan duniawi semata, unkapnya dengan yakin. Rombongan tersenyum manis sambil berujar, “luar biasa, semangat ternyata tidak selalu dapat diukur dengan rupiah”. Bagaimana caranya dengan jumlah siswa yang terbatas dapat membiayai dan mewujudkan program IAI dengan baik?, tanya salah seorang peserta. Dengan spontan pula ketua yayasan menjawab, kita lihat sendiri pak, buktinya!. Alhamdulillah,semua berjalan dengan baik”, dengan nada dan mimik serius.

Rombongan study Lapang peserta Lokakarya keberhasilan DBE di memberikan penghargaan di TK Sulawesi

Rombongan studi lapang peserta Lokakarya keberhasilan DBE memberikan penghargaan di TK Sulawesi-Mamajang Kota Makassar

Rombongan studi lapang peserta lokakarya yang disaksikan, Arif Sadiman (DBE2 Jakarta) sedang mencoba mengakses internet di PSBG Karya Mandiri Guru-Mamajang

Rombongan studi lapang peserta lokakarya yang disaksikan, Arif Sadiman (DBE2 Jakarta) sedang mencoba mengakses internet di PSBG Karya Mandiri Guru-Mamajang Kota Makassar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: