Kadis Pendidikan Dairi Tinjau Pagelaran Seni dan Pameran Alat Peraga Murah di PSBG Bersama Sidikalang

Ditulis oleh: Abdi R Tarigan
Communications Coordinator DBE 2 Sumatera Utara

Para pengurus Pusat Sumber Belajar Gugus (PSBG) ‘Bersama’ Kabupaten Dairi mengadakan kegiatan pameran dan pegelaran seni dan alat peraga guru dan siswa gugus Sidikalang pada Kamis 13 Agustus 2009 di SDN 034781. Kegiatan tersebut terlaksana berkat kerjasama semua pengurus PSBG Bersama beserta dengan sembilan sekolah binaan DBE 2 gugus Sidikalang.

Acara tersebut dibuka secara resmi oleh Kadis Pendidikan Dairi Drs. DT Padang MM yang dihadiri oleh Ketua Dewan Pendidikan Dairi Saulus Perangin-angin, Komite Sekolah Dr. Abdul Angkat SH, Kakandepag Dairi, para orang tua murid.

Kadis Pendidikan dalam sambutannya mengatakan, terpilihnya kabupaten Dairi sebagai salah satu distrik binaan DBE 2 merupakan hal yang membangakan karena seleksi dilakukan oleh DBE pada sejumlah kabupaten dan kota di Sumatera Utara.

“Kehadiran DBE 2 benar-benar membantu meningkatkan sumber daya manusia, khususnya tenaga pendidik dan siswa di Dairi. Sumber daya alam di Dairi cukup berlimpah, karena itu ke depan dibutuhkan manusia yang cerdas bisa mengolahnya dan ini sudah dimulai dari peningkatan mutu pendidikan dasar,” ujarnya.

Kadis Pendidikan Dairi  Drs. DT Padang MM memberikan sambutan

Kadis Pendidikan Dairi Drs. DT Padang MM memberikan sambutan

 Dari sisi peringkat mutu pendidikan, kata Kadis lagi, Kabupaten Dairi saat ini menempati peringkat 10 besar di Provinsi Sumatera Utara. Dalam lomba olimpiade nasional, siswa utusan Kabupaten Dairi meraih juara 2 lomba olimpiade Matematika tingkat nasional.

Keberhasilan memajukan pendidikan, tambah Kadis, karena peran serta semua pihak termasuk kehadiran DBE 2 di Kabupaten Dairi. Oleh karena itu, Dinas Pendidikan Dairi telah merencanakan jika DBE telah berakhir, maka pemerintah kabupaten akan menindaklanjutinya dengan mereplikasi program DBE 2 tidak hanya di Gugus Sidikalang dan Sumbul saja, tetapi hampir kepada semua kecamatan lain di Kabupaten Dairi.

“Rencana itu juga kita kemukakan saat acara loka karya di Medan beberapa hari yang lalu dan saya yakin hal ini akan didukung oleh DPRD,” kata Kadis yang disambut dengan tepuk tangan oleh seluruh undangan pameran.

Usai memberikan sambutan Kadispun meninjau pameran alat peraga murah hasil karya guru dan siswa binaan sembilan sekolah binaan di Gugus Sidikalang. Kadis kagum dengna hasil karya siswa dan murid tersebut dan berharap guru dapat menerapkanya dalam kegiatan belajar dan mengajar sehari-hari.

kadis meninjau pameran didampingi oleh anggota DPRD Dairi Dr. Abdul Angkat SH.

kadis meninjau pameran didampingi oleh anggota DPRD Dairi Dr. Abdul Angkat SH.

Acara tersebut sangat meraih karena diisi dengan pagelaran kesenian tarian etnis oleh sembilan sekolah binaan DBE 2. SDN 0302284 menampilkan tarigan etnis Batak Karo, SDN 030285 menampilkan tarian tor-tor etnis Batak Toba. Sementara itu, SDN 030287, SDN 030288, SDN 034779, SDN 034779, SDN 034779,SDN 034281 dan SN Inpres Kalang Simbara menampilkan tarian etnis Pakpak. MIN Sidikalang dan MIS Pesantren Sidiangkat menampilkan drama tsunami.

Siswa binaan DBE 2 di Sidikalang menampilan tarian etnis

Siswa binaan DBE 2 di Sidikalang menampilan tarian etnis

Acara tersebut juga mendapat perhatian dari masyarakat dan orang siswa yang sangat gembira menyaksikan putra-putrinya menampilkan tarian etnis dan alunan musik yang menambah semangat, sebuah implemtasi dari pembelajaran aktif, kreatif, dan menyenangkan (PAKEM). Masyarakat, orang tua, dan siswa juga menyempatkan waktu melihat pameran alat peraga hasil karya guru dan siswa

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: