PSBG ‘Cemerlang’ Sibolga Selatan Mengembangkan Program ke Sepuluh Sekolah Non Binaan DBE 2

SDN 085118, salah satu sekolah non binaan DBE 2 meraih juara I dalam lomba kreativitas pembuatan Alat Peraga Murah (APM) di PSBG Cemerlang di Gugus Sibolga Selatan. Keberhasilan sekolah non binaan ini sebagai suatu prestasi yang membanggakan, karena sekolah non binaan kini tertarik untuk turut serta mengikuti program DBE 2 Sumatera Utara.

Sejak Juli 2009, pengurus PSBG Cemerlang mensosialisasikan pengembangan penggunaan PSBG kepada sepuluh sekolah non binaan di Gugus Sibolga Selatan. Kesepuluh sekolah non binaan tersebut masing-masing: SDN 081236, SDN 081237, SDN 081238, SDN 085118, SDN 081228, SDN 081239, SDN 084080, MIN, 087695, SDS Muhamadyah 3.

Sosialiasi dilakukan pada tanggal 21 Juli 2009 di PSBG Cemerlang yang diikuti oleh perwakilan komite sekolah, kepala sekolah, dan satu orang guru. Sosialisasi tersebut dihadiri oleh Kadis Pendidikan Sibolga yang diwakili oleh Kasi TK /SD Johnson Sihombing SPd.

Setelah pengurus PSBG mensosialiasikan program PSBG, sepuluh sekolah non binaan tersebut sangat tertarik untuk bergabung dan mengikuti seluruh aturan yang berlaku di PSBG Cemerlang, termasuk kontribusi sebesar 400 ribu per sekolah. Kemudian, pengurus PSBG juga mengadakan lomba APM, yang nantinya dirangkaikan dengan pelantikan pengurus baru PSBG Cemerlang masa bakti 2009-2012.

Untuk perlombaan APM, panitia membuka pendaftaraan mulai tanggal 21 Juli 2009, masa peniliaan tanggal 29-31 Agustus 2009, dan masa pengumuman 31 Juli 2009. Kepala Sekolah SDN 085118, Ibu MT Situmorang mengatakan, sejak bergabung dengan program PSBG Cemerlang Juli 2009 yang lalu, mereka sangat tertarik dan ingin mewujudkan sekolah mereka yang PAKEM, seperti sekolah binaan DBE 2. Karena itu, setelah mereka menerima surat undangan PSBG Cemerlang perihal perlombaan tersebut, mereka mengikuti lomba dengan mempersiapkan APM yang terbaik.

Ibu Sri Wahyuni Sitompul, Guru Kelas V SDN 085118 membuatAPM Alat Menjernihkan Air. Latar belakang Ibu Sitompul membuat APM tersebut dikarenakan lingkungan Sarudik, tempat tinggalnya masih sulit mendapatkan air bersih. Atas dasar itu, ia berinisitif membuat APM tersebut agar bisa menjadi sebuah alat pelajaran di sekolah sekaligus sebagai sebuah solusi mencari air bersih.

Tak disangka-sangka, APM tersebut meraih juara I sebagaimana dinilai oleh dewan juri, yang terdiri dari: DLC Sibolga Selatan Darwin Siregar, MTT Sibolga Selatan Martua Manik, dan Nico Mahulae (guru non binaan). Dewan juri menilai APM sesuai kriteria sebagai APM terbaik yaitu kriteria: murah, aman, menarik, awet, menyenangkan, indah, dan alami atau disebut dengan istilah MAMAMIA.

Dalam perlombaan APM tersebut, tercatat 20 APM yang diajukan oleh sekolah binaan dan non binaan. Namun hanya enam APM yang tergolong terbaik sebagaimana dinilai oleh dewan juri, mulai kategori juara I sampai harapan III. Adapun juara APM tersebut masing-masing: APM dari SDN 085118 sebagai Juara I (sekolah non binaan), Juara II dari SDN 086441 (binaan), Juara III SDN 087695 (sekolah non binaan), Juara Harapan I Mis Nurul Falah ( sekolah binaan), Juara harapan II SDN 081240 (sekolah binaan), Juara Harapan III SDN 081236 (sekolah non binaan).

“Atas keberhasilan tersebut, kami meraih tropi, sertifikat, dan uang pembinaan dari PSBG Cemerlang dan langsung diserahkan oleh Kadis Pendidikan Drs Rustam Manalu, Kabid Dikjar Drs Porman Bakkara dan Kasi TK/SD Johonson Sihombong SPd,” kata Ibu Sitompul dengan cerianya.

Kadis Pendidikan Sibolga Drs Rustam Manalu memberikan piala kepada Ibu Sri Wahyuni Sitompul sebagai juara I lomba APM.

Kadis Pendidikan Sibolga Drs Rustam Manalu memberikan piala kepada Ibu Sri Wahyuni Sitompul sebagai juara I lomba APM.

 

Pelantikan Pengurus Baru PSBG Cemerlang

 

Setelah pengumuman pemenang perlombaan APM, pada tanggal 1 Agustus 2009, Kadis Pendidikan Sibolga melantik  pengurus baru masa bakti 2009-2012.  Kadis Pendidikan Sibolga Drs Rustam Manalu dalam  amanatnya mengatakan, “Amanah yang diberikan kepada pengurus mohon dilaksanakan dengan penuh rasa tanggung jawab,” ujar Kadis dalam sambutannya. Surat Keputusan (SK) para pengurus yang baru langsung dikeluarkan oleh Dinas Pendidikan Sibolga.

Kadis Pendidikan melantik pengurus baru di PSBG Cemerlang 1 Agustus 2009

Kadis Pendidikan melantik pengurus baru di PSBG Cemerlang 1 Agustus 2009

 

 

 

 

Pengurus yang terpilih adalah: Ketua Sahala Gultom, SPd, Wakil Ketua Parluhutan SPd (Non binaan), Sekretasi Sova Yuliana Sari SPdI, Wakil Sekretaris Drs Herianto (Non binaan), bendahara Roslina Tanjung, Koordinator pengembangan profesional Nursamida Sibarani, koordinator Informasi Nico Mahulae (non binaan), koordinator pertemuan Elfrida Aritonang, koordinator produksi Rosmawati Zega (non binaan).

Sosialiasi pengembangan PSBG di PSBG Cemerlang tanggal 21 Juli 2009.

Sosialiasi pengembangan PSBG di PSBG Cemerlang tanggal 21 Juli 2009.

 

Studi Banding PSBG ke Binjai

 

Pada tanggal 4-6 Juni 2009, semua pengurus PSBG Cemerlang dan DLC Sibolga Selatan, MTT Selatan, dua MTT PSBG mengadakan studi banding ke Binjai Selatan dan Utara. Tujuan studi banding tersebut membandingkan sekolah dan PSBG antara Sibolga Selatan dan Binjai. (Abdi Tarigan/Communications Coordinator)

Pengurus PSBG Cemerlang studi banding ke Binjai

Pengurus PSBG Cemerlang studi banding ke Binjai

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: