REFLIKASI PROGRAM AUDIO INTERAKTIF TK: DISINI SENANG DISANA SENANG, DIMANA-MANA HATIKU SENANG!.

Lihatlah gaya mereka mengikuti intruksi dari cd audio interaktif

Lihatlah gaya mereka mengikuti intruksi dari CD audio interaktif

Mereka bagaikan murid TK yang sesungguhnya saat sesi simulasi pembelajaran audio interkatif

Mereka bagaikan murid TK yang sesungguhnya saat sesi simulasi pembelajaran audio interkatif

Kak Puteri, Iwan, Gaga, Baba, dan Bulan tidak pernah membayangkan sebelumnya bahwa peran yang disampaikan melalui Intruksi Audio Interaktif begitu populer dan menarik bagi seluruh guru dan kepala sekolah Taman Kanak-Kanak, tak terkecuali di Kota Makassar yang mengikuti program reflikasi, atas prakarsa dan kerja bareng TK Sulawesi yang merupakan binaan DBE 2, Ikatan Guru Taman Kanak-Kanak (IGTKI) kecamatan Mamajang, dan PSBG Karya Mandiri Guru.

Bulan…bulan di langit
Mengapa kau sendiri…

Mari turun ke bumi…
Bermain bersama kami…

Dua penggal syair lagu di program IAI terdengar syahdu dan mengalun lembut di telinga 30 orang peserta program reflikasi dari 10 Taman Kanak-Kanak di Mamajang. Sambil bergerak mereka secara bersama bernyanyi melebihi gaya dari murid TK yang selama ini mereka bina. Ulangi Bu..Tika…,ulangi Pak Amir…,lagunya…!,Ha…ha…ha… .

Program reflikasi yang dilaksanakan di PSBG Karya Mandiri Guru bertepatan tanggal 13 Agustus 2009 difailitasi oleh Guru TK Sulawesi dan MTT menambah semangat dan semarak dalam rangka HUT RI ke-64 untuk terus memacu diri dan meningkatkan kapasitas guru TK. Program IAI yang dirancang secara teliti dan disusun secara profesional berdasarkan kebutuhan guru dan murid TK dengan melibatkan tim Universitas Terbuka, Pustekom Depdiknas, dan DBE2, memberi pencerahan dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di TK dan PAUD melalui penggunaan CD Player dan audio.

Sesi-sesi pelatihan dilaksanakan secara runtut mulai memperkenalkan program IAI, Struktur dan muatan program sampai pada simulasi penggunaan CD Player serta pembelajaran dengan menggunakan IAI. Pelatihan yang dikemas seolah berada dalam dunia nyata ruang kelas TK menambah semarak pelaksanaan reflikasi. Lagu,gerak,bermain tak henti-hentinya menghiasi setiap sesi pelatihan.

Disini senang,disana senang…
Dimana-mana hatiku senang…
Di rumah senang di sekolah senang
Dimana-mana hatiku senang…

Tangan dilambai-lambai
Kaki disentak-sentak
Pinggul digoyang-goyang
Balik kanan…
Tangan dilambai-lambai
Kaki disentak-sentak
Pinggul digoyang-goyang
Balik kanan…

Riuh-rendah suara tawa tak henti-hentinya menghiasi peserta. Elly dan Syamsam Nuhung salah seorang guru dan kepala sekolah mengungkapkan apresiasi dan ketertarikannya untuk segera mengaplikasikan program IAI di sekolahnya masing-masing, jika material program IAI sudah mereka gandakan. Mereka ingin segera bermain di negeri ajaib, pintanya disertai mimik yang riang gembira.

2 Tanggapan

  1. Info yang sangat menarik, dan membangun…. trim’s

  2. Terimakasih!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: