DINAS PENDIDIKAN KOTA SIBOLGA DAN DBE2 GELAR PELATIHAN DISEMINASI PROGRAM ‘PAI KEPADA GURU-GURU TK

kepala-dinas-pendidikan-kota-sibolga-membuka-pelatiha-diseminasi-program-pai-dbe2-di-sibolga3Sibolga, Apakabar PSBG

Dinas pendidikan kota Sibolga bekerjasama dengan DBE2 ( Decentralized Basic Education component 2) = pendidikan dasar yang terdesentralisasi komponen 2 mengadakan pelatihan untuk guru-guru taman kanak-kanak sekota Sibolga. Pelatihan ini digelar mulai tanggal 2 – 3 Nopember 2009 bertempat di aula Taman Kanak-kanak Pembina Sibolga.

Acara yang dibuka langsung oleh Kepala Dinas Pendidikan Kota Sibolga, Drs. Rustam Manalu didampingi Kabid Dikjar Drs. Porman Bakara, Kasi TK/ SD, Drs. Jonson Sihombing. Sedangkan dari DBE2 dihadiri oleh DR. Parapat Gultom selaku provincial Coordinator DBE2 yang secara khusus datang dari Medan untuk memberi dukungan kepada peserta agar tetap semangat dalam menerapkan Program PAI ( Program Audio Interaktif) yang dikembangkan DBE2 bekerja sama dengan konsultan dibidangnya sehingga tercipta program yang bermanfaat bagi guru-guru TK dan anak TK.

Pada acara pembukaan DR. Parapat Gultom menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada Kepala Dinas Pendidikan kota Sibolga, Drs. Rustam Manalu beserta jajarannya yang tanggap dengan program DBE2 mulai dari Taman Kanak-kanak sampai tingkat Sekolah dasar. ”Program ini telah diterapkan di 7 provinsi; Sumatera utara, Nangroe Aceh Darussalam, Jawa Barat, Jawa Timur, Jawa Tengah, Sulawesi selatan dan Banten. Di Sumatera Utara tingkat anak usia dini yang masuk TK, masih sangat rendah dibanding provinsi yang lain. Sementara itu juga guru-guru di Taman kanak-kanak atau PAUD ( Pendidikan Anak Usia Dini ) tidak berasal dari PGTK S1. Jadi dengan program ini para guru akan terbantu dalam melaksanakan proses belajar mengajar di taman kanak-kanak ujar Provincial Coordinator DBE2 Sumatera Utara ini.

Pelatihan yang diikuti 50 guru tk dari 14 TK di kota Sibolga disampaikan materi-materi yang dibutuhkan para guru TK misalnya Kurikulum TK, SKM, SKH, penilaian disampaikan fasilitator dari dinas pendidikan Maimunah Tambah, Pengawas TK/SD dan kawan-kawan sedangkan dari DBE2 dipandu oleh Salmon Tambunan, S.Pd selaku kontak person TK DBE2 Sumatera Utara dibantu oleh Martua Manik, S.Th penatar inti dari gugus Sibolga Selatan serta Ira Lailany Siagian guru dari TK Mitra DBE2 di Sibolga.

Pada sesi penggunaan Program PAI ( Program Audio Interaktif) Octavia Mantik, Kordinator Program TK dari DBE2 Jakarta secara khusus datang ke Sibolga untuk memberikan penguatan-penguatan sesi. Secara keseluruhan sesi yang sajikan cukup menarik karena peserta bekerja berkelompok, demonstrasi, simulasi dengan peserta dan juga simulasi dengan anak-anak TK B dari TK Pembina Sibolga yang mana anak cukup antusias menggunakan program PAI tersebut ujar ibu Rintar Pardede salah seorang peserta pelatihan yang kesehariannya bertugas di TK PEMBINA Sibolga dan juga berharap agar TK-TK di Sibolga dapat memiliki program PAI ini.

Kegiatan ini ditutup oleh kepala dinas pendidikan Sibolga Drs. Rustam Manalu ( Rabu, 4/11) dan mengucapkan terima kasih kepada fasilitator-fasilitor dari DBE2 sembari memberi cendramata kepada kordinator program taman kanak-kanak dari Jakarta, Octavia Mantik berupa ulos batak sebagai kenang-kenangan dari Sibolga yang mengandung makna filosofis yang tinggi bagi puak batak.

( Salmon Tambunan / DLC Sibolga – Taput C2)
kepala-dinas-pendidikan-kota-sibolga-membuka-pelatiha-diseminasi-program-pai-dbe2-di-sibolga1guru-guru-tk-non-mitra-sibolga-sedang-berlatih-menggunakan-cd-player-untuk-program-pai-dbe2-di-sibolga1anak-anak-tk-pembina-sibolga-sedang-beraksi-sebelum-sesi-demonstrasi-program-pai-di-sibolga

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: