PELATIHAN DISEMINIASI PROGRAM ‘PAI” TK DBE2 DI PSBG STUDY CENTER PADANG HULU TEBINGTINGGI

Tebingtinggi, Apa kabar PSBG

Pelatihan diseminasi Program Audio Interaktif ( PAI) dilaksanakan di PSBG ( Pusat Sumber Belajar Gugus) Study Center Kecamatan Padang Hulu Kota Tebingtinggi selama 2 hari Rabu – Kamis ( 18-19/11).

Pelatihan ini dibuka oleh Pengawas SD/ TK & RA Dinas Pendidikan Kota Tebing Tinggi Dra. Hj. Ernawati Siregar didampingi Salmon Tambunan, selaku kordinator TK Sumatera Utara , Ismail S.Pd.I Penatar inti gugus Padang Hulu, serta Henny Rismana, S.Pd.I Kepala TK Permata Hati 2 Tebingtinggi.

Pada pembukaan Ibu Ernawati selaku pengawas SD, TK& RA di Tebing tinggi sangat antusias dan mendukung program DBE2 khususnya untuk Program Taman Kanak-kanak dan PAUD dan mengucapkan terimakasih kepada DBE2 Sumatera utara yang telah mendukung pelatihan diseminasi ini. Lebih lanjut Ibu Ernawati menyampaikan bahwa pelatihan ini diikuti 20 guru TK B dan 11 Kepala TK / RA di gugus Padang hulu.

Salmon Tambunan, selaku instruktur pada pelatihan ini menyampaikan bahwa tujuan dari pelatihan ini adalah untuk mempelajari bagaimana menggunakan materi/bahan-bahan Paket PAI ( Program Audio Interaktif) meliputi program PAI, poster, lembar kerja, kartu angka, kartu huruf dan panduan guru, bagaimana membuat alat peraga murah yang dapat digunakan selama progrram dan mendiskusikan bagaimana mengimbaskan program PAI di TK-TK atau PAUD yang ada di kecamatan Padang Hulu terlebih-lebih memanfaatkan barang-barang PAI yang ada di PSBG ( Pusat Sumber Belajar Gugus) ujar Tambunan.

Adapun materi pelatihan yang disampaikan kepada guru-guru TK/RA dan Kepala TK/ RA diantaranya presentasi tentang PAI, Struktur Program PAI, Demonstrasi penggunaan CD Player, Pembuatan Alat Peraga Murah untuk mendukung program PAI dan Simulasi mengajar program PAI kepada 10 anak TK dari Taman Kanak-Kanak Sri Dirgahayu yaitu : Alhakim Siregar, Dito Arya Nugraha, Anggi Indah Carera, Sandra Vanya, Donni Helmi, Riduan Tanjung, Mutia Saragih, Widia Sabila, Rofii Efendi Lubis dan Alvin Rizky.
Di sela-sela pembuatan alat peraga murah para peserta sangat antusias membuat alat peraga yang telah disampaikan oleh isntruktur kepada peserta yang terdiri 4 kelompok yaitu Kelompok Tulip membuat Alat peraga mengurutkan dan menggambar seri, Kelompok Melur membuat Cap tangan dan Puzzle, Kelompok Dahlia membuat Play Dough ( lilin mainan) dan Menjahit dan meronce, dan Kelompok Melati Bermain dengan huruf dan anggka serta bentuk-bentuk geometris.

Dra. Hj. Ernawati Siregar selaku pengawas TK/SD di Dinas Pendidikan Kota Tebingtinggi sangat memberikan perhatian yang sangat baik dan beliau menyempatkan menyapa para peserta yang sedah asyik membuat alat peraga yang pemenangnya diberikan panitia hadiah yang sifatnya memacu semangat peserta untuk berkreasi dan berlomba dengan serius tapi santai. Ernawati menyampaikan semoga setelah pelatihan ini para guru dan kepala TK dapat menduplikasikan program PAI dan dapat memanfaatkan PSBG sebagai wadah untuk mengembangkan diri khususnya untuk guru-guru TK / RA di Tebing tinggi dan menyampaikan terima kasih kepada DBE2 Sumatera Utara yang telah mendukukng program ini ujarnya kepada Apa Kabar PSBG.

Pelatihan yang berlangsung selama 2 hari ini dipandu oleh Ismail, Salmon Tambunan dari DBE2, Dra. Hj. Ernawaty Siregar dari Dinas pendidikan dan Henny Rismana dari TK Mitra DBE2 di gugus Padang hulu.
Pelatihan ini diakhiri dengan photo bersama dan saling salam-salaman dengan harapan program PAI dapat diimplementasikan di gugus Padang hulu yang belum binaan DBE2. Semoga. !! ( Salmon)
ibu-ernawati-siregar-dari-dinas-pendidikan-kota-tebingtinggi-sedang-mendampingi-peserta-pada-saat-pembuatan-alat-peraga-murah-untuk-program-pai

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

<span>%d</span> blogger menyukai ini: