Kemanfaatan PSBG setelah DBE 2 “Pergi”

Hampir seluruh Pusat Sumber Belajar Gugus (PSBG) di Jawa Tengah sudah secara resmi diserahkan ke pemangku kepentingan, yakni Dinas Pendidikan. Di Kudus, Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kudus  sudah menerima penyerahan PSBG ini pada tanggal 29 September 2010. Secara perlahan, Disdikpora mulai memanfaatkan potensi yang dimiliki oleh PSBG sebagai pusat pertemuan, informasi, produksi dan pengembangan profesional guru.

Hal ini bisa terlihat dengan dimanfaatkannya dua PSBG sekaligus sebagai tempat pelatihan bagi guru-guru se-kabupaten, tentu selain guru binaan DBE 2. Seperti yang terjadi pada tanggal 22-23 November 2010, PSBG Ki Hajar Dewantoro PSBG Sukun menjadi tempat diselenggarakannya pelatihan Developing Active Learning with ICTs (DALI) untuk 100 guru SD di gugus non binaan DBE 2.

Keberadaan PSBG yang sudah dilengkapi dengan banyak alat peraga, sumber belajar serta perangkat TIK sangat bermanfaat bagi Dinas Pendidikan. “Disdikpora sangat terbantu dengan keberadaan PSBG ini. Kami sekarang tidak bingung  untuk sewa gedung sebagai tempat pelatihan, karena sudah ada PSBG yang sangat komplit perangkatnya” demikian kata Bambang Gunadi, Kasi TTNT Disdikpora Kudus yang juga Ketua Panitia Penyelenggara.

Teleconference saat Pembukaan Pelatihan

Dengan memanfaatkan  perangkat internet dan TIK yang ada di PSBG, pelaksanaan pembukaan pelatihan DALI di dua PSBG ini dilakukan secara jarak jauh. Adapun pembukaan berlangsung di PSBG Ki Hajar Dewantoro, sedangkan peserta di PSBG Sukun melihat dan mendengarkan melalui Teleconference. Sebagai apresiasi kepada DBE 2, acara pembukaan menghadirkan Vince P. Costa, PC DBE 2 Jawa Tengah. Selain itu, acara pembukaan juga dihadiri oleh Didik Hartoko, Kabid Dikdas Disdikpora Kudus.

Acara pembukaan pelatihan yang dilakukan secara Teleconference

Acara pembukaan pelatihan yang dilakukan secara Teleconference

Dalam sambutannya, Vince P. Costa menyatakan kegembiraannya dengan kegiatan ini. Selain mendiseminasikan paket pelatihan DBE 2, Disdikpora Kudus juga memanfaatkan PSBG sebagai salah satu tempat pengembangan mutu pendidik.  Sedangkan dari pihak Disdikpora, “DBE 2 telah melakukan banyak  hal dalam upaya peningkatan kompetensi pendidik di 2 gugus, yakni Ki Hajar Dewantoro dan Gugus Sukun. Oleh karena itu, dinas punya tugas dan tanggung jawab untuk menyebarkan semua yang didapat dari DBE 2 ke seluruh gugus di Kudus”, demikian kata  Didik Hartoko, yang mewakili kepala dinas ketika membuka pelatihan ini.

Mungkin karena sosialisasi kegiatan ini yang baik, kegiatan ini sampai diliput oleh wartawan dari Radar Kudus, Jawa Pos Group. Semoga kemanfaatan PSBG di Kudus ini bisa terus berkembang untuk dunia pendidikan di Kudus. Dan semoga semangat Kudus ini bisa dicontoh oleh daerah-daerah lain.

5 Tanggapan

  1. Mantab sekali informasinya mas, meskipun sebenarnya belum benar-benar pergi, namun kegiatan ini sangat bermanfaat untuk keberlanjutan PSBG nantinya, yang saat ini juga telah didukung oleh Dinas Pendidikan terkait.

  2. Seperti itulah semestinya PSBG dengan sumber daya yang ada dan fungsi yang diembannya, menjadi bagian integral dalam pengembangan profesionalisme pendidik di lingkungan dinas pendidikan setempat. Sukses untuk PSBG Ki Hajar Dewantoro dan PSBG Sukun Kab. Kudus!

  3. Wah, aku malah sibuk sms an, dasar mumu, ndak sadar kamera….hehehehe. BTW, mantab ceritane, apakah efek dulu satu ruangan dengan Bapak Wisnu?😉 Sukses untuk teman-teman di gugus dampingan DBE 2 Jawa Tengah (Kudus, Jepara, Klaten 1, Boyolali, dan Karanganyar untuk Cohort 1 sedang Cohort 2 di Demak, Blora, Grobogan, Klaten 2, dan Purworejo), ayo pada nongkrong di PSBG, ada media pembelajaran, referensi, internet, dan teman-teman guru yang siap berdiskusi.

  4. Tolonglah masukkan link blog gugusnyakadamkamil.wordpress.com

  5. ternyata dengan adanya situs apakabarPSBG sangat membantu saya untuk lebih giat belajar dan belajar dan saya tak mau ketinggalan dunia informasi….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: