Model Pemanfaatan Jaringan Internet Gugus (ClusterNet)

 

Pemanfaatan Jaringan Gugus (ClusterNet)

Pemanfaatan Jaringan Gugus (ClusterNet)

Melalui kerjasama antara pemerintah Indonesia dengan USAID dengan projek bernama Decentralized Basic Education (DBE), di Indonesia saat ini sedang dikembangkan jaringan internet di seluruh gugus sasaran projek tersebut. Hingga saat tulisan ini ditulis, jaringan internet di gugus yang diberi nama ClusterNet tersebut sudah selesai dibangun di empat gugus di Jawa Tengah. Hingga tahun 2010, direncanakan akan dibangun sekitar 120 ClusterNet di enam provinsi sasaran di Indonesia.

Perlu disadari, selain pembangunan infrastruktur fisik jaringan Internet di tingkat gugus menghabiskan dana yang tidak sedikit (untuk pengadaan komputer, antena, tower, router, hub, jaringan kabel, dan biaya instalasi), dengan adanya koneksi internet di gugus maka warga gugus juga sudah memiliki tanggungan biaya langganan koneksi internet setiap bulan. Oleh karena itu, semenjak jaringan internet selesai dibangun, semenjak itu pula jaringan internet yang ada harus dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin.

Bagaimana supaya jaringan internet di gugus dapat dimanfaatkan secara maksimal? Kita dapat memilah pemanfaatan internet tersebut pada tiga lingkup, yaitu pemanfaatan jaringan internet di ruang Pusat Sumber Belajar Gugus (PSBG), pemanfaatan koneksi internet di sekolah imbas, dan pemanfaatan bersama pada lingkup gugus. Silahkan klik di sini untuk membaca tulisan berisi paparan model pemanfaatan ClusterNet di tiga lingkup tersebut.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: