Tips Meningkatkan minat baca pada anak

Minat Baca

Minat Baca

Sebuah pengalaman menarik dialami oleh anakku yang pertama. Pada usianya yang ke-4 ternyata dia sudah bisa membaca lancar. Bahkan untuk membaca koran sekalipun sudah bisa. Sekarang di belum mau tidur kalau belum membaca terlebih dahulu. Yang lebih menarik lagi dari dia adalah, saya selaku orang tua tidak secara kontinyu mengajarkannya membaca. Maklum keterbatasan waktu untuk selalu bisa bertemu dengan anak-anak, membatasi niat untuk bisa mendampingi mereka saat belajar.

Apa yang membuat dia bisa begitu ? Berikut ini barangkali perlu saya share tentang pengalaman yang saya alami bersama anak saya dalam rangka meningkatkan minat baca mereka:

  1. Carilah buku-buku bergambar menarik dan upayakan juga isinya menarik untuk anak, seperti buku-buku dongeng atau komik-komik seperti Dora emon, maupun Naruto.
  2. Pada saat mereka belum bisa membaca, bacakan buku-buku itu menjelang mereka akan tidur. Atau sering disebut dongeng sebelum bobo.
  3. kalau sudah terbiasa selama 1 bulan, Mereka akan selalu menagihnya jika tidak ada satu malam tidak dibacakan dongeng.
  4. Layanilah mereka dengan sabar, namun cobalah bacakan cerita tetapi putus jangan sampai selesai dan biarkan mereka penasaran.
  5. Kalau anak minta untuk meneruskan cerita, bilanglah kepada mereka,”makanya adik bisa baca sendiri, sehingga nanti bisa membaca semua buku cerita yang mama belikan”.
  6. Ulangilah langkah no 4 dan 5 secara terus menerus, maka nanti anak akan mempunyai motivasi untuk bisa membaca sendiri dengan amat besar.
  7. jangan lupa Bapak/ Ibu pada saat-saat luang selalu mengajak mereka pergi ke toko buku untuk mengajaknya memilih buku-buku cerita sesuai keinginannya. Biasanya mereka akan memilih buku yang ada gambar-gambarnya yang bagus. Biarkan mereka memilih sesuai kehendak mereka sendiri.
  8. Kalau mereka belum bisa membaca pasti akan segera minta di ajari membaca. Gunakan kesempatan yang baik ini untuk mengajari mereka membaca.
  9. Gunakanlah buku-buku belajar membaca yang tidak dengan mengeja. Sebagaimana halnya membaca Iqro’ pasti akan lebih cepat bisa. Sekarang sudah banyak buku-buku belajar cepat membaca tanpa mengeja.

selamat mencoba!!

2 Tanggapan

  1. Ada satu buku yang menarik juga, bisa untuk tambahan referensi kita semua yang peduli dengan Anak – Anak kita. berjudul ” Menularkan Virus Membaca pada Anak” Penerbit KAIFA.

  2. makasi, atas tips yg d berikan. .

    mudah2an dpt bermanfaat,,

    pasti akan saya terapkan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: