Guru Mitra DBE2 Berhasil Mendapatkan Penghargaan Pada Ajang Kompetisi Video Pembelajaran Tingkat Nasional

 

Para guru mitra DBE2 menerima penghargaan video terbaik pada acara Dies Natalies ke-1 STKIP Kebangkitan Nasional di Jakarta

 

Inisiatif dan kreatifitas dari para guru di SDN Tangkisan Pos, Jogonalan, Klaten akhirnya membuahkan hasil manis. Sekolah mitra DBE2 ini merupakan salah satu sekolah yang mengikuti program pendampingan berbasis sekolah untuk menerapkan pembelajaran aktif dengan satu komputer yang diselenggarakan DBE2 USAID beberapa waktu yang lalu. Lewat program pendampingan dan program DBE2 USAID lain, para guru di gugus berhasil mendapatkan kompetensi baru di bidang TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) sehingga mampu untuk memproduksi bahan ajar video (video pembelajaran) yang dapat digunakan untuk mendukung proses belajar mengajar.

Setelah mendapatkan informasi tentang kompetisi video pembelajaran tingkat nasional yang diselenggarakan oleh Senat Mahasiswa Sampoerna School of Education bekerja sama dengan Education Development Center dan Microsoft Partner in Learning, yang diumumkan juga dalam website ini, akhirnya mereka memutuskan untuk ikut serta dan mulai memproduksi video pembelajaran dengan tangan mereka sendiri. Dengan memanfaatkan dukungan dari Pusat Sumber Belajar Gugus berupa handycam yang ada disana, mereka memproduksi sendiri video pembelajaran di sekolah tanpa bantuan seorang profesionalpun. Jadi hasil karya ini murni diproduksi oleh para guru yang ada di sekolah.

Hasil kerja keras mereka ternyata tidak sia-sia. Dalam ajang kompetisi tersebut, akhirnya karya video pembelajaran berjudul “Pembelajaran Tematik : Membantu Orang Tua” yang dibuat oleh Dewi Retnawati A MaPd, Nita Wulandari dan Gita Swartiningsih SPd ini meraih dua penghargaan, yaitu “Most Original Video” dan “Best Video”. Sehingga mereka berhak untuk mendapatkan hadiah berupa satu buah Handycam dan gadget Blacberry Bold. Atas hasil tersebut, mereka diundang ke Jakarta untuk menerima hadiah pada acara Dies Natalies ke-1 STKIP Kebangkitan Nasional (Sampoerna School of Education).

Sebagai informasi, acara kompetisi video pembelajaran tingkat nasional “Windows Movie Maker Competition” ini diikuti oleh 80 (delapan puluh) peserta dari seluruh Indonesia, yang terdiri dari para guru (SMP, SMA, SMK) serta mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia. Selain itu juga terdapat 3 (tiga) sekolah mitra DBE2 yang mengirimkan hasil karya-nya untuk ikut serta. Semua hasil karya dinilai oleh para juri yang berasal dari SSE, Microsoft, Kallya Foundation dan EDC.

Selamat untuk para pemenang!

Iklan

4 Tanggapan

  1. Selamat dan sukses

  2. Selamat dan sukses untuk PSBG DBE2!

  3. Semoga banyak yang mengikuti jejaknya…

  4. Semoga banyak yang meniru semangatnya…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: