Diklat PGRI Indramayu “Dengan Semangat Juang dan Etos Kerja Guru Indramayu Siap Mencerdaskan Bangsa Menuju Indramayu Remaja”

Motto Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Kabupaten Indramayu diatas ini sangatlah tepat, dengan semangat terus menyala layaknya obor, tim PGRI Kabupaten Indramayu selalu memotivasi guru-guru untuk mendapatkan ilmu / pengetahuan yang terkini sehingga guru-guru di Kabupaten Indramayu tidak tertinggal informasi di dalam bidang pendidikan. Hali ini dilakukan oleh PGRI Kabupaten Indramayu dengan  cara memberikan pelatihan-pelatihan, salah satunya adalah pelatihan Pembelajaran Aktif untuk 837 Guru Kelas Rendah (1-3) dari 31 Kecamatan yang ada di Kabupaten Indramayu.

Bertempat di Gedung Aula Bumi Patra Pertamina, Pelatihan diselenggarakan pada hari Sabtu 6 Maret 2010, dimulai pukul 08.00 wib dan berakhir pukul 17.00 wib. Fasilitator yang membantu tim PGRI Kabupaten Indramayu adalah  Esther Roseanty Agustina (Coordination Project Unit Manager – DBE2 Jawa Barat & Banten) dan Iman Sukiman (DLC Bogor & Tangerang – DBE2 Jawa Barat & Banten).

Bagi guru-guru binaan DBE2 Jawa Barat, materi-materi yang diajarkan bukanlah hal yang baru, seperti: Pengembangkan Kecakapan Hidup dalam Pendidikan, Pembelajaran Kontruktivisme / Tematik yang Kontruktivisme, Pembelajaran Aktif, Mengapa Guru HarusKkreatif, Pembelajaran Tematik. Akan tetapi bagi mayoritas guru-guru yang belum tersentuh pelatihan-pelatihan DBE2, materi-materi tersebut merupakan ilmu/pengetahuan yang baru, tidak hanya membantu mereka dalam mepersiapkan materi ajar tetapi juga dalam kegiatan proses pembelajaran di kelas. Tidak dapat dipungkiri, bahwa pada umumnya guru-guru masih kebingungan dalam menerapkan pembelajaran tematik khususnya dalam membuat jaringan tema. Dengan adanya pelatihan ini dimana salah satu topiknya adalah tentang tematik, setidaknya guru-guru dapat lebih mengerti tentang pembelajaran tematik.  Mereka juga memahami pentingnya pembelajaran kontruktivisme dan memasukan nilai-nilai kecakapan hidup di dalam pembelajaran. Sehingga diharapkan, siswa-siswa tidak hanya pintar secara akademik, mempunyai kualitas moral/emosi yang baik, tetapi diajak untuk jeli dan kreatif dalam melihat peluang bagi masa depannya.

Yang unik dari pelatihan ini adalah disadarai atau tidak, guru-guru binaan DBE2 Jawa Barat & Banten ini (yang pada saat pelatihan adalah juga menjadi peserta) secara spontan menjadi tutor bagi teman temannya di dalam satu kelompok. Hal ini terlihat ketika mereka melakukan diskusi atau kerja kelompok. Dengan percaya diri dan gaya bahasa yang lugas, guru-guru binaan DBE2 ini membimbing guru-guru yang lain dalam mengerjakan tugas /kegiatan kelompok.

Memberikan pelatihan yang dihadiri oleh 837 guru, tidaklah mudah. Tetapi dengan semangat untuk membantu memajukan kualitas kemampuan guru-guru dalam pembelajaran, tim PGRI bersama sama dengan dua fasilitator berusaha menjadikan pelatihan ini benar-benar PAKEM.  Ditambah dengan semangat guru-guru dalam melakukan tugas / kegiatan kelompok, suasana pelatihan di gedung Aula Bumi Patra Pertamina ini menjadi kenangan indah yang tidak bisa dilupakan bagi mereka dan juga bagi kami.

Guru-guru yang kami banggakan, terus lah berjuang demi kemajuan pendidikan di tanah tercinta ini. Kami sudah selayaknya membantu dan menfasilitasi kebutuhan-kebutuhan bapak dan ibu guru.

Roseanty Agustina – de Saint Vis

3 Tanggapan

  1. kunjungan sobat :D171 (blogwalking)

  2. minta keterangan kapan cair dana sertifikasi 2009

  3. Tetap semangat…sampai kembali ke kelas . …jangan hanya sampai terima sertifikat aja …!! Harapan panitia atau kita semua, setelah pelatihan ….Implementasinya…yang penting…OKe..!! SEMANGAT dan SUKSES TIM PGRI KAB.INDRAMAYU

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

<span>%d</span> blogger menyukai ini: