Apakah pembaca blog apakabarpsbg sudah jenuh?

Apakah blog apakabarpsbg yang diluncurkan 2 tahun lalu saat ini sudah mulai sampai titik jenuh?

Sebuah pertanyaan sekaligus internal kritik ini rupanya perlu saya lontarkan kepada semua warga PSBG di seluruh Indonesia. Tentu tidak terkecuali bagi pengelola blog kebanggaan DBE 2 ini.

bosanKawan, kalau kita cermati blog ini semakin hari nampaknya semakin menurun statistiknya. Baik dilihat dari para pembaca maupun dari para kontributor tulisannya. Tulisan yang paling banyak dicari adalah tentang Silabus dan RPP, prediksi soal Ujian, Alat peraga Sederhana dan berikutnya semacam download program. Sangat sedikit yang mencari informasi tentang reportase.

Berdasarkan analisis saya ada beberapa hal yang membuat blog ini cepat mencapai titik jenuh, antara lain:

  1. Sajian tulisan cenderung monoton. Kalau kita lihat hampir 70 % tulisan di blog ini sebagai hasil dari reportase kegiatan. Tulisan ini bagus sebagai ajang publikasi dan “promosi” dari sebuah kegiatan yang sudah kita laksanakan. Namun demikian, kalau yang muncul reportase semua tentu akan menjemukan bagi pelanggan blog ini. Sebab kebutuhan para pembaca terhadap sebuah blog tentu sangat beragam.
  2. Sangat sedikit informasi yang bersifat “memberikan nilai tambah” terhadap informasi dan pengetahuan pembaca yang barangkali sangat mereka butuhkan. kalau kita cermati informasi yang demikian banyak yang telah ditulis dalam blog ini hanya sekitar 5 sampai 6 tulisan yang banyak dicari pembaca.
  3. Pembaca berita (reportase) lebih cenderung terhadap berita yang berkaitan dengan diri sendiri, programnya sendiri  atau wilayahnya sendiri. Jadi dimungkinkan pembaca berita yang ditulis teman-teman dari daerah yang peduli untuk membaca adalah hanya warga gugus itu sendiri, DBE 2 Provinsi, dan DBE 2 Jakarta. Warga gugus yang lain yang bukan wilayah sipenulis dimungkinkan tidak tertarik untuk membaca.

Usulan saya:

  1. DBE 2 harus tetap menunjuk operator blog apakabarpsbg. Operator bisa berkedudukan di Jakarta atau provinsi dari team ICT atau komunikasi.
  2. Para kontributor tulisan hendaknya beragam tulisannya. Reportasi kegiatan masih sangat penting, namun akan sangat menarik jika juga menyuguhkan berbagai informasi yang memberi nilai tambah terhadap kompetensi dan pengetahuan pembaca, seperti: teory-teory, berbagai strategi pembelajaran, teknik-teknik dalam fasilitasi maupun pembelajaran, pengalaman yang berhasil, program-program yang sekarang sedang dibutuhkan spt: Prediksi soal untuk CPNS, untuk UASBN dan sebagainya. bahkan jika mungkin berbagai informasi tentang dunia iptek, kesehatan, agama dan sebagainya.
  3. Semua tulisan tersebut hendaknya bisa merangsang para guru untuk akarab dengan ICT atau internet, karena meraka merasa membutuhkan.

Selamat dan tetap jaya DBE 2 !!!!!!!!!!!

7 Tanggapan

  1. Barangkali karena sekarang ini lagi pada demam Facebook -an ya ..???

  2. Ha..ha! Benar sekali Pak Narto memang saat ini terjadi seperti yang Pak Narto sampaikan. Meskipun berkali-kali kita telah meminta para Communication Coord, ICT Team dan DLC kita minta untuk berkontribusi, tetapi tetap saja masih orang itu2 saja yang mau berkontribusi disini🙂 Sepertinya pula kurangnya kemampuan menulis menjadi salah satu sebab minimnya kualitas dan kuantitas tulisan dalam blog ini.

  3. Pak Narto, adakah sesi pelatihan yang bisa kita gunakan untuk melatihkan keterampilan menulis ini di propinsi, misalnya lewat SEW, FST atau ajang MTT meeting barangkali?

    • yang sangat memungkinkan adalah MTT meeting dan KKG.
      Walaupun sebenarnya di Jateng pelatihan menulis sudah pernah kita berikan 2 kali, yaitu pada saat roll out PSBG workshop dan MTT meeting yg lalu

  4. Buku baru
    Merekayasa Masa Depan: Sebuah Refleksi Untuk Aksi

    Karya: Syamsudin Kadie, Komunitas penulis muda Indonesia

    085 320 230 299

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: