PAKEM MENINGKATKAN KESUKSESAN

Kesuksesan dapat dicapai dengan dukungan motivasi yang tinggi, keseriusan dan strategi pembelajaran yang menyenangkan sesuai dengan kondisi, untuk dapat mencapai prestasi yang tinggi siswa juga harus mempunyai motivasi yang tinggi disamping mendapatkan dukungan dari guru dengan bentuk system pemebelajaran PAKEM.

Drs. Ahmad Sodik, Kepala sekolah SDN Tanjunganom 2 Nganjuk yang sukses membawa siswanya berprestasi

Ahmad Sodik, S.Pd, M.Pd, Kepala sekolah SDN Tanjunganom 2 Nganjuk yang sukses membawa siswanya berprestasi

Siswa SDN Tanjunganom 2 Kabupaten Nganjuk Jawa Timur telah mencapai prestasi yang sangat membanggakan, mereka mendapatkan nilai Unas dengan rata-rata tertinggi se-Kabupaten Nganjuk, yaitu rata-rata nilainya 27,97 (dua tujuh koma Sembilan tujuh). Kepala Sekolah SDN Tanjunganom Drs. Ahmad Sodik, di sela-sela pelatihan DALI (Developing Active Learning With ICT) di PSBG Anom Tirto, mengatakan, “Prestasi siswa di SDN Tanjunganom ini berkat banyak dukungan dari orang tua siswa dan dari guru-guru kelas VI. Disamping itu juga siswa berdisiplin tinggi dalam mengikuti pembelajaran di kelas dan pembelajaran intensif. Kami mencipktakan kondisi yang kondusif, menyenangkan sehingga menambah semangat belajar siswa. Saya sebagai kepala sekolah selalu memberikan perhatian secara maksimal, baik yang berupa financial, seperti memberikan reward kepada guru kelas yang aktif terutama kelas VI dan non financial berupa perhatian misalnya ketika guru memberikan less pada siswa ditemani atau dijenguk, hal yang demikian itu akan memberikan semangat tersendiri”.

Disamping perhatian seperti disebutkan di atas, sebagai kepala sekolah juga membantu membelikan buku pelajaran yang digunakan untuk meningkatkan prestasi khsusunya kelas VI, meskipun dananya diambil dari kantong sendiri, yang penting prestasi siswa meningkat dan bagus, seperti sekarang ini. Dengan pendekatan teori motivasi Maslow, yang mengatakan pendekatan financial berupa fisik didahulukan setelah itu baru kepentingan social, selanjutnya dengan prinsip memanusiakan manusia, kami sangat menghargai guru kelas VI atas kerja kerasnya sehingga siswanya mencapai prestasi yang membanggakan yaitu mendapatkan nilai rata-rata Unas tertinggi se-Kabupaten Nganjuk Jawa Timur, tegasnya.

Prestasi ini juga tidak terlepas dari dukungan orang tua siswa, bentuk dukungan yang diberikan yaitu memberikan honor less kepada guru kelas VI. Hal ini atas inisiatif mereka sendiri berdasarkan keputusan rapat paguyuban kelas. Meskipun jumlahnya tidak terlalu besar ini sangat mendukung dan guru yang memberikan less juga bersemangat, tambahnya.

Siti Harfifa, S.Pd, guru kelas VI SDN Tanjunganom 2 Nganjuk yang berhasil membawa siswanya menjadi rata-rata terbaik nilai Unas se-Kabupaten Nganjuk

Siti Harfifa, S.Pd, guru kelas VI SDN Tanjunganom 2 Nganjuk yang berhasil membawa siswanya menjadi rata-rata terbaik nilai Unas se-Kabupaten Nganjuk

Selanjutnya Siti Harfifa, S.Pd, guru kelas VI SDN Tanjunganom, Nganjuk, menjelaskan, “Kami menggunakan strategi PAKEM (Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan) untuk meningkatkan semangat belajar dan prestasi siswa, disamping itu juga setiap pagi memberikan pembelajaran yang intensif dengan mata pelajaran yang berbeda, hal ini dilakukan sampai semester 2 (dua). Pada semester 2 (dua) diberi pelajaran tambahan yang mengulas pelajaran kelas IV dan V sebagai penyegaran, dan dilakukan setelah pulang sekolah”.

Kesuksesan ini juga tidak terlepas dari peran serta dari DBE 2 Jawa Timur, yang sudah banyak membantu dalam memberikan strategi belajar mengajar, dengan suasana senang sehingga menghasilkan prestasi yang gemilang. Dalam proses pembelajaran kami selalu menggunakan alat peraga murah yang terjangkau dan memaksimalkan penggunaan alat peraga yang ada di PSBG Anom Tirto yang kebetulan berada di SDN Tanjunganom, siswa langsung praktek dengan alat peraga tersebut sehingga mereka mendapatkan pengalaman dalam pembelajaran yang hal ini dapat mendukung meningkatkan prestasi, ungkapnya.

Saya sebagai guru tidak menciptakan pembatas, antara siswa itu sama dengan ibu dengan anaknya, terkadang menjadi teman berdiskusi, curhat, dan kondisi seperti ini secara psikologis mampu mendorong siswa untuk belajar lebih bersemangat hingga prestasi belajar mereka mampu mencapai nilai rata-rata tertinggi se-Kabupaten Nganjuk. Semua lulusan SDN Tanjunganom 2 angkatan tahun 2008/2009 diterima semua di SMP Negeri. Adapun nilai tertinggi pertama dengan nilai 29.00 atas nama Ester Kusumawati, kedua dengan nilai 28.95 atas nama M.Yoga, Reza Robi, Wildan dan  Firsa Riski, ketiga dengan nilai 28.90 atas nama Iqbal Farizi. Keberhasilan ini juga tidak terlepas dari perhatidan orang tua terhadap anaknya. Saya dan ibu Mariyati sebagai guru kelas VI sangat bangga dengan prestasi siswa, kalau memungkinkan tahun depan bisa lebih meningkat lagi menjadi yang tertinggi atau minimal sama, tegasnya. (nuryadin007).

7 Tanggapan

  1. senang bertemu dengan teman blogger di jagat raya blogsphere yang postingnya menarik-menarik kayak ini,
    Saya Agus Suhanto, salam kenal…

  2. assalamu alaikum

    wow wow wow
    Bapak Sodik dan ibu Siti selamat ya…nama saya Wargito alumni SPGN Nganjuk 88 asal Wilangan.Ssekarang dinas di SD No.2 Tuban Kuta Bali. Saya selalu bangga dengan daerah asal saya seperti ada ikatan emosional yang selalu mengikat perasaan saya. Saya berkeinginan berdinas dikabupaten yang saya cintai tapi Alloh menghendaki saya diBali. Suatu saat saya ingin mengunjungi SDN Tanjunganom 2 ingin menimba ilmu jika diperkenankan. Sekali lagi selamat dan salam kenal, Jika ada yang saya bantu yang berhubungan dengan pariwisata atau bahasa Inggris kontak saya pak bu

    Wassalamualaikum

    • ya, makasih pak. Ini sudah mewakili teman di SDN Tanjunganom 2, saya ketua psbg anom tirto mengucapkan terima kasih. mudah-mudahan teman 2 alumni nganjuk yang tahu dan mau menambah teman bisa mengakses lewat apa kabar psbg.

  3. Pingin hubungi temen 2 spg nganjuk . punya gak mbak no tlp nya, atau alamat fafe book nya, tolong dong

  4. semoga tahun 2010 ini nilai unas dan prestasi siswa SDN Tanjunganom2 semakin meningkat amiiin

    saya sebagai alumni sdn tanjunganom 2 merasa senang dengan metode mengajar yang telah bapak/ibu guru berikan kepada saya dan teman-teman.

    saya berharap bapak/ibu guru mendo’akan kami semua agar kelak kami bisa menjadi orang-orang yang sukses.

  5. Salut buat P.Sodik yg membawa SDN Tanjunganom 2 sebagai SD berprestasi yang sanggup bersaing di masa globalisasi teknologi modern ini.

  6. selamat buat bapak achmad shodiq yang telah sukses dengan kepiawaiannya dalam memimpin anak didiknya. salam hangat buat bpk achmad shodiq. dari ananda miftakul huda, di karangtengah, sidoharjo alumni sdn sidoharjo 1. murid bapak yang bandel dulu………………

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: