SECERCAH KEPERCAYAAN YANG ENGKAU BERIKAN AKAN KUBALAS DENGAN BAKTI

Kegiatan di bulan Juli dan Agustus 2009, terkhusus program DBE2 Sulawesi Selatan menyambut Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-64 patut untuk diabadikan. Betapa tidak, mulai lokakarya keberhasilan dan diseminanasi good practices sampai rencana besar menyelenggarakan video conferens (vicon) menggandeng Universitas Negeri Makassar (UNM) dalam rangka Dies Natalis yang ke-48 dapat terwujud atas kerja bareng tim DBE 2 dan UNM.

IMG_0520

Video Conferens yang digagas UNM sebagai perguruan tinggi mitra bersama DBE 2 merupakan ajang unjuk gigi dan pertaruhan harga diri program DBE 2 dalam mengaplikasikan Information and Comucation Technology (ICT). Gayungpun bersambut, rencana besar ini dimulai sejak awal bulan Juli dengan melibatkan tim ICT DBE 2 Jakarta dan Makassar bersama tim ICT UNM. Mulai pertemuan awal dan konsultasi rencana aksi dan komunikasi di kedua lembaga tersebut diintensifkan.

Rencana kegiatan atau hari “H” ditetapkan tanggal 1 Agustus 2009 bertepatan peringatan Dies Natalis UNM yang akan melakukan vicon dengan Pusat Sumber Belajar Guru (PSBG) yang dibina oleh DBE 2  Sulawesi Selatan. PSBG yang memenuhi syarat adalah yang memiliki koneksi dengan jaringan internet dan memiliki komitmen akan terselenggaranya pendidikan jarak jauh. Dari 18 PSBG yang ada, ditetapkan 3 PSBG yang memenuhi syarat,yaitu:

PSBG Karya Mandiri Guru, Mamajang Kota Makassar, PSBG Pelita Ilmu, Ma’rang Kabupaten Pangkep, dan PSBG Harapan Baru, Binamu Kabupaten Jeneponto terpilih dan ditetapkan sebagai lokasi vicon bersama UNM. Ketiga PSBG tersebut dianggap dapat menyelenggarakan vicon atas dukungan stakeholders lokal,antara lain: guru,kepala sekolah, pengurus PSBG,pengawas TK/SD dan Kepala UPTD/KCD Pendidikan setempat.

Tim DBE 2 Jakarta yang dikawal oleh W.Gora melakukan road show ke PSBG terpilih didampingi tim ICT DBE 2 Sulawesi Selatan, dibawah komando Mustamin Tewa terus menggeliat dan bekerja ekstra untuk menyiapkan segala infrastruktur yang dibutuhkan untuk menyelenggarakan vicon. Tidak ketinggalan ketua tim ICT UNM, M.Rusli tak henti-hentinya membangun komunikasi dengan tim DBE 2. Kerja bareng pun terlaksana disela-sela kesibukan sebagian tim DBE 2 menyelenggarakan lokakarya keberhasilan dan good practices. Prinsip sekali mendayung, dua atau tiga pulau terlampaui tidak dapat dipungkiri, ternyata terbukti.

Lokakarya DBE yang berlangsung tanggal 27 sampai 28 Juli yang dihadiri tim DBE 2 Jakarta tidak disia-siakan untuk pertemuan dengan tim UNM disela-sela acara. Seluruh persiapan baik software maupun hardware vicon telah diidentifikasi, diujicoba dan selanjutkan dilakukan gladi sepanjang tanggal 27 sampai 31 Juli 2009 (H-1).

Semangat kerja dan pantang menyerah menjadi modal utama tim ditengah-tengah pasang surutnya ujicoba vicon yang terkadang gagal atau ada kendala teknis yang sesegera mungkin harus diatasi, di dalam kondisi sarana  PSBG yang terbatas.
Penulis disaat tim sibuk memprsiapkan diri untuk vicon, tanggal 28 Juli 2009 (H-4) harus meninggalkan Makassar menuju kabupaten Pinrang untuk menyelesaikan tugas akhir sebagai anggota Module Implementation Team (MIT) melakukan Bantuan Profesional Sekolah (BPS) atau Pendampingan Tahap II Paket Matematika yang  juga harus dituntaskan di bulan Juli. Bagaikan buah simalakama, disatu sisi harus stand by di PSBG berkordinasi dengan tim ICT DBE 2, disisi lain harus menyelesaikan Paket Matematika. Sebagai pekerja, penulis dengan tenang tanpa keraguan menuju kabupaten Pinrang, dan mengamanahkan tugas ini dengan tim PSBG Karya Mandiri Guru untuk terus berkordinasi dengan penulis, tim ICT dan UNM via handpone atau email.

Tanggal 31 Juli 2009 (H-1) ketegangan menghantui tim ICT DBE 2 maupun UNM akan keberhasilan penyelenggaraan vicon yang akan dilaksanakan di Auditorium Ammana Gappa, Kampus UNM Gunung Sari. Acara ini akan dihadiri oleh Gubernur Sulawesi Selatan dan selanjutnya berkomunikasi dengan 3 PSBG, Kampus UNM Parepare, dan Kampus UNM Watangpone.

Ujicoba yang dilakukan sempat terganggu dengan conection, sound maupun visualisasi, akan tetapi kerja profesional yang ditunjukkan tim DBE 2 dan UNM dapat mengatasi segala rintangan yang  dihadapi dan kemungkinan terburuk yang akan terjadi dapat diantisipasi.

Penulis yang sementara perjalanan pulang ke Makassar dari kabupaten Pinrang (H-1) seakan ingin  agar cepat sampai di Makassar. Dengan penuh kesabaran dan pengalaman bekerja selama ini, membuat penulis tetap tenang untuk menghadapi hari “H”. Persiapan bahan dialog di vicon telah penulis susun, demikian pula dengan pembicara yang akan mewakili PSBG telah siap. Dalam hati dan pikiran penulis berucap bahwa secercah kepercayaan DBE 2 berikan kepadaku akan kubalas dengan bakti dan bukti walaupun dalam kondisi yang tidak bersahabat saat itu menghantui tim akan kegagalan vicon khususnya di PSBG Karya Mandiri Guru-Mamajang. ”Kupertaruhkan harga diri dan nama baik sebagai MTT, saya tak gentar dengan bayangan kegagalan, Ya Allah kuatkan hati dan pikiran hamba-Mu ini,Amin!”, ujar penulis setulus hati.

Alhamdulillah, akhirnya di hari ”H”, 1 Agustus 2009, PSBG Karya Mandiri Guru bersama 2 PSBG saudaranya dapat unjuk gigi melakukan vicon dan bertegur sapa jarak jauh dengan Rektor UNM (Prof.Dr.H. Arismunanadar,M.Pd) serta Gubernur Sulawesi Selatan (H.Syahrul Yasin Limpo,SH,M.Si,MH) yang tentunya disaksikan ribuan pasang mata civitas akademika UNM, tak ketinggalan PC DBE 2 Sulawesi Selatan (David Ehrmann) yang hadir secara langsung di UNM. Suatu kerja bareng yang tak akan pernah dilupakan, dan kado ulang tahun UNM yang ke-48, tempat penulis menimba ilmu selama kurang lebih 7 tahun. Prestasi spektakuler yang belum pernah dilakukan selama ini. Bravo tim DBE 2 dan UNM. Mantap Mentong!. Mari kita sambut kemerdekaan bangsa ini dengan terus berkarya.

Visualisasi video conferens di PSBG Karya Mandiri Guru-Mamajang Kota Makassar

Visualisasi video conferens di PSBG Karya Mandiri Guru-Mamajang Kota Makassar

Susana Pertemuan antara tim DBE 2 dan UNM membahas persiapan Video Conferens

Susana Pertemuan antara tim DBE 2 dan UNM membahas persiapan Video Conferens

4 Tanggapan

  1. Salut untuk tim DBE2 Sulsel! Senang bekerjasama dengan Anda semua! Semoga kegiatan ini dapat bermanfaat untuk pendidikan di Indonesia.

    • Terimakasih Mas gora, Maafkan diriku tak sempat menemani kemana-mana selama di Makassar. Terimakasih atas kerjasama yang ditunjukkan kepada kami, terutama semangat, kesabaran,ketekunan dan sikap profesionalisme yang dapat kami petik pelajaran dari Mas Gora.

  2. Saya selalu mengikuti berita-berita anda , P.Mallarangan, Salut…!!! Ingin sekali saya meniru/mencontoh kinerja anda yang energik dan selalu bersemangat untuk mengimplementasikan semua program2 DBE2. SELAMAT DAN SUKSES SELALU …….!!!

  3. Anda memank hebat…………!!! truslah berkarya coz anda menginspirasi tiap TIM agar berbuat yang terbaik u negri ini!
    mantaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaap…!!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: